Alasan Roda Mobil Punya Jumlah Baut Berbeda

ban hankook

Kalau Anda perhatikan roda mobil, coba hitung ada berapa baut yang menopang. Perhatikan lagi jumlah di mobil yang beda model, bisa saja jumlahnya berbeda. Ternyata sebabnya tak sesederhana untuk menyesuaikan dengan jenis kendaraan semata. Para insinyur punya perhitungan matang untuk menentukan komponen ini.

Namanya adalah pola baut (bolt pattern) dan deskripsinya dalam jumlah baut terpasang beserta diameter lingkar posisi baut (Pitch Circle Diameter - PCD). Misal, PCD 4 x 100 mm, artinya ada empat baut yang diposisikan dengan diameter 100 mm. Jumlah bautnya sendiri, biasanya ditentukan pabrikan lantaran ukuran/bobot kendaraan, juga performanya.

Ukuran itu pada dasarnya dirancang menyesuaikan bobot kendaraan demi keamanan dan keselamatan berkendara. Agar distribusi bobot terbagi merata saat roda memutar, maka disesuaikanlah jumlah dan jaraknya. Performa kendaraan pun akan memberikan beban berbeda saat bergerak, sehingga seringkali ditemukan ukuran PCD berbeda di mobil yang sama namun paket performa lebih tinggi.

Baca Juga: Kualitas Ban Michelin Dijamin Tetap Terjaga Meski Tanpa Bungkus Plastik

falkentyre.com

Mobil-mobil mini atau teramat kecil seperti Smart ForTwo, Renault Kwid, hanya menggunakan 3 baut di tiap rodanya dengan diameter 112,5 (Smart ForTwo), jadi disebut PCD 3 x 112,5 mm. Beda lagi dengan Smart ForFour yang punya tenaga berlebih, ia pakai 4 x 114,3 mm. Model-model kendaraan city car hingga MPV di Indonesia, dengan mesin 1,2 liter - 1,5 liter, rata-rata memakai PCD 4 x 100 mm.

Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, mobil berjenis MPV bermesin 1,3-1,5 liter dengan tugas mengangkut 7 penumpang disiapkan dengan roda berspesifikasi PCD 4 x 114,3 mm. Meski sekelas, Mitsubishi Xpander dan Suzuki Ertiga malahan pakai baut 5 dengan diameter PCD serupa.

Jika Anda memilih untuk mengganti pelek, pastikan ukuran PCD sama seperti sebelumnya. Jika tidak, tentu pelek tak bisa dipasang. Walau demikian, ada saja modifikator yang berani mengganti atau mengubah PCD pada mobilnya mengikuti dengan pelek baru.

Kenapa Mobil F1 Cuma 1 Baut?

Jika teorinya atas dasar bobot dan performa, lantas mengapa mobil F1 hanya menggunakan satu baut pada tiap roda? Bukan berarti tak berlaku, namun mobil balap F1 memang dirancang bukan dengan keselamatan dan keamanan berkendara di atas segalanya. Bagi olahraga ini, waktu cepat adalah prioritas utama.

Semakin banyak baut yang dipakai, maka bertambah pula waktu yang dibutuhkan untuk mengganti roda ketika dibutuhkan. Karena itu diciptakanlah metode penggunaan satu baut agar penggantian roda bisa cepat. Bayangkan, pada era modern hanya butuh waktu tak lebih dari 2 detik untuk mengganti keempat roda F1. (Van/Odi)

Sumber: Speedywheel

Baca Juga: Kelangkaan Chip Semikonduktor Menyebabkan Produksi Mobil Terganggu

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • Ini Daftar Mobil Konsep Pencuri Perhatian di Japan Mobility Show 2025
    Ini Daftar Mobil Konsep Pencuri Perhatian di Japan Mobility Show 2025
    Setyo Adi . Hari ini
  • Isuzu Perkenalkan Vertical Core Cycle Concept: Kendaraan Modular Masa Depan di JMS 2025
    Isuzu Perkenalkan Vertical Core Cycle Concept: Kendaraan Modular Masa Depan di JMS 2025
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • 70mai Buka Toko Offline Pertama di Jakarta, Hadir Lebih Dekat dengan Konsumen
    70mai Buka Toko Offline Pertama di Jakarta, Hadir Lebih Dekat dengan Konsumen
    Setyo Adi . Hari ini
  • Suzuki Tingkatkan Semangat Digitalisasi, Kenalkan Logo dan Slogan Baru
    Suzuki Tingkatkan Semangat Digitalisasi, Kenalkan Logo dan Slogan Baru
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Bos Teknis Daihatsu Jepang Jelaskan Keunggulan Teknologi Rocky e-Smart Hybrid
    Bos Teknis Daihatsu Jepang Jelaskan Keunggulan Teknologi Rocky e-Smart Hybrid
    Editorial . 03 Nov, 2025

