Sport Fairing Rp 60 Jutaan, Mana yang Layak Dibeli?

Pilihan motor sport 250 cc

Motor sport fairing 250 cc memang tak murah. Tiga pabrikan teratas (Honda, Yamaha dan Kawasaki) menawarkannya lebih dari Rp 60 juta. Meski begitu banyak saja peminatnya. Antara Honda CBR 250 RR, Yamaha R25 dan Kawasaki Ninja 250, mana yang paling layak dibeli?

Honda CBR 250 RR

Honda CBR250RR

Versi penyegaran baru saja dirilis. Honda CBR 250 RR SP sudah dilengkapi Assist and Slipper Clutch, sekaligus ditunjuk mengisi celah di bawah versi teratas, CBR 250 RR SP Quick Shifter. Hanya saja banderol keduanya sudah tembus Rp 70 juta.

Jika terlalu mahal, boleh melirik CBR 250 RR. Harganya dipatok mulai Rp 61,6 juta, untuk varian Black Freedom. Tak lagi menjadi satu-satunya pilihan. Saat pengenalan CBR 250 RR SP, AHM juga mengenalkan warna lain: Mat Gunpowder Metallic dan Bravery Red Black. Harganya lebih mahal sedikit, Rp 66,1 juta.

Kalau memilih varian ini, jangan harap mendapat perbekalan serupa tipe menengah dan atas. Jantung mekanik DOHC dua silinder  masih menggunakan racikan lama. Memiliki kemampuan daya 38,2 Hp/12.500 rpm dan torsi 23,3 Nm pada putaran mesin 11.000 rpm. Sementara dua versi di atasnya (CBR 250 RR SP dan CBR 250 RR SP Quick Shifter) sudah terdongkrak menjadi 40,2 Hp/13.000 rpm dan 25 Nm/11.000 rpm.

Bila tak masalah output yang biasa saja, pengendalian 'Total Control' ala CBR Series bisa dibanggakan. Rancang bangun utama memakai rangka truss frame. Lantas dipadukan suspensi upside down (USD) di depan dan monoshock sistem Prolink di belakang. Konstruksi itu menyokong rancang bangun berdimensi 2.060 x 724 x 1.098 mm (P x L x T). Kemudahan juga diberikan kepada pengendara karena ia memiliki ground clearance cukup rendah, 145 mm.

Sistem Throttle by Wire jua diturunkan untuk varian ini. Eksplorasi terhadap dapur pacu tetap bisa dilakoni lantaran adanya kepresisian dalam setiap bukaan gas. Didukung pula mode berkendara yang sudah standar tersedia di CBR 250 RR. Mulai dari Comfort, Sport dan Sport+. Comfort bisa dipakai dalam kondisi santai. Jika butuh performa lebih dan instan, perubahan impresi bisa dirasakan pada opsi Sport dan Sport+. Sayang, Honda CBR 250 RR tak dipasangkan anti-lock braking system (ABS). Termasuk pula perangkat Assist and Slipper Clutch.

Baca Juga: Liga Penggaruk Tanah Seperempat Liter: Yamaha WR250 R VS Honda CRF250 Rally VS Kawasaki KLX 250

Kawasaki Ninja 250

Kawasaki Ninja 250

Pembeli CBR 250 RR tak perlu kecil hati. Toh, kedua perangkat tambahan tadi pun tak ada di Kawasaki Ninja 250 tipe basic. Kawasaki menawarkan dua pilihan: Ninja 250 produksi 2019 dan Ninja 250 KRT Edition. Bedanya terletak pada 'baju' yang dipakai saja. Varian pertama punya pilihan warna solid Merah, Hijau dan Hitam. Dijual dengan harga Rp 64,1 juta. Sementara tipe kedua berpenampilan bak motor balap, dari jubah kebanggaan Kawasaki Racing Team. Sedikit lebih mahal yaitu Rp 65,4 juta, tetap lebih murah dari warna spesial CBR 250.

Menilik lebih lengkap, Ninja 250 terbawah jelas lebih mahal dari CBR 250 RR Black Freedom. Sebaliknya, tipe KRT Edition justru lebih murah ketimbang CBR 250 RR warna Mat Gunpowder Metallic dan Bravery Red Black. Sementara soal performa, Ninja 250 punya catatan serupa dengan rival. Mesin DOHC dua silinder menorehkan 38,2 Hp di putaran 12.500 rpm. Momen puntir maksimalnya 23,5 Nm, hanya saja dijangkau lebih cepat yaitu 10.000 rpm.

Akan tetapi, pembeli Ninja versi tidak bisa merasakan mode berkendara. Maksimalisasi pengendaliannya hanya terletak pada dimensi semata. Lebih kompak ketimbang CBR 250 RR. Keseluruhan ukuran Ninja 250 adalah 1.990 x 710 x 1.125 mm ( P x L x T). Disesuikan dengan jarak poros roda yang cuma 1.370 mm dan berat tubuh 167 kg. Sementara sektor kaki-kaki, dipersenjatai fork USD berdiameter 41 mm dan monoshock jenis Link Uni-Trak (depan-belakang).

