Pilihan City Car Bekas Bertransmisi CVT di Bawah Rp120 Juta

Mitsubishi Mirage exceed

Continuously Variable Transmission (CVT), mulai dipakai banyak pabrikan. Paling getol Honda yang mayoritas lineup-nya sudah memakai transmisi tanpa gigi ini. Sampai generasi terbaru CR-V dan Civic bermesin turbo pun dipasangkan CVT. Kabar terbaru, generasi anyar Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia pun juga ikut beralih. Seolah pertanda matik konvensional bakal segera punah.

Masih banyak pro dan kontra soal CVT. Tak sedikit juga yang belum paham beda antara transmisi otomatis konvensional dan CVT. Biasanya dianggap tidak ‘fun to drive’ dan ‘lemot’, karena prosesi perpindahan gigi yang sangat halus dan ketidaksinkronan antara putaran mesin dengan kecepatan. Tapi bila diukur memakai data, CVT bisa lebih kencang dan irit ketimbang matik biasa. Dengan kata lain, penyaluran tenaga dan torsi berlangsung lebih efektif dan efisien.

Itu sebabnya sangat cocok dipakai city car. Kedinamisan pulley memilih gear ratio membuat CVT pintar menentukan rasio yang tepat untuk akselerasi dan hemat bahan bakar, terutama pemakaian di perkotaan. Berikut kami rekomendasikan mobil kota kondisi bekas ber-CVT yang harganya kian murah. Bahkan bisa dimiliki dengan bujet tak sampai Rp120 juta.

Tapi harap waspada dulu sebelum membeli. Karena bakal repot bila mendapatkan CVT yang sudah tak sehat. Indikasinya bisa ditemukan lewat tes jalan. Pastikan tidak ada hentakan keras saat beranjak jalan dan dalam proses perpindahan gigi. Bila odometer sudah tinggi, lihat riwayat perawatan berkalanya. Kalau pemilik terdahulu rajin menggantikan oli CVT, niscaya pemakaian bisa lebih awet.

 

Honda Brio Satya E CVT 2017

Honda Brio Satya 2017

Awal meluncur, Honda Brio ditawarkan dalam pilihan transmisi manual 5-speed dan otomatis konvensional 5-speed. Matik biasa berganti CVT dengan Earth Dream Technology saat facelift di IIMS 2016. Tidak hanya di Brio RS, Brio Satya juga dapat. Menjadikan satu-satunya LCGC yang memakai transmisi jenis ini. Dan sempat menjadi mobil CVT termurah.

Brio Satya adalah mobil yang sangat laris sampai sekarang. Makanya sangat mudah menemukan unit di pasar mobil bekas. Tinggal pilih kondisi terbaik dan sesuaikan dana, bisa langsung diboyong pulang. Mencari di laman mobkas daring, Brio Satya CVT keluaran 2017 dibanderol antara Rp110 juta - Rp120 juta. Usia belum mencapai lima tahun, biasanya rata-rata masih dalam keadaan segar. Lagipula tak banyak masalah besar ditemui mobil ini.

 

Mitsubishi Mirage Exceed 2016

Mitsubishi Mirage Exceed

Pernah jadi andalan Mitsubishi dalam segmen mobil kota. Sayang sekarang sudah tak berlanjut lagi. Padahal menawarkan kualitas berkendara terbaik di antara city car lain. Mesin 3-silinder 1,2-liter termasuk kencang dan sangat irit. Salah satu senjatanya adalah Transmisi CVT INVECS III milik Mitsubishi sudah dikenal sejak Lancer masih beredar. Tergolong agresif dan efisien dibanding merek lain. Terbukti dari Mirage CVT yang keiritan bahan bakarnya tak berbeda jauh dengan manual.

Kami sarankan cari Mirage Exceed keluaran 2016. Varian teratas dengan fitur paling lengkap. Harganya makin enak di kantong. Bujet Rp120 juta bisa langsung bawa pulang dan masih ada sisa sedikit untuk biaya merapikan.

Baca Juga: Mobil Sport Bekas di Bawah Rp500 Juta, untuk Bersenang-senang saat Akhir Pekan

 

Chevrolet Spark LTZ 2017

Chevrolet Spark bekas

Chevrolet Spark, pilihan yang menarik di segmen compact hatchback. Ia masuk dalam kelas sama seperti Honda Brio RS, Suzuki Ignis dan Mitsubishi Mirage. Kehebatan Spark ditenagai mesin terbesar berupa 4-silinder 1,4-liter. Selain itu, fiturnya juga yang paling lengkap karena tersedia peranti keselamatan kontrol stabilitas bernama Stabilitrak dan sistem infotainment canggih MyLink. Pilihan varian hanya transmisi CVT. Transmisinya cukup cekatan dalam mengolah output mesin, mirip karakter CVT milik Honda.

Spark keluaran 2017 tipe LTZ kami rekomendasikan karena harganya sekarang sekitar Rp115 juta. Tapi Anda harus menerima konsekuensi minimnya layanan aftersales Chevrolet. Belum lagi sang APM tak lagi menaungi merek ini. Meski secara kualitas di atas mobil-mobil Jepang, tentu butuh ekstrausaha saat memeliharanya.

 

Datsun Cross 2018

Datsun Cross

Ya, Datsun Cross memang bukan tipikal mobil kota format hatchback. Namun setidaknya ia berukuran kompak plus tambahan kursi baris ketiga yang sesekali bakal dibutuhkan. Meski tidaklah besar, tetap mampu menampung penumpang anak-anak hingga remaja. Membuatnya memiliki kepraktisan lebih dalam urusan kabin. Perlu diingat juga, merek di bawah payung Nissan ini juga sudah hengkang dari Indonesia. Beruntung layanan aftersales masih bisa di diler-diler resmi Nissan.

Awal muncul, Datsun Cross langsung menyandang transmisi CVT. Tetap dipasangkan mesin sama 3-silinder 1,2-liter yang dipakai Datsun GO dan Nissan March. Tapi disesuaikan dengan menaikkan tenaga menjadi 78 PS untuk dipasangkan girboks baru. Transmisi CVT bukan barang baru bagi Nissan sebagai induk dari Datsun. Semua lineup sudah memakainya, kecuali March, Evalia dan Navara. Berlabelkan X-Tronic CVT, cukup pintar membaca karakter mengemudi. Bila agresif maka komputer menset mode perpindahan gigi agresif juga. Jika mengemudi kalem, maka transmisi bekerja demi efisiensi bahan bakar. Harga Datsun Cross lansiran 2018 kian menarik. Bisa dipinang antara Rp110 juta - Rp120 juta saja. (Odi)

 

Baca Juga: Rekomendasi SUV Bekas Berkelas Seharga Daihatsu Rocky 1.2

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang