10 Data dan Fakta Renault Triber

Renault Triber

JAKARTA -- Tak mau kalah dengan pabrikan lain, Renault mengusung Triber sebagai andalan di segmen Low MPV. Tak hanya tampilan, Triber juga menggoda pasar dengan harga menarik. Anda bisa miliki dengan harga mulai Rp 166,9 jutaan.

Banderol itu terbilang terjangkau dengan segala penawaran yang ia miliki. Bahkan, beberapa fitur atau kelengkapannya, hanya bisa ditemukan pada kendaraan di atas Rp 300 jutaan.

Apa saja fakta menarik dari Triber, berikut rangkumannya.

1. Ada 3 Varian

Renault Indonesia menyajikan tiga pilihan varian bagi konsumen. RXL adalah trim paling rendah, pilihan menengah RXT dan yang terlengkap fiturnya, RXZ. Semuanya menggunakan skema mesin sama, 1,0 liter 3-silinder dengan transmisi hanya manual 5-percepatan dan skema penggerak roda depan (FWD).

Baca juga: Tiga Varian Renault Triber, Mana yang Paling Oke?

Renault Triber

2. Dapat 7-Seater dan 5-Seater

Ini adalah salah satu fakta paling menarik dari Triber. Jika di mobil lain Anda hanya mendapatkan konfigurasi 5, atau 7 bangku penumpang, tak demikian dengan Triber. Sejatinya, ia disajikan dalam format 7 kursi, namun dua bangku paling belakang (baris ketiga), selain bisa dilipat, juga bisa dilepas. Ya betul, dilepas sepenuhnya dan Anda tinggal di rumah jika tidak digunakan, lalu mobil pun jadi 5-seater dengan bagasi sangat luas. Prosesi melepasnya pun tak memerlukan alat bantu, mekanismenya memungkinkan kursi dibongkar pasang dengan mudah layaknya jok motor.

3. Harga Terjangkau

Variabel ini perlu kami sampaikan, karena dengan segala keunggulannya, MPV 7-seater ini hanya dibanderol jauh di bawah Rp 200 juta. Rp 166,9 juta (RXL MT), Rp 172,9 juta (RXT MT) dan Rp 179,9 juta (RXZ MT). Oke, mesinnya memang terbatas, cuma 1,0 liter, tapi untuk penggunaan perkotaan dan weekend traveling ke medan ringan, tentu bukan soal.

4. LMPV dengan Sentuhan SUV

Faktanya ia adalah LMPV, dengan segala formatnya. Toh ia tak bisa diajak menjelajah berat seperti SUV sejati. Walau disiapkan sebagai mobil keluarga, desainer Renault berbaik hati menyajikan konsep tampilan yang gagah bak Crossover SUV. Side moulding di atas roda, paras yang gagah, hingga roof rail fungsional, serta skid plate khas SUV, sudah jadi paket standar.

Baca juga: Menimbang Seberapa Cocok Renault Triber untuk Pasar Indonesia

Renault Triber

5. Mesin 1.0 liter

Ya, pahami betul kapasitas mesin saat membeli Renault Triber. Mobil bikinan India ini menggendong unit 3-silinder 1,0 liter. Meski terlihat sederhana, namun jantung pacu tenaga ini sudah disandingkan dengan fitur Dual VVT, yang akan mengatur bukaan klep agar sesuai dengan kondisi pengendaraan. Total produksi tenaga mencapai 72 PS dengan torsi 96 Nm.

6. Transmisi Manual dan AMT

Saat ini, Triber dijual dengan transmisi manual 5-percepatan, artinya opsi otomatis memang belum tersedia. Namun, hal itu bukan berarti tak ada atau tak akan ada. Pasalnya, pihak Agen Pemegang Merek (APM) Maxindo Renault Indonesia (MRI) sudah berkomitmen untuk meniagakan juga versi tanpa pedal kopling. Karena COVID-19 dan lain hal, distribusi pun terhambat dan penjualan tipe otomatis mundur. Jika jadi dijual, format girboksnya adalah AMT, alias Automated Manual Transmission. Girboks jenis ini merupakan transmisi otomatis paling mudah perawatannya.

7. AC Tiga Baris

Peranti pendingin penjaga kenyamanan penumpang (AC), tersedia hingga baris ketiga pada kabin Renault Triber. Hal ini dimungkinkan karena ventilasi tersedia untuk tiap baris. Penempatannya pun unik, untuk penumpang baris dua, ada di pilar A. Sedangkan baris tiga diberikan ventilasi via plafon. Asyiknya, konfigurasi ini tersedia bahkan dari tipe terendah seharga Rp 166,9 juta.

Renault Triber interior

8. Ada Kulkas!

Betul, ada konsol penyimpanan dengan pendingin yang disiapkan pada kabin Renault Triber. Meksi bukan kulkas dengan mesin khusus layaknya mobil mewah, setidaknya ventilasi dari AC sudah cukup untuk menjaga agar suhu minuman Anda tetap dingin. Kerennya, konsol dengan pendingin (konsol tengah) ini tersedia sejak varian terendah (RXL), bahkan untuk varian RXT dan RXZ, jumlahnya ada dua buah, konsol tengah dan lower glove box.

9. 4 Airbag

Airbag-nya bukan satu, bukan dua, bahkan empat buah tersedia untuk menambah perlindungan bagi penumpang dan pengemudi saat kecelakaan terjadi. Selain airbag setir dan dashboard, ada juga airbag di sisi luar kursi depan. Jumlah 4 buah kantung udara pengaman ini bisa Anda dapat pada Renault Triber RXZ dengan banderol Rp 179,9 juta.

10. Panel Instrumen Full Digital

Jarum analog sama sekali tidak ada pada panel instrumen Renault Triber. Meter cluster bensin, suhu mesin dan putaran mesin (RPM) berbentuk lampu digital batang. Mengapit dua meter itu, adalah Multi Information Display digital monokromatik. Kecepatan, tripmeter, beragam informasi pengendaraan tersaji di sana. Kombinasi ini jarang ditemukan pada mobil dengan harga di bawah Rp 200 bahkan Rp 300 juta. (Van)

Model Mobil Renault

Mobil Renault
  • Renault Triber
    Renault Triber
  • Renault KWID
    Renault KWID
  • Renault Kiger
    Renault Kiger
  • Renault Koleos
    Renault Koleos

Don't Miss

Baca Semua

Artikel Unggulan

Mobil Renault Unggulan

Tren MPV

  • Yang Akan Datang