Panduan Membeli Ford Fiesta S Bekas, Incaran Hatchback Amerika Bergengsi

Ford Fiesta seken

Bukan tidak mungkin mendapatkan Ford Fiesta bekas dengan harga miring. Nilai hatchback paling stylish di masanya ini telah terjun bebas. Bahkan tak sampai menyentuh banderol Daihatsu Ayla sekalipun (Rp 102,150 juta – Rp 159,9 juta). Dan dengan budget di bawah LCGC, beragam fasilitas serta perangkat canggih bisa Anda dapatkan.

Fiesta yang dimaksud ialah keluaran 2010-2013, alias generasi pertama di Tanah Air. Kala itu disediakan beberapa tipe: Style, Trend, Sedan dan Sporty. Tapi mengingat semuanya murah, mengapa tak pilih varian S saja? Toh mudah menemukan angka Rp 80 juta – Rp 100 juta di platform jual-beli online.

Performa Impresif Serta Kekurangannya

Sederet keunggulan ia miliki. Salah satunya kapasitas mesin dan catatan output tergolong besar. Paling tidak jika dibandingkan teman sekelas, seperti Mazda 2 dan Toyota Yaris. Dapur pacu 1.596 cc DOHC empat silinder segaris, duduk di balik bonet kecilnya. Ekstraksi daya mencapai 118 hp/6.000 rpm dan torsi 152 Nm/4.050 rpm.

Impresi tenaga tadi disalurkan pula lewat girboks otomatis enam percepatan ke roda depan. Plus Dual Clutch Transmission, atau Ford memberinya tajuk Power Shift. Ya, sesuatu yang tak dimiliki lawan sama sekali. Rangkaian transmisi ini mempersingkat proses perpindahan gigi.

Baca Juga: Toyota Voxy Enak Diajak Berpelesiran Bersama Keluarga, Ini Alasannya

masalah fiesta seken

Namun, saat usia pakai mencapai lima tahun, atau dihitung dalam jumlah kilometer setara, tak jarang komponen ini sudah bermasalah. Bisa dirasa kala laju mobil sedikit-sedikit, muncul getaran hebat. Akselerasi jadi terhambat dan sangat mengganggu.

TCM (Transmission Control Module) juga jadi benda yang kerap berpenyakit. Disinyalir, sensor pembaca sistem shifting dan tenaga mesin ini cukup lemah. Akibat letaknya terlalu rendah dan rawan terkena air. Jika hendak membeli, pastikan serangkai girboks tadi dalam kondisi sempurna. Karena biaya penggantian komponen tidaklah murah.

Selain itu, baik-baik saja. Translasi power berpadu dengan kendali presisi. Electronic Power Steering cukup akurat, meski terasa agak ringan. Memang ini soal selera, namun feedback steer yang cenderung “berisi” biasanya membuat lebih percaya diri. Hal itu didukung juga dengan suspensi nyaman, namun tidak limbung. Singkat kata, handlingnya jempolan.

Di samping produknya sendiri, jaringan purna jual juga semakin sedikit. Kita tahu, Ford sudah lama hengkang dari Tanah Air. Diler-diler yang tadinya menjual dan menyediakan spare part silih berganti jadi merek lain. Sehingga tak bakal semudah dulu, apalagi kalau dibandingkan rival yang masih punya “payung” jelas.

Memang sebetulnya diler lama masih menyediakan layanan dan stock sparepart.Tapi sepengalaman kami sudah tak sepraktis dulu. Kadang komponen yang diminta harus inden. Opsi bengkel pun tak banyak, hanya di titik tertentu. Apalagi jika tinggal di kota kecil.

