All New Hyundai Kona Electric Pakai Baterai Buatan Lokal

Hyundai Kona Electric

Hyundai Kona EV resmi jadi mobil listrik pertama yang menggunakan baterai produksi dalam negeri. Menggunakan hasil produksi dari fasilitas pabrik sel baterai mobil listrik terbesar di Asia Tenggara PT Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power di Karawang New Industry City (KNIC), Jawa Barat.

Euisun Chung, Executive Chairman Hyundai Motor Group dalam sambutannya mengungkapkan Kona EV menjadi yang pertama menggunakan baterai produksi pabrik HLI Green Power. Penyelesaian fasilitas pabrik ini menjadi sumber kebahagiaan dan bukti kemajuan serta kolaborasi antara Hyundai dan Indonesia.

"Kolaborasi ini menegaskan kembali bahwa dengan bekerja sama, Hyundai dan Indonesia dapat membentuk masa depan ekosistem EV, tidak hanya di Asia tapi di seluruh dunia," ucap Chung.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan tingkat komponen dalam negeri pada kendaraan listrik Hyundai meningkat pesat. Ini tidak lepas dari penggunaan baterai produksi dalam negeri yang sudah digunakan oleh Kona EV.

"Kona EV nilai TKDN Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) yang awalnya 40 persen, naik jauh lebih tinggi menjadi 80 persen. Ini merupakan langkah awal untuk mendorong nilai tambah dari industri dalam negeri," ucap Luhut.

Dalam peresmian fasilitas pabrik yang sama, Presiden Joko Widodo meluangkan waktu untuk menandatangani sebuah unit Kona EV. Unit berwarna putih ini mengingatkan pada upacara serupa yang terjadi beberapa tahun lalu ketika Hyundai meresmikan pabrik produksi kendaraan mereka, di mana saat itu Jokowi menandatangani sebuah Ioniq 5.

Spek All New Kona Electric

Hyundai Kona Electric

Kehadiran Kona EV telah diumumkan sejak awal tahun ini, khususnya di stan Hyundai selama Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024. Hyundai berencana menjual SUV listrik ini dengan harga yang kompetitif, sekitar Rp500 jutaan, untuk melengkapi jajaran produk EV mereka yang sudah termasuk Ioniq 5 dan Ioniq 6 yang lebih mahal.

All New Kona berukuran panjang 4.350 mm, lebar 1.825 mm, dan tinggi 1.575 mm. Kendaraan ini memiliki koefisien drag yang lebih rendah, yaitu 0,27 Cd, yang dicapai melalui desain aerodinamis dan penerapan bahasa desain terbaru Hyundai pada model terbarunya. Fitur-fiturnya mencakup lampu utama di bumper dan daytime running light yang berupa strip selebar bodi, serupa dengan Stargazer dan Staria.

Di IIMS 2024, model yang ditampilkan memiliki interior dengan material kulit soft-touch, dilengkapi dengan layar head unit dan panel instrumen digital yang keduanya berukuran 12,3 inci dan terintegrasi. Desain dashboardnya mengingatkan pada Ioniq 5, tetapi Kona EV tampak lebih kompak dan minimalis.

Dalam hal performa, terdapat dua varian. Varian Standard Range menawarkan jarak tempuh 370 km dengan baterai 48,6 kWh, yang menggerakkan motor listrik beroutput 132 hp dan torsi maksimum 255 Nm. Di sisi lain, varian Long Range mampu menempuh hingga 420 km dengan baterai 64,8 kWh, dan motor listrik yang menghasilkan 201 hp serta torsi 255 Nm. Kedua varian ini mendukung pengisian cepat DC, yang memungkinkan pengisian dari 10% hingga 80% hanya dalam waktu 43 menit.

Fitur Hyundai Smart Sense tentunya tersedia, mencakup teknologi seperti Adaptive Cruise Control, Blind Spot Monitoring, Lane Keeping Assist, dan sistem pengereman otomatis darurat.

Pemesanan Kona EV saat ini telah dibuka, dengan peluncuran resmi yang dijadwalkan pada GIIAS 2024 yang akan berlangsung bulan ini. Baterai yang diproduksi di Karawang ini berpotensi digunakan untuk model EV Hyundai lainnya di masa yang akan datang, membuka peluang kehadiran produk EV yang lebih terjangkau dari produsen Korea Selatan ini.