Baca Juga: Kymco X-Town 250i, Lebih Pas Dibandingkan Honda Forza 250

Yamaha R25

Yamaha R25

Petarung kepunyaan pabrikan Garpu Tala ini tak bisa lepas dari daftar opsi sport fairing terlaris. Yamaha R25 termurah dijual Rp 61,665 juta. Lebih murah dari Ninja 250, meski agak mahal sedikit dibanding CBR 250 RR Black Freedom. Nilai jual utamanya terletak pada rancang desain bernuansa motor sport tulen.

Bila diperhatikan, motor rakitan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) punya bodi paling langsing. Aerodinamis, belum lagi soal sematan air scoop yang bersarang diantara dual headlamp. Padahal, dimensi 2.090 x 720 x 1.135 mm (P x L x T) itu tak lebih kecil dari Ninja 250. Pihak pabrikan meramu agar bobotnya paling pas. Versi non-ABS saja beratnya cuma 165 kg.

Racikan seperti memang ditujukan agar mudah dikendarai. Sama seperti Ninja, jangan harap ada fitur mode berkendara juga. Bobot ringan menjanjikan kemudahaan berbagai manuver. Dengan mesin DOHC dua silinder berkapasitas 249 cc, Yamaha R25 hanya sanggup melecutkan daya sebesar 36 Hp di 12.000 rpm. Torsi memang sedikit unggul lantaran sebesar 23,6 Nm/10.000 rpm. Tapi, selisih 0,1 Nm tidaklah signifikan terasa.

Varian tertinggi R25 masih masuk dalam level harga Rp 60 jutaan. Sangat masuk akal, dengan bujet Rp 68,125 juta Anda mendapatkan motor sport 250 cc sudah lengkap dengan ABS. Peranti yang hanya ada di CBR dan Ninja 250 tipe atas. (Ano/Odi)

Baca Juga: Untuk Mobilitas Harian, Pilih Honda CRF150L atau CBR150R?

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Bangkitkan Nilai Sejarah Balap, Yamaha Rilis XSR900 GP
    Bangkitkan Nilai Sejarah Balap, Yamaha Rilis XSR900 GP
    Anjar Leksana . 23 Apr, 2024
  • Ducati Indonesia Gelar Program Check-Up Gratis dan Diskon 70 persen Suku Cadang
    Ducati Indonesia Gelar Program Check-Up Gratis dan Diskon 70 persen Suku Cadang
    Zenuar Yoga . 23 Apr, 2024
  • Michelin Indonesia Gelar Safety Riding Class untuk Pengendara Perempuan
    Michelin Indonesia Gelar Safety Riding Class untuk Pengendara Perempuan
    Anindiyo Pradhono . 23 Apr, 2024
  • Honda Giorno+ 2024 Special Edition Bercorak Donald Duck
    Honda Giorno+ 2024 Special Edition Bercorak Donald Duck
    Anjar Leksana . 22 Apr, 2024
  • Aprilia SR-GT 200 Replica, Jadi Teman Liburan Asyik Berkat Ragam Keunggulannya
    Aprilia SR-GT 200 Replica, Jadi Teman Liburan Asyik Berkat Ragam Keunggulannya
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2024
  • Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Stylo 160, Siapa Unggul?
    Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Stylo 160, Siapa Unggul?
    Zenuar Yoga . 24 Apr, 2024
  • Update Motor Sport Yamaha 150 cc Pasca Lebaran 2024, Termurah Rp20 jutaan
    Update Motor Sport Yamaha 150 cc Pasca Lebaran 2024, Termurah Rp20 jutaan
    Zenuar Yoga . 22 Apr, 2024
  • Setelah Lebaran 2024 Mau Cari Skutik 125 cc Seharga Rp20 jutaan? Ini Pilihannya
    Setelah Lebaran 2024 Mau Cari Skutik 125 cc Seharga Rp20 jutaan? Ini Pilihannya
    Zenuar Yoga . 19 Apr, 2024
  • Pilihan Skutik Maxi dan Classy Yamaha Pascalebaran 2024
    Pilihan Skutik Maxi dan Classy Yamaha Pascalebaran 2024
    Zenuar Yoga . 18 Apr, 2024
  • Suka Jadi Perhatian? Ini Motor Ikonik Honda yang Layak Dipilih
    Suka Jadi Perhatian? Ini Motor Ikonik Honda yang Layak Dipilih
    Zenuar Yoga . 15 Apr, 2024
  • Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Zenuar Yoga . 16 Apr, 2024
  • Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Zenuar Yoga . 08 Apr, 2024
  • Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2024
  • Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 21 Mar, 2024
  • Biar Aman dan Nyaman di Jalan, Ini Tips Berkendara saat Berpuasa
    Biar Aman dan Nyaman di Jalan, Ini Tips Berkendara saat Berpuasa
    Zenuar Yoga . 20 Mar, 2024
  • Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Setyo Adi Nugroho . 08 Mar, 2024
  • First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    Bangkit Jaya Putra . 07 Feb, 2024
  • First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    Setyo Adi Nugroho . 04 Feb, 2024
  • First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    Anindiyo Pradhono . 01 Feb, 2024
  • Test Ride Harley-Davidson Pan America 1250 Special: Sang Penantang Baru di Segmen Tualang
    Test Ride Harley-Davidson Pan America 1250 Special: Sang Penantang Baru di Segmen Tualang
    Zenuar Yoga . 27 Okt, 2023