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Efek BBM Langka, Amankah Nissan e-Power Pakai Bensin Kualitas Buruk?
    Efek BBM Langka, Amankah Nissan e-Power Pakai Bensin Kualitas Buruk?
    Wahyu Hariantono . Hari ini
  • Harga J5 EV Murah, Strategi Jaecoo Bangun Kepercayaan Masyarakat
    Harga J5 EV Murah, Strategi Jaecoo Bangun Kepercayaan Masyarakat
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • Toyota Tampilkan Interpretasi Van Serbaguna Masa Depan di JMS 2025
    Toyota Tampilkan Interpretasi Van Serbaguna Masa Depan di JMS 2025
    Anindiyo Pradhono . Hari ini
  • Jetour Resmikan Diler Baru di Kota Bekasi dengan Konsep 4S
    Jetour Resmikan Diler Baru di Kota Bekasi dengan Konsep 4S
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Meluncur 2027, Baterai Mobil Listrik Zero Alpha Bakal Dibuat di Indonesia
    Meluncur 2027, Baterai Mobil Listrik Zero Alpha Bakal Dibuat di Indonesia
    Bangkit Jaya Putra . Hari ini
  • 7 Mobil Konsep Paling Menarik Perhatian di JMS 2025
    7 Mobil Konsep Paling Menarik Perhatian di JMS 2025
    Setyo Adi Nugroho . 03 Nov, 2025
  • Menelusuri Sejarah Dimulainya Kendaraan Suzuki di Dunia, dari Mesin Tenun hingga Mobil Modern
    Menelusuri Sejarah Dimulainya Kendaraan Suzuki di Dunia, dari Mesin Tenun hingga Mobil Modern
    Zenuar Yoga . 31 Okt, 2025
  • Ketangguhan Ladder Frame di Mitsubishi Pajero Sport, Siap Hadapi Medan Berat dan Jalanan Kota
    Ketangguhan Ladder Frame di Mitsubishi Pajero Sport, Siap Hadapi Medan Berat dan Jalanan Kota
    Ardiantomi . 31 Okt, 2025
  • Belajar Sejarah Daihatsu di Humobility World Jepang, dari Pertanian ke Mobil
    Belajar Sejarah Daihatsu di Humobility World Jepang, dari Pertanian ke Mobil
    OTO . 31 Okt, 2025
  • Mitsubishi Destinator Tak Gentar Hadapi Musim Hujan, Berkat Fitur-fitur Ini!
    Mitsubishi Destinator Tak Gentar Hadapi Musim Hujan, Berkat Fitur-fitur Ini!
    Ardiantomi . 30 Okt, 2025
  • Beberapa Langkah Perawatan Aki di Kendaraan Elektrifikasi
    Beberapa Langkah Perawatan Aki di Kendaraan Elektrifikasi
    Setyo Adi Nugroho . 25 Okt, 2025
  • Memasuki Musim Hujan, Waspada Risiko Aquaplaning Saat Berkendara
    Memasuki Musim Hujan, Waspada Risiko Aquaplaning Saat Berkendara
    Setyo Adi Nugroho . 16 Okt, 2025
  • Benarkah Melihat Penyakit Mobil Bisa Dilihat dari Warna Asap Knalpot Saja?
    Benarkah Melihat Penyakit Mobil Bisa Dilihat dari Warna Asap Knalpot Saja?
    Anjar Leksana . 14 Okt, 2025
  • Bingung Servis Mobil Berdasarkan Waktu atau Jarak Tempuh? Ini Penjelasannya
    Bingung Servis Mobil Berdasarkan Waktu atau Jarak Tempuh? Ini Penjelasannya
    Anjar Leksana . 08 Okt, 2025
  • Waspada Berburu Mobil Seken Murah, Ini Cara Cek Unit Bekas Tabrakan
    Waspada Berburu Mobil Seken Murah, Ini Cara Cek Unit Bekas Tabrakan
    Anjar Leksana . 01 Okt, 2025
  • Test Drive Jaecoo J5 EV: SUV Listrik Nyaman, Torsi Instan, dan Konsumsi Daya Super Irit
    Test Drive Jaecoo J5 EV: SUV Listrik Nyaman, Torsi Instan, dan Konsumsi Daya Super Irit
    Setyo Adi Nugroho . 30 Okt, 2025
  • Road Test Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: SUV Keluarga Modern yang Siap Menjelajah Jarak Jauh
    Road Test Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: SUV Keluarga Modern yang Siap Menjelajah Jarak Jauh
    Muhammad Hafid . 23 Okt, 2025
  • Road Test GWM Ora 03: EV Funky Cocok untuk Anak Muda
    Road Test GWM Ora 03: EV Funky Cocok untuk Anak Muda
    Wahyu Hariantono . 22 Okt, 2025
  • First Drive GWM Tank 300 Diesel: Nyaman di Aspal, Galak di Medan Berat
    First Drive GWM Tank 300 Diesel: Nyaman di Aspal, Galak di Medan Berat
    Muhammad Hafid . 17 Okt, 2025
  • First Drive Chery Tiggo 9 CSH AWD: SUV Keluarga Berjiwa Kencang!
    First Drive Chery Tiggo 9 CSH AWD: SUV Keluarga Berjiwa Kencang!
    Anjar Leksana . 15 Okt, 2025