Honda HR-V akhirnya berganti model. Mengakhiri perjalanan generasi kedua yang dijual sejak 2015 lalu. Generasi ketiga kali ini mengalami perubahan total. Desain anyar mengikuti versi Jepang dan Eropa, ditambah varian tertinggi bermesin turbo plus Honda Sensing di setiap trim.
PT Honda Prospect Motor (HPM) menjajakan 4 varian. Istimewanya, semua sudah dilengkapi paket fitur keselamatan Honda Sensing. Ya, tersedia sejak tipe paling murah. Isinya antara lain, Collision Mitigation Braking System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation System (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC) dengan Low SpeedFollow, Auto-High Beam, dan Lead Car Departure Notification System (LCDN).
Lebih detail soal perbedaan antarvarian, simak penjelasan singkat berikut ini.
Tipe S tetap menjadi varian terendah untuk All New Honda HR-V. Namun kali ini tidak ada lagi opsi transmisi manual, cuma ada CVT. Harganya pun menari, hanya naik sedikit dibanding model lama. Mesinnya baru, sama seperti juga di City Hatchback, City sedan dan BR-V. Menggendong mesin L15ZF 4-silinder 1,5-liter DOHC i-VTEC. Tenaga dihasilkan sebesar 121 PS di putaran 6.600 rpm dengan torsi 145 Nm di 4.300 rpm. Daya tersalur ke roda depan melalui transmisi CVT plus paddle shift.
Meski tipe paling bawah, bukan berarti kelengkapannya minim. Dari luar bisa dibedakan dari warna grille hitam, spion dan gagang pintu sewarna bodi. Tapi penerangan sudah Full LED dengan Daytime Running Light LED juga. Lampu belakang tampak mewah bergaya 3D Effect.
Interior juga terlihat mewah. Pengemudi disuguhkan meter cluster TFT ukuran 4,2-inci. Kenyamanan penumpang terjaga berkat Auto AC, Air Diffusion Outlet, Driver Seat Height Adjuster, Hands-Free & audio steering switch. Hiburan berasal dari monitor layar sentuh 7-inci lengkap dengan koneksi Bluetooth, voice command dan smartphone connection pakai kabel untuk mirroring.
Fitur keselamatan pantas disebut terlengkap di kelasnya. Selain Honda Sensing, peranti standarnya terdiri dari ABS + EBD + BA, EPB + ABH, Vehicle Stability Assist, Hill Start Assist, Hill Descent Control, Emergency Stop Signal, 4 Airbags, Rear Parking Sensor, Immobilizer, Alarm System, Rear Seat Reminder, Rear Parking Camera, ECO Assist, Walk-Away Auto Lock dan Auto Door Lock by Speed.
Baca Juga: Rilis di Thailand, All New Honda HR-V RS 2022 Hanya Ada Opsi Hybrid
Naik sedikit ke trim 1.5L E sebagai varian menengah. Dari luar, bisa dikenali dari grille sewarna bodi plus garnish silver di bemper. Spion samping bisa dilipat secara elektrik dan mulai tipe ini ada fitur Remote Engine Start untuk menyalakan mesin dari jauh.
Di dalam penumpang disambut kursi dilapisi campuran kulit dan fabric. Penumpang belakang diberikan ventilasi AC serta tambahan arm rest dengan cup holder. Tidak ada perbedaan dari sisi mesin, transmisi, sampai fitur keselamatan.
Varian Special Edition sudah ada di model facelift HR-V generasi lalu. Lebih tepatnya mendapat banyak tambahan fitur yang tersedia di trim 1.8L Prestige. Begitu pula di model terbaru ini dengan menambahkan fitur kenyamanan dan kemewahan untuk Honda HR-V 1.5L E. Kelengkapan yang sudah ada ditingkatkan lagi dari sisi visual dan fungsional. Seperti pakai pelek 18-inci, diberikan fog lamp LED, sequential LED Turning Signal serta Panoramic Glass Roof
Kabinnya makin mewah. Panel power window pakai gaya piano black, ketambahan vanity mirror with lamp dan fitur Honda LaneWatch, Electrostatic Touch LED Map Light hingga Multi-Angle Rear View Camera. Monitor layar sentuh diperbesar ukuran 8-inci. Punya fungsi lebih banyak yaitu WebLink.
Beranjak ke kasta tertinggi. Harga nyaris menyentuh setengah miliar tentu menyajikan sensasi lebih berkelas. Namun penyajian trim RS di HR-V baru menyasar ke performa berkendara hebat. Honda melesakkan Enjin 1,5-liter VTEC yang diinduksi turbocharger. Alhasil mendongkrak daya signifikan melebihi mesin 1,8-liter naturally aspirated di trim Prestige dulu. Tenaga didapat sebesar 177 PS di putaran 6.000 rpm dan torsi maksimal 240 Nm di 1.700-4.500 rpm. Terdapat mode berkendara (Sport, Norma, ECON) untuk disesuaikan kondisi serta kebutuhan berkendara.
Tampilannya berbeda, menyiratkan karakter sporty sebagai ciri trim Honda RS. Paling gampang dikenali dari desain grille plus logo RS di pojok bawah. Berikut sematan RS Aero Kit yang untungnya tidak terlalu ramai. Potensi mesin kencang pun tergambar kala menengok buritan. Dua lubang knalpot menghias di setiap sudut.
Aura kabin juga berbeda. Kental gaya sporty lewat dominasi warna hitam beserta balutan kulit beraksen merah. Layar meter cluster TFT dibuat lebih besar ukuran 7-inci. Jumlah airbag ditambah jadi 6 titik, lalu ada fitur kenyamanan berupa power Hands-Free Access Power Tailgate + Walk-Away Close. (Odi)
Baca Juga: Honda Luncurkan All New HR-V 2022, Sekarang Ada Varian RS Bermesin Turbo
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.