Ragam Jenis Konfigurasi Mesin dan Segala Kelebihannya

Bentley Continental GT Speed's W12 engine

Mesin pembakaran konvensional atau ICE, terdiri dari banyak konfigurasi. Jumlah silinder dan pola pergerakan berbeda-beda tentu memiliki karakteristik tersendiri dengan keunggulan dan kekurangan. Inilah yang membuat mesin peminum bahan bakar minyak sangat menarik sejak dulu. Nah, masih banyak belum tahu. Mungkin saja salah satunya diterapkan mesin mobil Anda.

Inline (Segaris)

Inline paling umum digunakan. Sesuai namanya, jenis ini menempatkan silinder sejajar atau segaris. Ia memiliki keuntungan dari sisi ukuran kompak dan ringan lantaran tak banyak komponennya dibanding jenis lain. Hal ini tentu berpengaruh ke nilai ekonomis karena mudah diproduksi.

Mesin segaris nyatanya memiliki dua posisi, transversal dan longitudinal. Yang pertama menempatkan mesin menyamping atau sejajar lebar mobil. Kebanyakan dipakai oleh kendaraan berpenggerak roda depan (front wheel drive). Kelebihannya terletak pada penyajian ruang kabin menjadi lebih lapang karena tatanannya kompak. Sementara longitudinal meletakkan enjin lurus ke belakang atau sejajar panjang mobil. Ia biasa dipakai oleh penggerak roda belakang (rear wheel drive). Keuntungannya memungkinkan pabrikan untuk merancang kapasitas lebih besar dengan mengorbankan kelapangan kabin.

V Engine

Sesuai namanya, mesin satu ini memiliki konfigurasi piston membentuk huruf V. Banyak tersemat di mobil-mobil berperforma tinggi. Jumlah silindernya beragam mulai dari 6, 8, 10 hingga 12. Semakin besar angkanya berarti makin bertenaga jantung mekanis tersebut.

Bisa dikatakan ia memiliki desain cukup kompak bila dibandingkan dengan inline. Makanya memungkinkan untuk dibenamkan jumlah silinder cukup banyak atau volume lebih besar. Keunggulan lainnya tentu masalah tenaga maupun torsi tersaji cukup masif khususnya di putaran mesin rendah. Walau begitu jenis ini terbilang cukup mahal produksi dan perawatannya lantaran banyak komponen pembentuk. Secara bobot juga cukup berat seiring bertambahnya ruang piston.

7th gen mustang engine 1

VR Engine

Konfigurasi mesin ini diciptakan oleh pabrikan Volkswagen. Pada dasarnya ia seperti perpaduan antara enjin inline dengan V. Piston dirancang dengan gaya zig-zag dan sedikit rapat. Sudut kemiringan piston antara 10,5 hingga 15 derajat. Ini sangat berbeda dengan V yang mencapai 45 sampai 90 derajat. Ia dikembangkan khusus sebagai unit transversal untuk penggerak roda depan.

Tatanannya membuat kapasitas silinder lebih besar daripada inline, sambil tetap mempertahankan dimensinya tak terlalu masif. Di lain sisi ia memiliki vibrasi rendah karena susunannya mirip-mirip inline. Sementara kekurangannya hanya bisa dibandingkan dengan jenis segaris, yaitu kompleksitas dan ongkos produksi lebih tinggi, serta efisiensi yang tak lebih baik.

Boxer/Flat

Unit ini punya desain unik. Sesuai sebutannya, silinder serta piston diposisikan secara mendatar atau horizontal. Desainnya mampu memberikan performa mulus dan minim kehilangan tenaga akibat inersia rotasi. Namun, secara dimensi ia terbilang cukup besar. Padahal mampu memberikan titik gravitasi rendah sehingga menyajikan pengalaman berkendara lebih stabil. Ia pun terbilang cukup kompleks sehingga urusan perawatan jadi usaha berat.

Sebenarnya Boxer dan Flat ini berbeda secara penggunaan komponen. Boxer sendiri memanfaatkan satu crankpin untuk tiap silinder, sementara Flat menggunakan satu crankpin untuk sepasang silinder. Namun, karena setingannya pistonnya sama-sama datar maka orang banyak menyamakannya.

mazda rotary engine Mazda Rotary Engine

Rotary

Rotary menjadi unit paling unik secara rupa. Ia tak menggunakan piston biasa melainkan segitiga dan tersimpan dalam silinder berbentuk bulat. Pergerakannya bukan naik-turun, tapi berputar di dalam ruang pembakaran. Pada dasarnya tetap memiliki langah seperti enjin pembakaran pada umumnya. Berkat desainnya, ia memiliki keuntungan dari sisi dimensi yang sangat kompak sehingga memungkinkan diaplikasikan ke berbagai ukuran mobil.

