Panduan Seleksi Low MPV Bekas, Pilih Toyota Avanza, Suzuki Ertiga atau Honda Mobilio?

Toyota Avanza

Mencari MPV dengan dana terbatas, bisa lirik unit bekas. Pilihan masuk akal, coba telaah Toyota Avanza, Suzuki Ertiga, serta Honda Mobilio. Semuanya berkonfigurasi tujuh penumpang dengan bujet di kisaran LCGC baru. Tapi mana yang paling tepat dengan kebutuhan Anda?

Sekadar gambaran, di pasar mobil bekas tidak ada patokan dalam urusan banderol. Perspektif itu bergantung pada kondisi, warna bodi, kelengkapan dan jarak pemakaian. Kala membeli kendaraan bekas disarankan tidak terlalu tua, agar lebih mudah perawatan. Penyakitnya pun belum terlalu banyak. Minimal lima tahun ke belakang agar mobil masih bisa diasuransikan. Misalnya Avanza 1,5 liter matik lansiran 2018 rata-rata dilego Rp 150 juta hingga Rp 160 juta. Versi facelift 2019 dijual Rp 185 juta sampai Rp 200 jutaan. Barangnya amat variatif di pasaran, sehingga bukan perkara sukar mencari kondisi terbaik.

Opsi lain datang dari Suzuki yang harga bekasnya bersaing. Ertiga AT (all new) tahun produksi 2018 ditawarkan sekira Rp 160 juta sampai Rp 180 jutaan. Terakhir, lansiran 2019 dijual Rp 180 juta - Rp 190 jutaan. Honda Mobilio transmisi CVT 2018 dijajakan sekitar Rp 150 juta sampai Rp 180 jutaan. Sedangkan garapan 2019 sekitar Rp 160 juta hingga Rp 190 juta berdasar varian. Oke, lanjut ke pencarian performa terbaik.

Baca Juga: Rekomendasi Low MPV 7-Seater dengan Diskon Terbesar

Suzuki All New Ertiga

Enjin

Di bawah bonet Toyota Avanza, tersedia dua pilihan kapasitas pembakaran. Pertama tipe 1,3 liter empat silinder berdaya 96,5 PS pada 6.000 rpm. Lalu torsi puncak 120 Nm di 4.400 rpm. Kedua, mesin 1,5 liter yang bertenaga 104 PS pada 6.000 rpm. Lalu torsi puncaknya sampai 136 Nm pada 4.200 rpm. Kemudian transmisinya tak berubah. Mereka punya dua pilihan girboks manual 5 speed dan otomatis konvensional 4 speed.

Namun berdasar data pabrikan. LMPV milik Toyota masih kalah dari Ertiga. Suzuki membenamkan mekanikal pacu bensin empat silinder 1,5 liter dengan kode K15B. Sama dengan milik Jimny dan XL7. Resultan pembakaran internal memberi daya 104,7 PS dengan torsi puncak 138 Nm. Distribusi power ke roda depan menggunakan girboks manual lima percepatan. Opsi transmisi otomatis empat speed konvensional.

Tapi itupun masih kalah dari Mobilio. Ia mengandalkan enjin peminum bensin 1,5 liter i-VTEC yang medorong tenaga 118 PS pada 6.600 rpm. Sementara daya puntir maksimal sebesar 145 Nm di 4.600 rpm. Daya itu disalurkan ke roda depan, melalui transmisi CVT Earth Dreams Technology. Selain diklaim penyaluran lebih halus, efisiensi bahan bakar juga dibilang lebih baik. Opsi lainnya, transmisi manual lima percepatan.

Jika kemampuan mesin mau disetarakan, maka jantung pacu Avanza 1,3 liter harus dicoret dari daftar pertarungan. Soalnya yang lain hanya pakai 1,5 liter saja. Dari sini Anda bisa melihat sendiri mana mobil yang memberi daya lebih dan sistem transmisi paling lembut. Mobilio tetap masuk skala prioritas daftar perburuan.