Komitmen Hyundai

Hyundai Kona Electric

Hyundai Motor Group berkomitmen untuk mengoptimalkan potensi rantai produksi kendaraan listrik (EV) dan akan menggunakan sel baterai yang diproduksi oleh PT HLI Green Power secara lokal. Sel-sel ini akan dirakit menjadi paket baterai oleh PT Hyundai Energy Indonesia dan akan digunakan dalam Hyundai Kona Electric yang diproduksi di Indonesia. Pabrik tersebut direncanakan akan memproduksi hingga 50.000 Battery System Assemblies (BSA) untuk kendaraan listrik baterai (BEV) setiap tahunnya.

Pabrik-pabrik ini akan mendukung PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI), yang sudah memproduksi IONIQ 5, kendaraan listrik pertama yang diproduksi secara lokal di Indonesia. Dengan fasilitas ini, kapasitas produksi EV diharapkan meningkat menjadi 70.000 unit tahun ini, dengan total kapasitas produksi mencapai 150.000 unit per tahun.

Hyundai juga berupaya memudahkan akses pengisian daya dengan membangun lebih dari 240 stasiun pengisian daya, termasuk Stasiun Pengisian Ultra Cepat yang merupakan yang tercepat di Indonesia. Hyundai juga telah mengimplementasikan sistem daur ulang untuk baterai EV yang telah mencapai akhir masa pakainya, yang dikenal sebagai Used Battery Energy Storage System (UBESS). Sistem ini mendaur ulang baterai bekas menjadi unit penyimpanan energi, yang berpotensi membantu distribusi energi ke wilayah terpencil.

Terletak di Karawang, Jawa Barat, fasilitas berteknologi tinggi ini adalah pabrik sel baterai EV pertama dan terbesar di Asia Tenggara, dengan kapasitas produksi 10 GWh per tahun. Investasinya sebesar Rp13,5 triliun dan menempati lahan seluas 319.000 meter persegi, fasilitas ini menunjukkan komitmen Hyundai Motor Group dalam mengembangkan ekosistem EV di Indonesia dan menciptakan lapangan kerja untuk masyarakat setempat. (Sta)

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Sel Baterai Hyundai dan LG

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • Sempurnakan Aftersales, Hyundai Sediakan Pengantaran Same Day Untuk Spare Parts
    Sempurnakan Aftersales, Hyundai Sediakan Pengantaran Same Day Untuk Spare Parts
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • TEST DRIVE: Ferrari 296 Speciale, Puncak Evolusi Performa V6 Hybrid
    TEST DRIVE: Ferrari 296 Speciale, Puncak Evolusi Performa V6 Hybrid
    Wahyu Hariantono . Hari ini
  • Red Bull dan Honda Resmi Berpisah, Akhiri Kerjasama Delapan Musim di Formula 1
    Red Bull dan Honda Resmi Berpisah, Akhiri Kerjasama Delapan Musim di Formula 1
    Wahyu Hariantono . Hari ini
  • KALEIDOSKOP 2025: Merek Otomotif Asal Cina Terpopuler di Indonesia
    KALEIDOSKOP 2025: Merek Otomotif Asal Cina Terpopuler di Indonesia
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • Daimler Gelar Mercedes-Benz Bus Year-End Rescue 2025: Layanan Gratis Selama Libur Nataru
    Daimler Gelar Mercedes-Benz Bus Year-End Rescue 2025: Layanan Gratis Selama Libur Nataru
    Anjar Leksana . Hari ini

