Punya Budget Rp200 jutaan, Pilih Beli Royal Enfield 650 atau Kawasaki W800?

Royal Enfield Continental GT 650

Opsi motor besar berpenampilan klasik tulen dengan harga tak menguras kantong paling tidak bisa dikerucutkan jadi dua. Pertama adalah seri The Twins lansiran Royal Enfield. Dan satunya buatan Jepang, yakni Kawasaki W800. Mereka berdua dijual dalam rentang Rp200 jutaan. Lantas, baiknya pilih mana?

Penampilan

Masing-masing motor kurang lebih menawarkan pilihan wujud serupa. Satunya roadster lawas, satunya lagi gaya balap atau jamak dinamakan café racer. Interpretasi klasik dalam format modern juga diterjemahkan dalam gaya serupa: Serba terekspos dan pakai komponen sederhana.

Semisal Royal Enfield Interceptor, Menggunakan tangki model bulat, yang juga punya aksen lekukan indah di bagian belakangnya. Jok pula lebih tebal guna memberi kenyamanan pengendara. Pun kalau diduduki berdua tak jadi masalah besar, konturnya tidak mengganggu. Lantas bentuk stang, cukup lebar dan tinggi. Kolaborasi itu membuatnya lebih nyaman dikendarai sehari-hari maupun jarak jauh.

Komposisi wajah dan bentuk Interceptor sederhana saja. A la motor klasik. Mengenakan lampu utama bulat dengan sein terpisah. Plus stoplamp minimalis khas era 60an yang proporsional. Atas kombinasi bentuk-bentuk tadi, dirinya begitu mudah dipersonalisasi dengan selera masing-masing. Bahkan, sesederhana mengganti ban bawaan dan knalpot saja bisa makin beringas.

Continental GT 650 beda di beberapa hal saja. Secara platform sama persis. Tapi tangkinya punya tarikan garis berbeda, agak lebih memanjang daripada interceptor. Sekaligus banyak sudut tajam. Menyesuaikan gaya racer. Kemudian jok dan stang, layaknya gaya terkait, dibuat nyaman untuk berkendara sendiri. Plus posisi genggaman tangan agak mengepit.

Kawasaki W800 juga begitu. Versi standar menganut style roadster. Berpengaruh pula ke posisi berkendara nyaman, relevan digunakan harian atau jarak jauh tanpa harus menyiksa tubuh, Tampilan bodi pun lebih banyak didominasi warna cerah. Selain itu diberi aksen kromium. Dari mulai sepatbor sampai area blok mesin.

Versi Café, tidak seekstrem Royal Enfield sampai diganti tangki. Secara keseluruhan masih tetap sama. Beda tema pewarnaan saja. Dan paling kentara adalah pemasangan batok lampu membulat. Serta jok format tunggal. Dan juga, permukaan blok mesin didominasi warna gelap.

Namun yang membuatnya lebih menarik, ia punya sejarah kuat masih dipertahankan. Kami cukup percaya diri mengatakannya bahkan sebagai susbtitusi dari Triumph Bonneville. Kawasaki W800 bukan motor tak punya sejarah. Ia legendaris. Sudah eksis sejak puluhan tahun lalu meski popularitasnya kalah dengan motor Eropa. Tapi setidaknya tampak memiliki kasta tersendiri.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dalam Royal Enfield Interceptor 650, Sosok Karismatik Bernuansa Klasik

Kawasaki W800 baru

Fitur

Kedua motor jelas tidak banyak cakap soal fitur elektronik. Panel instrumen milik Royal Enfield misal, tak memiliki begitu banyak menu. Hanya terdiri dari dua kluster menunjukkan speedometer dan takometer dengan jarum mekanis. Tapi ada layar digital kecil, menunjukkan sensor dan hal fundamental. Presentasi ini kami kira sesuai konsepnya. Justru tampilan kokpit minimalis menguatkan karakter klasik.

Begitu pula Kawasaki. Pada dashboard, dua instrumen analog menunjukkan putaran mesin dan kecepatan. Ada juga layar digital menunjukkan informasi penting. Begitupun beberapa sensor fundamental di sekeliling takometer. Standar. Tapi, kini ia punya penerangan dioda mengikuti standar motor zaman sekarang.

Perihal fasilitas safety aktif, mereka berdua menanamkan perangkat standar. Tidak ada kontrol traksi atau hal sejenis. Semua dibiarkan ke pengendara untuk mengontrolnya. Ya, hanya ada sensor ABS dua kanal. Yang paling tidak bisa menjaga saat berdeselerasi keras.

Baca Juga: Antara Varian Kawasaki KLX 230, Mana Paling Menarik?

Motor Royal Enfield Interceptor

Performa

Jelas milik W800 lebih menarik. Bekalan mesin dua silinder 773 cc SOHC bertumpu kuat di rangkanya. Besaran outputnya juga tak main-main. Tenaga maksimal sebesar 51 Hp bisa tercapai pada 6.500 rpm. Torsinya juga melimpah, 62,9 Nm di 4.800 rpm. Langkahnya memang dibuat lebih panjang (77 x 83 mm). Sehingga gapaian torsi mudah dan buas.