Walau begitu, mesin ini tetap menghasilkan tenaga besar dan terkenal dengan karakter RPM tinggi. Sekaligus menghasilkan efisiensi termodinamis dan rasio kompresi rendah. Operasionalnya juga mulus dan senyap karena tak banyak komponen internal bergerak. Sayangnya tak menguntungkan dari sisi emisi lantaran mesin rotary memasukkan oli ke dalam housing rotor. Ini membuatnya ikut terbakar dan berdampak pada gas buang. Selain itu juga menyebabkan komponen rentan kerusakan karena ketidakseimbangan di dalamnya.

W Engine

Pertama kali dikembangkan pada 1906 dan diproduksi pertama kali oleh Volkswagen. Mesin W terdiri dari gabungan tiga atau empat silinder yang terhubung ke satu atau dua crankshaft. Pada dasarnya seperti menggabungkan dua enjin V dalam jadi satu membentuk huruf W. Biasa ditemukan pada mobil super mewah dan eksotik, termasuk kendaraan heavy duty.

Jenis ini memberi keuntungan terhadap ruang kabin lapang dan menyemburkan tenaga sangat besar. Tapi karena tingkat kerumitannya yang cukup tinggi, ongkos produksinya terbilang tinggi termasuk perawatan. Makanya mobil yang menggunakannya dibanderol tak murah. Selain itu, jumlah silindernya yang bisa mencapai 16 buah menyebabkan terciptanya panas cukup tinggi. Maka dibutuhkan penggunaan material solid dan mumpuni untuk mendukung kondisi itu. (Hfd/Odi)

Baca Juga: Kisah Kesuksesan Isuzu Menjadi Produsen Kendaraan Niaga Kelas Dunia

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • Antusiasme Warga Tinggi, Jetour Tambah Kuota Harga Spesial T2
    Antusiasme Warga Tinggi, Jetour Tambah Kuota Harga Spesial T2
    Setyo Adi . Hari ini
  • VW Siap Produksi ID.Unyx 07, Sedan Listrik Adopsi Basis Xpeng
    VW Siap Produksi ID.Unyx 07, Sedan Listrik Adopsi Basis Xpeng
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • Mazda YES! 2025 Serbu 5 Mall di Jabodetabek, Gelar Promo Akhir Tahun
    Mazda YES! 2025 Serbu 5 Mall di Jabodetabek, Gelar Promo Akhir Tahun
    Wahyu Hariantono . Hari ini
  • Lexus LFA Lahir Kembali Sebagai Supercar EV, Tetap Janjikan Sensasi Pendahulunya
    Lexus LFA Lahir Kembali Sebagai Supercar EV, Tetap Janjikan Sensasi Pendahulunya
    Setyo Adi . Hari ini
  • Promo Servis Akhir Tahun Mitsubishi 2025–2026: Diskon Suku Cadang, Ban, Bodi & Cat
    Promo Servis Akhir Tahun Mitsubishi 2025–2026: Diskon Suku Cadang, Ban, Bodi & Cat
    Anjar Leksana . Hari ini