Jenis Gerak Roda

Yang jadi pembahasan berikutnya ialah jenis penggerak roda. Pilih depan (front wheel drive) atau belakang (rear wheel drive). Untuk jenis penyaluran tenaga, Toyota mengklaim penggerak belakang lebih unggul. Desain pada as roda, dibilang sangat kokoh dan kuat. Walaupun sering digunakan di jalanan rusak, ia lebih tahan banting. Apalagi saat mobil diajak melahap beragam tanjakan. Penggerak roda belakang terkenal sebagai kuda beban, jadi bisa angkut beban lebih banyak. Tapi bikin lantai kabin tidak rata. Ada tonjolan di tengah yang mengurangi estetika ruang.

Sementara gerak roda depan seperti Ertiga dan Mobilio sebetulnya juga tak terlalu bermasalah. Toh sama-sama mobil keluarga. Penyaluran daya dari mesin ke roda depan pun lebih efisien, plus tak ada tenaga tereduksi akibat tongkat penyaluran gerak belakang. Sehingga bukan menjadi problem di kontur jalanan normal di Indonesia. Baiknya pahami medan yang sering Anda lintasi, baru pilih mobil paling cocok.

Baca Juga: Toyota Camry XV50 Bekas Vs Toyota Altis Baru, Pilih Mana?

Honda Mobilio

Fitur Keamanan dan Keselamatan

Avanza G AT menyediakan dual SRS airbag, rem ABS, headrest dan seat belt 3-titik di semua jok serta ISOFIX. Avanza punya side impact beam pada rangkanya, untuk meredam benturan samping lebih baik. Untuk varian Veloz diimbuhi pengereman EBD agar kian mantap. Kelengkapannya mirip dengan Ertiga. Dibenami berbagai fitur serta fasilitas penunjang keselamatan bagi Anda. Seperti Antilock Braking System (ABS) untuk pengereman mendadak, dual SRS airbag untuk perlindungan frontal. Model ini juga sudah dilengkapi fitur Isofix, membantu menjaga keamanan.

Pada tipe terendahnya sekalipun, Mobilio S transmisi manual sudah dilindungi dual front SRS airbags plus rem dengan teknologi ABS + EBD. Ia mengusung struktur rangka G-CON + ACE, dilengkapi side impact beam dan sabuk keselamatan pretensioner serta kursi Isofix & Tether. Untuk tipe tertinggi (RS), Honda melengkapi Mobilio dengan kamera parkir dan Hill Start Assist (HSA) serta Vehicle Stability Assist (VSA). Untuk keamanan, produk berlogo H tegak masih unggul.

Inferensi

Cara memandang mobil bekas agak berbeda dari mobil baru. Selain besaran uang dimiliki, lamanya penggunaan juga amat berpengaruh pada opsi. Contoh bila Anda ingin sekadar punya mobil keluarga yang mudah dipakai dan gampang dijual. Kalau begini, Avanza tak bisa tergoyahkan. Lantaran jumlah peminatnya banyak, depresiasi bila dijual kembali tak terlalu menyusut. Memang tak bisa dipungkiri, memiliki onderdil amat melimpah. Baik di bengkel resmi maupun di pasar aftermarket. Pasalnya, ia salah satu produk yang penjualannya masif juga paling banyak dalam ekosistem LMPV.

Bahkan, selain suku cadang resmi (OEM) Anda bisa menemukan peranti serupa alias imitasi. Atau mau suku cadang kualitas kedua. Suzuki Ertiga dan Mobilio pun sebetulnya banyak. Tapi kalau segi jumlah, lebih masif suku cadang T brand. Wajar saja, selama satu dekade ia terus merajai pasaran Low MPV. Kemudian jumlah aksesori tersedia pun melimpah di toko modifikasi maupun e commerce.

Jika Anda ingin mobil enak, halus, kemudian relatif irit BBM, Honda Mobilio patut diperhitungkan. Selain tenaga paling unggul, fitur keamanan juga tak bisa diremehkan. Tapi namanya CVT dengan segala kompleksitasnya. Bila Anda problem, Anda jangan kaget besaran biaya perbaikan. Dan terakhir, sebagai alternatif Suzuki Ertiga juga punya mesin halus. Handling alias pengendaliannya tak kalah enak dari duo rivalnya. Ini mobil nyaman dan stabil saat meluncur kencang.