Sasis motor berjenis double cradle. Dipadukan dengan fork teleskopik. Serta merta shock breaker ganda dengan setelan preload. Sayangnya, belum memakai tabung seperti Royal Enfield. Masih konvensional.

Lantas jenama Inggris, punya performa di bawah. Kubikasi Royal Enfield lebih kecil. Mesinnya hanya 648 cc parallel-twin SOHC. Meskipun gapaian output lumayan, 47 Hp/7.250 rpm dan torsi 52 Nm/5.250 rpm. Tapi apapun itu, impresinya pasti lebih menyenangkan di W800. Sebab selisih perolehan tenaga agak jauh.

Sasis penopang sang karismatik cukup serius. Rangka tubular double cradle-nya hasil ramuan Harris Performance Inggris. Mereka adalah pembuat rangka motor legendaris. Semestinya konstruksi ini bisa membuat manuver kedua motor semakin mantap diajak bermanuver. Rangka itu berkolaborasi dengan suspensi teleskopik 41 mm di depan dengan travel 110mm. Sedangkan di belakang, ditanamkan dua shock breaker tabung dengan piggyback reservoir. Suspensi ganda ini juga bisa disesuaikan dalam lima pilihan setelan.

Harga

Interceptor sendiri dijual mulai Rp205 juta – Rp210 juta tergantung pilihan warna. Sementara Continental berkisar Rp216 juta – Rp221 juta OTR Jakarta, dengan acuan tema pula. Kalau W800, dilego mulai Rp291 juta untuk versi standar. Sementara Café selisih Rp7 juta lebih mahal.

Atas perbandingan itu, kami kira W800 masih lebih menarik untuk diboyong. Meskipun beda harga sampai Rp70 jutaan. Lantaran performa mesinnya jauh lebih advance. Serta nilai histori begitu tinggi. Dan juga, menyoal jaringan diler lebih luas lagi. Berikut tersebar di berbagai kota besar. (Hlm/Odi)

Baca Juga: Pilihan Motor Besar Berbagai Tema dengan Bujet Rp200 Jutaan

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Pilihan Motor Premium Seharga Mobil di GIIAS 2025
    Pilihan Motor Premium Seharga Mobil di GIIAS 2025
    Zenuar Yoga . 01 Agu, 2025
  • Pilihan Motor Listrik di GIIAS 2025, dari Termurah Hingga Premium
    Pilihan Motor Listrik di GIIAS 2025, dari Termurah Hingga Premium
    Zenuar Yoga . 30 Jul, 2025
  • New CRF 150L Tampil Lebih Tangguh di GIIAS 2025 dengan Warna dan Striping Baru
    New CRF 150L Tampil Lebih Tangguh di GIIAS 2025 dengan Warna dan Striping Baru
    Zenuar Yoga . 30 Jul, 2025
  • Astra Otoparts Rilis Ban Aspira Sportivo 2 dan Kenalkan Merek Ulti X
    Astra Otoparts Rilis Ban Aspira Sportivo 2 dan Kenalkan Merek Ulti X
    Bangkit Jaya Putra . 29 Jul, 2025
  • Teknisi Asal Medan Sabet Gelar Juara ITGP 2025 dan Melaju ke World Technician Grand Prix
    Teknisi Asal Medan Sabet Gelar Juara ITGP 2025 dan Melaju ke World Technician Grand Prix
    Zenuar Yoga . 29 Jul, 2025
  • Kenali Seluruh Varian Oli Yamalube, Mana yang Cocok Buat Motor Anda?
    Kenali Seluruh Varian Oli Yamalube, Mana yang Cocok Buat Motor Anda?
    Zenuar Yoga . 16 Jul, 2025
  • Ini Kelengkapan Gear Ultima yang Bikin Perjalanan Touring Jakarta-Yogyakarta Jadi Menyenangkan
    Ini Kelengkapan Gear Ultima yang Bikin Perjalanan Touring Jakarta-Yogyakarta Jadi Menyenangkan
    Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
  • Yamaha Mio: Sang Legenda yang Tak Pernah Padam dan Kembali Berjaya di Tengah Gempuran Skutik modern
    Yamaha Mio: Sang Legenda yang Tak Pernah Padam dan Kembali Berjaya di Tengah Gempuran Skutik modern
    Zenuar Yoga . 02 Jul, 2025
  • 6 Kelebihan Maka Cavalry: Motor Listrik Enak Buat Harian dan Touring Tipis
    6 Kelebihan Maka Cavalry: Motor Listrik Enak Buat Harian dan Touring Tipis
    Ardiantomi . 01 Jul, 2025
  • Adu Gengsi Skutik Canggih! Yamaha Nmax Turbo vs Honda PCX160 Roadsync, Mana Layak Dipilih?
    Adu Gengsi Skutik Canggih! Yamaha Nmax Turbo vs Honda PCX160 Roadsync, Mana Layak Dipilih?
    Zenuar Yoga . 10 Jun, 2025
  • Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Zenuar Yoga . 18 Mar, 2025
  • Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Bangkit Jaya Putra . 04 Mar, 2025
  • First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025
  • First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    Bangkit Jaya Putra . 16 Jan, 2025
  • First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    Zenuar Yoga . 02 Jan, 2025