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Mazda Year-End Sale YES Terselenggara di Lima Mall Jabodetabek dengan Promo hingga Rp100 Juta
    Mazda Year-End Sale YES Terselenggara di Lima Mall Jabodetabek dengan Promo hingga Rp100 Juta
    Wahyu Hariantono . Hari ini
  • Lexus LFA Concept BEV Hadirkan Sportscar Ikonik dalam Era Elektrifikasi
    Lexus LFA Concept BEV Hadirkan Sportscar Ikonik dalam Era Elektrifikasi
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • Changan Capai Produksi ke-30 Juta, Perkuat Visi Mobilitas Cerdas Global
    Changan Capai Produksi ke-30 Juta, Perkuat Visi Mobilitas Cerdas Global
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • MG Motor Ekspansi Jaringan Penjualan 3S di Pontianak, Diler Kedua di Kalimantan
    MG Motor Ekspansi Jaringan Penjualan 3S di Pontianak, Diler Kedua di Kalimantan
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Volkswagen Akan Mulai Produksi Massal ID.Unyx 07 Berbasis CEA
    Volkswagen Akan Mulai Produksi Massal ID.Unyx 07 Berbasis CEA
    Muhammad Hafid . 10 Des, 2025
  • Pilihan Low MPV Akhir 2025, Tambah Toyota Veloz Hybrid
    Pilihan Low MPV Akhir 2025, Tambah Toyota Veloz Hybrid
    Setyo Adi Nugroho . 09 Des, 2025
  • Daftar Harga Model LCGC Terkini, Tetap Menarik Meski Alami Penurunan Pasar
    Daftar Harga Model LCGC Terkini, Tetap Menarik Meski Alami Penurunan Pasar
    Setyo Adi Nugroho . 08 Des, 2025
  • Wuling Darion EV: MPV Listrik Keluarga dengan Tawaran Paling Menggoda
    Wuling Darion EV: MPV Listrik Keluarga dengan Tawaran Paling Menggoda
    Ardiantomi . 06 Des, 2025
  • Konsumsi BBM Toyota Veloz Hybrid Bisa Tembus 24,6 Km/L
    Konsumsi BBM Toyota Veloz Hybrid Bisa Tembus 24,6 Km/L
    Eka Zulkarnain . 04 Des, 2025
  • Intip Kelengkapan Lepas L8 Tarung di Segmen SUV 5-Seater PHEV
    Intip Kelengkapan Lepas L8 Tarung di Segmen SUV 5-Seater PHEV
    Bangkit Jaya Putra . 29 Nov, 2025
  • Beberapa Langkah Perawatan Aki di Kendaraan Elektrifikasi
    Beberapa Langkah Perawatan Aki di Kendaraan Elektrifikasi
    Setyo Adi Nugroho . 25 Okt, 2025
  • Memasuki Musim Hujan, Waspada Risiko Aquaplaning Saat Berkendara
    Memasuki Musim Hujan, Waspada Risiko Aquaplaning Saat Berkendara
    Setyo Adi Nugroho . 16 Okt, 2025
  • Benarkah Melihat Penyakit Mobil Bisa Dilihat dari Warna Asap Knalpot Saja?
    Benarkah Melihat Penyakit Mobil Bisa Dilihat dari Warna Asap Knalpot Saja?
    Anjar Leksana . 14 Okt, 2025
  • Bingung Servis Mobil Berdasarkan Waktu atau Jarak Tempuh? Ini Penjelasannya
    Bingung Servis Mobil Berdasarkan Waktu atau Jarak Tempuh? Ini Penjelasannya
    Anjar Leksana . 08 Okt, 2025
  • Waspada Berburu Mobil Seken Murah, Ini Cara Cek Unit Bekas Tabrakan
    Waspada Berburu Mobil Seken Murah, Ini Cara Cek Unit Bekas Tabrakan
    Anjar Leksana . 01 Okt, 2025
  • Test Drive Bentley Continental GT PHEV: Grand Tourer Atletis Memasuki Era Elektrifikasi
    Test Drive Bentley Continental GT PHEV: Grand Tourer Atletis Memasuki Era Elektrifikasi
    Wahyu Hariantono . 04 Des, 2025
  • Test Drive Wuling Darion PHEV: MPV Keluarga Irit, Bisa Tempuh 1.200 Km Tanpa Isi Ulang!
    Test Drive Wuling Darion PHEV: MPV Keluarga Irit, Bisa Tempuh 1.200 Km Tanpa Isi Ulang!
    Ardiantomi . 20 Nov, 2025
  • Test Drive Offroad Chery J6T: Traksi Brutal iWD Tembus Batu, Lumpur, dan Genangan Dalam
    Test Drive Offroad Chery J6T: Traksi Brutal iWD Tembus Batu, Lumpur, dan Genangan Dalam
    Muhammad Hafid . 17 Nov, 2025
  • First Drive All New Honda Prelude: Senyaman Civic Hybrid, Sestabil Type R!
    First Drive All New Honda Prelude: Senyaman Civic Hybrid, Sestabil Type R!
    Bangkit Jaya Putra . 10 Nov, 2025
  • First Drive Changan Lumin L DC: Proporsional untuk Mobilitas Harian di Kota
    First Drive Changan Lumin L DC: Proporsional untuk Mobilitas Harian di Kota
    Anjar Leksana . 07 Nov, 2025