Hanya saja, kalau di pasar mobkas harganya acap kali lebih rendah atau memiliki penyusutan agak tinggi. Tapi kalau Anda benar-benar membeli Ertiga, mending dirawat dan dinikmati saja. Tak usah memusingkan untuk dijual kembali suatu saat nanti. Nah, dari segala aspek yang dijabarkan. Semoga membantu Anda membuat keputusan tepat. Sehingga tidak menyesal di kemudian hari. (Alx/Odi)

Baca Juga: Pilih Nissan Livina VL 2019 atau Honda Mobilio RS 2019? LMPV Bekas Masih Bergaransi

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • GJAW 2025: Debut Global Chery X, Konsep SUV Bisa Berubah Menjadi Double Cabin
    GJAW 2025: Debut Global Chery X, Konsep SUV Bisa Berubah Menjadi Double Cabin
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • GJAW 2025: Berkenalan Dengan Changan Deepal S07, SUV Listrik Kaya Fitur
    GJAW 2025: Berkenalan Dengan Changan Deepal S07, SUV Listrik Kaya Fitur
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • GJAW 2025: Penawaran Lengkap Toyota, Dari DP Ringan Sampai T-Care
    GJAW 2025: Penawaran Lengkap Toyota, Dari DP Ringan Sampai T-Care
    Setyo Adi . Hari ini
  • GJAW 2025: Chery Tiggo 8 CSH Dapat Dua Varian Baru, Sesuaikan Selera Konsumen
    GJAW 2025: Chery Tiggo 8 CSH Dapat Dua Varian Baru, Sesuaikan Selera Konsumen
    Bangkit Jaya . Hari ini
  • GJAW 2025: GAC Indonesia Ungkap Filosofi Kenyamanan EV Aion dan Hyptec
    GJAW 2025: GAC Indonesia Ungkap Filosofi Kenyamanan EV Aion dan Hyptec
    Zenuar Yoga . Hari ini