Desain Proporsional

Desain Fiesta mudah disukai. Komposisi bodi hasil karya Ford Eropa begitu proporsional. Fascia berhias headlight trapesium dengan rumah lampu cluster, stylish di masanya. Grille menganga namun tidak benar-benar terekspos. Karena dipasangkan palang-palang hitam. Alhasil, kesan sporty didapat tapi masih “tau kodrat” (Bukan mobil performa).

pelek ford fiesta

Sampingnya terkesan panjang. Tak aneh, karena dihitung dari angka pun ia mencapai empat meter lebih. Di atas teman sepantar. Garisnya juga tampak kokoh. Lekuk sisi kap mesin dilanjut dengan otot bahu hingga pilar ujung, berkombinasi dengan fender menggembung. Membuatnya tampak berisi.

Lantas atap mengkurva, landai di belakang, menjadi penutup yang indah. Buritan sesak ini dihiasi stoplamp besar di pilar. Ditambah rear upper spoiler lebar menyita perhatian, namun tak berlebihan. Tetap menyatu lembut.

Untuk pembeda, varian S dicolok pelek lima palang 16 inci. Model ini terlihat lebih manis sekaligus fit pada sosok Fiesta, ketimbang model jari-jari di varian bawah. Dan jika Anda ingin berkreasi dengan pelek nuansa balap, rasanya sah-sah saja. Apalagi gaya lomba track tanah, mengingat ia turut berlaga di ajang WRC. Masih pantas.

Kala masuk ke kabin, ada satu yang pasti langsung disadari. Aromanya kental nuansa mobil Eropa. Anda yang sering berhubungan dengan line-up Mercedes-Benz atau BMW pasti sadar betul, seperti apa yang dimaksud. Bukan cuma baunya, peletakan tuas sein juga di sebelah kiri, layaknya kultur Ras Kaukasia. Begitu juga pengoperasian lampu lewat kenop. Membuat nuansanya setingkat lebih mewah dari mobil sejenis.

fitur ford fiesta

Sayangnya dashboard serta door trim masih didominasi plastik keras. Aksen panel silver di beberapa titik juga tampak kurang berkualitas, sekaligus mudah baret. Untung sisanya bagus. Semisal posisi tombol di area tengah, cluster kokpit, serta lubang AC ber-finishing rapi. Jok berlapis fabrik juga tampak matching dengan motif sporty. Kian menyenangkan lagi, tempat duduk pengemudi maupun penumpang memeluk tubuh dengan baik. Ala semi bucket seat.

Area belakang, sedikit dianaktirikan. Karena atap landainya tadi, ruang kepala agak minim. Utamanya bagi orang dengan postur tinggi – termasuk legroom sempit. Garis kaca belakang juga naik ke atas, sehingga pandangan dari dalam agak terhalang. Mereka yang tak kuat pasti gampang pusing kalau duduk di belakang. Selain itu, tak ada handle grip. Plafon belakang hanya dihias hanger untuk menggantung pakaian.

Baca Juga: Pilihan Dilematis, Toyota Kijang Innova V Baru atau Toyota Voxy Bekas?

Fitur Lengkap

Memang tidak ada head unit dengan layar sentuh, kamera parkir, atau sejenisnya. Kalah dari Mazda2. Namun perangkat audio yang terbaik di segmen medium hatchback. Tata suara menyebar rata dari enam speaker, termasuk tweeter. Apalagi sudah ada adaptive volume, mengatur otomatis keluaran sound jika melaju kencang. Intinya, urusan output bebunyian, menyenangkan.

Konektivitas ke gawai juga lengkap. Bisa melalui Bluetooth, USB, hingga AUX. Karena itu, selain memutar musik, perangkat ini sanggup menampilkan pesan di layar monokrom, atau digunakan untuk telepon. Perintah suara pun dapat diterjemahkan dengan baik, untuk melakukan hal-hal tadi. Canggih bukan?

fitur fiesta

Sajian di kokpit tak kalah informatif. MID menunjukkan suhu sekitar, posisi gigi, kecepatan rata-rata, konsumsi bahan bakar real time, per jam maupun average, trip meter, odometer, hingga penghitung jarak dari sisa bensin. Rasanya sudah sangat cukup.

