​Honda CBR1000RR Alami Down Spec di Amerika

TORRANCE, 24 Januari 2017 - Mengawali tahun 2017, Honda motor Amerika yang berbasis di Torrance, California melakukan serangkaian peluncuran koleksi motor terbarunya. The American Honda Motor (AHM) melansir setidaknya ada beberapa varian motor dari berbagai genre seperti, Rebel500, Africa Twin, CRF250 Rally dan Superbike andalannya CBR1000RR yang terbagi menjadi tiga pilihan. Khusus untuk varian motor bergenre superbike, CBR1000RR The America Honda Motor menghadirkan tiga varian dimana CBR1000RR SP2 menjadi varian paling atas setelah CBR1000RR SP1. Sementara, CBR1000RR diletakan diurutan yang paling buncit atau tipe terendah dari CBR1000RR series. Di Amerika, varian terendah motor berlogo kepakan sayap ini dibaderol dengan harga sekitar US$ 17 ribu. Dengan harga yang sangat terjangkau di kelas motor empat silinder in line, Honda CBR1000RR ternyata mengalami down specs. Penurunan material tidak meliputi mesin berkapasitas 1000 cc DOHC dengan performa terbaik di kelasnya. Diakui pihak The America Honda Motor Honda CBR1000RR merupakan varian terendah dan mengalami beberapa penyesuaian harga jual. Lalu apa sajakah penyesuaian tersebut? Seperti yang disadur dari situs www.motorcyclenews.com pihak Honda Amerika generasi 2017 kini tidak lagi menggunakan suspensi semi aktif atau adjustable di bagaian depan dan belakangnya. Jika sebelumnya CBR1000RR versi sebelumnya menggunakan suspensi kuning keemasan milik Ohlins, kini suspensi CBR1000RR 2017 hanya menggunakan suspensi milik Showa dengan pilihan warna hitam. Tidak hanya suspensi, warna rangka dan subframe model terbaru juga dilabur hanya dengan menggunakan warna hitam layaknya Honda CBR500RR. Dengan demikian motor yang kental dengan jiwa racing ini pun menjadi terlihat seperti motorsport biasa. Hal ini tentu sangat berbeda dengan dua varian lainnya yang lengkap dengan livery. Menariknya, sistem elektrikal tidak banyak berubah seperti 5-axis Inertial Measurement Unit (IMU) lengkap dengan sembilan tingkat Honda Selectable Torque Control traction control (HSTC). Kemudian, Power to weight ratio pun meningkat hingga 14 persen dibandingkan versi lamanya. Hal ini diyakini bobot motor yang berkurang sekitar 15 kilogram. Sedangkan tenaganya meningkat menjadi 10,7 Hp. Walau demikian, Honda CBR100RR, CBR100RR SP1 dan CBR100RR SP2 tetap mempertahankan handling terbaik dikelasnya. ANDHIKA KRESNA

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Alva Cervo X Resmi Meluncur dengan Teknologi Baterai Baru, Harga Rp44,9 Juta
    Alva Cervo X Resmi Meluncur dengan Teknologi Baterai Baru, Harga Rp44,9 Juta
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • Ini yang Bikin Yamaha Gear Ultima 125 Bisa Muat Banyak Barang
    Ini yang Bikin Yamaha Gear Ultima 125 Bisa Muat Banyak Barang
    Anjar Leksana . 22 Mei, 2025
  • TVS Motor Perkuat Posisi di Pasar EV ASEAN Lewat Integrasi ION Mobility
    TVS Motor Perkuat Posisi di Pasar EV ASEAN Lewat Integrasi ION Mobility
    Zenuar Yoga . 22 Mei, 2025
  • AHM Rilis Honda Gold Wing Edisi Spesial, Harga Lebih Mahal dari Accord
    AHM Rilis Honda Gold Wing Edisi Spesial, Harga Lebih Mahal dari Accord
    Anjar Leksana . 22 Mei, 2025
  • Motul GP Series Meluncur di Indonesia, Bawa Teknologi MotoGP ke Jalan Raya
    Motul GP Series Meluncur di Indonesia, Bawa Teknologi MotoGP ke Jalan Raya
    Zenuar Yoga . 21 Mei, 2025
  • New Yamaha R25 Lawan Honda CBR250RR, Siapa Lebih Unggul?
    New Yamaha R25 Lawan Honda CBR250RR, Siapa Lebih Unggul?
    Zenuar Yoga . 15 Mei, 2025
  • Honda Vario 160 ABS vs Stylo 160 ABS, Ini Perbedaan Fitur, Desain, dan Kelebihannya!
    Honda Vario 160 ABS vs Stylo 160 ABS, Ini Perbedaan Fitur, Desain, dan Kelebihannya!
    Zenuar Yoga . 14 Mei, 2025
  • Selisih Ratusan Ribu, Pilih Yamaha FreeGo Connected atau Fazzio Hybrid Lux?
    Selisih Ratusan Ribu, Pilih Yamaha FreeGo Connected atau Fazzio Hybrid Lux?
    Zenuar Yoga . 09 Mei, 2025
  • Pilih Skutik 125 cc Ideal: Yamaha Fazzio, Honda Vario 125, atau Suzuki Burgman Street 125EX?
    Pilih Skutik 125 cc Ideal: Yamaha Fazzio, Honda Vario 125, atau Suzuki Burgman Street 125EX?
    Zenuar Yoga . 28 Apr, 2025
  • Bujet Terbatas? Ini Pilihan Motor Murah yang Tetap Fungsional
    Bujet Terbatas? Ini Pilihan Motor Murah yang Tetap Fungsional
    Zenuar Yoga . 24 Apr, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Zenuar Yoga . 18 Mar, 2025
  • Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Alvando Noya . 10 Mei, 2024
  • Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Bangkit Jaya Putra . 04 Mar, 2025
  • First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025
  • First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    Bangkit Jaya Putra . 16 Jan, 2025
  • First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    Zenuar Yoga . 02 Jan, 2025