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Mitsubishi Pamer Mobil Adventure Concept, Jadi Ide Modifikasi untuk Xpander Cross, Pajero Sport, Xforce dan Destinator
    Mitsubishi Pamer Mobil Adventure Concept, Jadi Ide Modifikasi untuk Xpander Cross, Pajero Sport, Xforce dan Destinator
    Ardiantomi . 26 Nov, 2025
  • Dari bZ4X hingga Yaris Cross HEV, Armada Elektrifikasi Protect SSRT Berjaya di City Rally 2025
    Dari bZ4X hingga Yaris Cross HEV, Armada Elektrifikasi Protect SSRT Berjaya di City Rally 2025
    Ardiantomi . 26 Nov, 2025
  • Tertarik Kredit Changan Lumin, Cicilan Bulanan Mulai Rp2 Jutaan dengan DP 20 Persen
    Tertarik Kredit Changan Lumin, Cicilan Bulanan Mulai Rp2 Jutaan dengan DP 20 Persen
    Anjar Leksana . 26 Nov, 2025
  • Era Baru Hybrid Terjangkau: Toyota New Veloz Hybrid EV Tawarkan Kecanggihan dan Efisiensi Mulai Rp299 Juta
    Era Baru Hybrid Terjangkau: Toyota New Veloz Hybrid EV Tawarkan Kecanggihan dan Efisiensi Mulai Rp299 Juta
    Setyo Adi Nugroho . 26 Nov, 2025
  • Bridgestone Tampilkan Edukasi Ban dan Produk Unggulan di GJAW 2025
    Bridgestone Tampilkan Edukasi Ban dan Produk Unggulan di GJAW 2025
    Muhammad Hafid . 25 Nov, 2025
  • Mengenal Changan Deepal S07, SUV Listrik Premium Seharga Rp599 Juta
    Mengenal Changan Deepal S07, SUV Listrik Premium Seharga Rp599 Juta
    Zenuar Yoga . 25 Nov, 2025
  • Intip Spesifikasi Changan Lumin: Mobil Listrik Imut dengan Harga Rp178 juta
    Intip Spesifikasi Changan Lumin: Mobil Listrik Imut dengan Harga Rp178 juta
    Zenuar Yoga . 24 Nov, 2025
  • Deret Fitur Mitsubishi Xforce Ini Bikin Berkendara Lebih Aman dan Nyaman
    Deret Fitur Mitsubishi Xforce Ini Bikin Berkendara Lebih Aman dan Nyaman
    Ardiantomi . 20 Nov, 2025
  • Menjelajah Mazda Museum: Napak Tilas Teknologi, Desain, dan Warisan Rotary
    Menjelajah Mazda Museum: Napak Tilas Teknologi, Desain, dan Warisan Rotary
    Eka Zulkarnain . 14 Nov, 2025
  • Ulik Spesifikasi 849 Testarossa, Spesies Terbaru dari Ferrari
    Ulik Spesifikasi 849 Testarossa, Spesies Terbaru dari Ferrari
    Setyo Adi Nugroho . 14 Nov, 2025
  • Beberapa Langkah Perawatan Aki di Kendaraan Elektrifikasi
    Beberapa Langkah Perawatan Aki di Kendaraan Elektrifikasi
    Setyo Adi Nugroho . 25 Okt, 2025
  • Memasuki Musim Hujan, Waspada Risiko Aquaplaning Saat Berkendara
    Memasuki Musim Hujan, Waspada Risiko Aquaplaning Saat Berkendara
    Setyo Adi Nugroho . 16 Okt, 2025
  • Benarkah Melihat Penyakit Mobil Bisa Dilihat dari Warna Asap Knalpot Saja?
    Benarkah Melihat Penyakit Mobil Bisa Dilihat dari Warna Asap Knalpot Saja?
    Anjar Leksana . 14 Okt, 2025
  • Bingung Servis Mobil Berdasarkan Waktu atau Jarak Tempuh? Ini Penjelasannya
    Bingung Servis Mobil Berdasarkan Waktu atau Jarak Tempuh? Ini Penjelasannya
    Anjar Leksana . 08 Okt, 2025
  • Waspada Berburu Mobil Seken Murah, Ini Cara Cek Unit Bekas Tabrakan
    Waspada Berburu Mobil Seken Murah, Ini Cara Cek Unit Bekas Tabrakan
    Anjar Leksana . 01 Okt, 2025
  • Test Drive Wuling Darion PHEV: MPV Keluarga Irit, Bisa Tempuh 1.200 Km Tanpa Isi Ulang!
    Test Drive Wuling Darion PHEV: MPV Keluarga Irit, Bisa Tempuh 1.200 Km Tanpa Isi Ulang!
    Ardiantomi . 20 Nov, 2025
  • Test Drive Offroad Chery J6T: Traksi Brutal iWD Tembus Batu, Lumpur, dan Genangan Dalam
    Test Drive Offroad Chery J6T: Traksi Brutal iWD Tembus Batu, Lumpur, dan Genangan Dalam
    Muhammad Hafid . 17 Nov, 2025
  • First Drive All New Honda Prelude: Senyaman Civic Hybrid, Sestabil Type R!
    First Drive All New Honda Prelude: Senyaman Civic Hybrid, Sestabil Type R!
    Bangkit Jaya Putra . 10 Nov, 2025
  • First Drive Changan Lumin L DC: Proporsional untuk Mobilitas Harian di Kota
    First Drive Changan Lumin L DC: Proporsional untuk Mobilitas Harian di Kota
    Anjar Leksana . 07 Nov, 2025
  • Test Drive Jaecoo J5 EV: SUV Listrik Nyaman, Torsi Instan, dan Konsumsi Daya Super Irit
    Test Drive Jaecoo J5 EV: SUV Listrik Nyaman, Torsi Instan, dan Konsumsi Daya Super Irit
    Setyo Adi Nugroho . 30 Okt, 2025