Berikutnya soal safety. Salah satu yang paling unggul dari Fiesta, ialah ESP (Electronic Stability Program). Fitur ini tak bisa dinyala-matikan, melainkan terus menjaga perilaku mengemudi selama di jalan. Hill Start Assist juga hadir sebagai standar, yang posisi tombolnya tersembunyi pada tuas transmisi. Dual SRS Airbag, rem ABS dan EBD, serta sensor parkir tiga titik juga jadi bawaan standar varian S.

Di samping fasilitas pemanja dan mengemudi, akomodasi pun cukup praktis. Kuncian bagasi bisa dirilis dari remote. Ruangnya cukup lapang untuk diisi berbagai barang. Ditambah adanya separator. Jika dibutuhkan, jok baris kedua bisa dilipat dengan konfigurasi 60:40. Di situ pula terdapat ban serep space saver (14 inci), sehingga tak memakan banyak ruang.

Simpulan

Memilih Ford Fiesta S bekas adalah jawaban bagi mereka yang anti duduk di dalam LCGC, namun memiliki budget minim. Rangkaian fitur, kesan mengemudi, hingga proporsi bodi hampir pasti memuaskan. Paling tidak jika dibandingkan mobil sepantar.

Namun, menyoal transmisi perlu diperhatikan. Meski kekurangannya bisa dibilang hanya satu aspek, tapi sangat krusial. Jika mendapat barang dalam kondisi mengenaskan, mengganti komponen itu bakal menguras kantong sangat dalam. (Hlm/Odi)

Baca Juga: Komparasi Low MPV Bekas Terlaris, Mana yang Paling Realistis?

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • Laporan Eksklusif: First Impression VinFast VF e34, Kok Tampilan Dan Kualitasnya Beda?
    Laporan Eksklusif: First Impression VinFast VF e34, Kok Tampilan Dan Kualitasnya Beda?
    Eka Zulkarnain H . Hari ini
  • Pertamina Tambah Varian Pelumas Mesin Diesel Untuk Truk Niaga
    Pertamina Tambah Varian Pelumas Mesin Diesel Untuk Truk Niaga
    Setyo Adi . Hari ini
  • Chery Buka Dealer Ketiga di Jawa Barat, Jangkau Area Padalarang
    Chery Buka Dealer Ketiga di Jawa Barat, Jangkau Area Padalarang
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • Berkunjung Ke Pabrik VinFast; Megah, Serba Otomatis dan Robotik
    Berkunjung Ke Pabrik VinFast; Megah, Serba Otomatis dan Robotik
    Eka Zulkarnain H . Hari ini
  • Harga di Bawah Rp400 Juta, Simak Kelebihan dan Kekurangan Wuling Cloud EV
    Harga di Bawah Rp400 Juta, Simak Kelebihan dan Kekurangan Wuling Cloud EV
    Alvando Noya . 21 Mei, 2024