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Bukan Cuma Irit BBM, 5 Alasan Ini Bikin Toyota Veloz Hybrid Jadi Opsi Menarik buat Road Trip
    Bukan Cuma Irit BBM, 5 Alasan Ini Bikin Toyota Veloz Hybrid Jadi Opsi Menarik buat Road Trip
    Bangkit Jaya Putra . Hari ini
  • Jadwal Contraflow di Tol Cikampek dan Jagorawi Jelang Libur Nataru
    Jadwal Contraflow di Tol Cikampek dan Jagorawi Jelang Libur Nataru
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • Lamborghini Temerario Dipastikan Masuk Indonesia Tahun Depan, Penantang Serius Ferrari 296 GTB
    Lamborghini Temerario Dipastikan Masuk Indonesia Tahun Depan, Penantang Serius Ferrari 296 GTB
    Wahyu Hariantono . 22 Des, 2025
  • Xpeng Petik Hasil Manis di 2025, Siap Sambut Tantangan Tahun Depan
    Xpeng Petik Hasil Manis di 2025, Siap Sambut Tantangan Tahun Depan
    Setyo Adi Nugroho . 22 Des, 2025
  • Nissan Perkenalkan Gravite, Rival Suzuki Ertiga untuk Pasar India
    Nissan Perkenalkan Gravite, Rival Suzuki Ertiga untuk Pasar India
    Setyo Adi Nugroho . 22 Des, 2025
  • Review Kabin Volkswagen ID.Buzz Bozz Edition: Definisi Kemewahan 'Silent Luxury' untuk Para Bos
    Review Kabin Volkswagen ID.Buzz Bozz Edition: Definisi Kemewahan 'Silent Luxury' untuk Para Bos
    Anindiyo Pradhono . Hari ini
  • Kijang Lovers, Pilih Toyota Kijang Innova 2.4 Diesel atau Zenix 2.0 G CVT?
    Kijang Lovers, Pilih Toyota Kijang Innova 2.4 Diesel atau Zenix 2.0 G CVT?
    Anjar Leksana . Hari ini
  • 5 Merek Mobil Baru yang Ramaikan Pasar Indonesia Sepanjang 2025
    5 Merek Mobil Baru yang Ramaikan Pasar Indonesia Sepanjang 2025
    Anjar Leksana . 22 Des, 2025
  • 5 Hal yang Bikin Kijang Innova Reborn 2.4 Diesel Masih Laku di Indonesia
    5 Hal yang Bikin Kijang Innova Reborn 2.4 Diesel Masih Laku di Indonesia
    Anjar Leksana . 19 Des, 2025
  • Mengenal Ford Everest Sport, Varian Paling Terjangkau dengan Karakter Premium
    Mengenal Ford Everest Sport, Varian Paling Terjangkau dengan Karakter Premium
    Muhammad Hafid . 18 Des, 2025
  • Jelang Libur Akhir Tahun, Simak Tips Maksimalkan Bepergian dengan Mobil Hibrida
    Jelang Libur Akhir Tahun, Simak Tips Maksimalkan Bepergian dengan Mobil Hibrida
    Setyo Adi Nugroho . 19 Des, 2025
  • Beberapa Langkah Perawatan Aki di Kendaraan Elektrifikasi
    Beberapa Langkah Perawatan Aki di Kendaraan Elektrifikasi
    Setyo Adi Nugroho . 25 Okt, 2025
  • Memasuki Musim Hujan, Waspada Risiko Aquaplaning Saat Berkendara
    Memasuki Musim Hujan, Waspada Risiko Aquaplaning Saat Berkendara
    Setyo Adi Nugroho . 16 Okt, 2025
  • Benarkah Melihat Penyakit Mobil Bisa Dilihat dari Warna Asap Knalpot Saja?
    Benarkah Melihat Penyakit Mobil Bisa Dilihat dari Warna Asap Knalpot Saja?
    Anjar Leksana . 14 Okt, 2025
  • Bingung Servis Mobil Berdasarkan Waktu atau Jarak Tempuh? Ini Penjelasannya
    Bingung Servis Mobil Berdasarkan Waktu atau Jarak Tempuh? Ini Penjelasannya
    Anjar Leksana . 08 Okt, 2025
  • Test Drive Bentley Continental GT PHEV: Grand Tourer Atletis Memasuki Era Elektrifikasi
    Test Drive Bentley Continental GT PHEV: Grand Tourer Atletis Memasuki Era Elektrifikasi
    Wahyu Hariantono . 04 Des, 2025
  • Test Drive Wuling Darion PHEV: MPV Keluarga Irit, Bisa Tempuh 1.200 Km Tanpa Isi Ulang!
    Test Drive Wuling Darion PHEV: MPV Keluarga Irit, Bisa Tempuh 1.200 Km Tanpa Isi Ulang!
    Ardiantomi . 20 Nov, 2025
  • Test Drive Offroad Chery J6T: Traksi Brutal iWD Tembus Batu, Lumpur, dan Genangan Dalam
    Test Drive Offroad Chery J6T: Traksi Brutal iWD Tembus Batu, Lumpur, dan Genangan Dalam
    Muhammad Hafid . 17 Nov, 2025
  • First Drive All New Honda Prelude: Senyaman Civic Hybrid, Sestabil Type R!
    First Drive All New Honda Prelude: Senyaman Civic Hybrid, Sestabil Type R!
    Bangkit Jaya Putra . 10 Nov, 2025
  • First Drive Changan Lumin L DC: Proporsional untuk Mobilitas Harian di Kota
    First Drive Changan Lumin L DC: Proporsional untuk Mobilitas Harian di Kota
    Anjar Leksana . 07 Nov, 2025