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Mobil Konsep emo-1, Daihatsu Sirion yang Dikonversi Menjadi EV
    Mobil Konsep emo-1, Daihatsu Sirion yang Dikonversi Menjadi EV
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Intip Spesifikasi GAC Aion Y Plus yang Siap Diluncurkan Bulan Depan
    Intip Spesifikasi GAC Aion Y Plus yang Siap Diluncurkan Bulan Depan
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Tak Mau Gegabah Kembangkan Mobil Listrik, Subaru Kembali Gandeng Toyota
    Tak Mau Gegabah Kembangkan Mobil Listrik, Subaru Kembali Gandeng Toyota
    Muhammad Hafid . 21 Mei, 2024
  • Chery Amarta Padalarang Jadi Diler Ketiga di Wilayah Jawa Barat
    Chery Amarta Padalarang Jadi Diler Ketiga di Wilayah Jawa Barat
    Muhammad Hafid . 21 Mei, 2024
  • Aion Perkenalkan Teknologi Produksi dengan Kecerdasan Buatan
    Aion Perkenalkan Teknologi Produksi dengan Kecerdasan Buatan
    Setyo Adi Nugroho . 21 Mei, 2024
  • Pendatang Baru SUV dari Tiongkok BAIC X55 II Lawan Chery Omoda 5
    Pendatang Baru SUV dari Tiongkok BAIC X55 II Lawan Chery Omoda 5
    Setyo Adi Nugroho . 21 Mei, 2024
  • Kompasari Low SUV Anyar, Citroen C3 Aircross dan Toyota New Rush GR Sport
    Kompasari Low SUV Anyar, Citroen C3 Aircross dan Toyota New Rush GR Sport
    Setyo Adi Nugroho . 08 Mei, 2024
  • Komparasi Produk EV Terbaru, GAC Aion Y Plus dan BYD Atto 3
    Komparasi Produk EV Terbaru, GAC Aion Y Plus dan BYD Atto 3
    Setyo Adi Nugroho . 25 Apr, 2024
  • Sama-sama 7-seater, Komparasi Citroen C3 Aircross vs Honda BR-V
    Sama-sama 7-seater, Komparasi Citroen C3 Aircross vs Honda BR-V
    Muhammad Hafid . 25 Apr, 2024
  • Pilihan Pikap Bekas, Solusi Murah untuk Bisnis dan Usaha
    Pilihan Pikap Bekas, Solusi Murah untuk Bisnis dan Usaha
    Anjar Leksana . 25 Apr, 2024
  • Hindari Beristirahat dan Tidur di Dalam Mobil yang Menyala, Ini Bahayanya!
    Hindari Beristirahat dan Tidur di Dalam Mobil yang Menyala, Ini Bahayanya!
    Muhammad Hafid . 10 Mei, 2024
  • Jangan Lupa Cek Bagian-bagian Mobil Usai Dipakai Mudik Lebaran
    Jangan Lupa Cek Bagian-bagian Mobil Usai Dipakai Mudik Lebaran
    Anjar Leksana . 16 Apr, 2024
  • Tips Memanfaatkan Jalur Contraflow dan One Way saat Arus Balik
    Tips Memanfaatkan Jalur Contraflow dan One Way saat Arus Balik
    Setyo Adi Nugroho . 12 Apr, 2024
  • Tips Mudik Pakai Mobil Listrik dari Hyundai
    Tips Mudik Pakai Mobil Listrik dari Hyundai
    Setyo Adi Nugroho . 09 Apr, 2024
  • Waspada Menggunakan Jalur Contraflow
    Waspada Menggunakan Jalur Contraflow
    Setyo Adi Nugroho . 09 Apr, 2024
  • First Drive Haval H6: Tawarkan Hybrid Turbo dan Fitur Melimpah!
    First Drive Haval H6: Tawarkan Hybrid Turbo dan Fitur Melimpah!
    Anjar Leksana . 13 Mei, 2024
  • Test Drive Seres E1: Harga Bersaing, Cocok Buat Harian di Perkotaan
    Test Drive Seres E1: Harga Bersaing, Cocok Buat Harian di Perkotaan
    Setyo Adi Nugroho . 06 Mei, 2024
  • Road Test Toyota Yaris Cross Hybrid: Sangat Irit Diajak ke Luar Kota!
    Road Test Toyota Yaris Cross Hybrid: Sangat Irit Diajak ke Luar Kota!
    Anjar Leksana . 25 Apr, 2024
  • Road Test Kia EV6 GT-Line: Serasa Melesat Bersama Sports Car!
    Road Test Kia EV6 GT-Line: Serasa Melesat Bersama Sports Car!
    Anjar Leksana . 02 Apr, 2024
  • First Drive Chery Tiggo 5X: Harga Jadi Senjata
    First Drive Chery Tiggo 5X: Harga Jadi Senjata
    Setyo Adi Nugroho . 28 Mar, 2024