Astra Daihatsu Motor Capai Produksi Tujuh Juta Unit

Daihatsu pabrik

Produksi tujuh juta unit sebuah prestasi besar bagi pabrikan otomotif. Itu dicapai oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) setelah memulai operasional pabrik sejak 1978. Sebuah pencapaian tersendiri di tengah pandemi Covid-19 yang membuat penjualan mobil mengalami penurunan.

“Pencapaian produksi ke-7 juta unit merupakan momentum penting bagi ADM, terlebih di tengah kondisi pandemi hingga saat ini. Daihatsu terus berkomitmen dalam memenuhi kebutuhan pelanggan dengan menyediakan produk terbaik sesuai permintaan dengan standar kualitas global,” ujar Kurniawan Rahardono, Executive Officer PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dalam jumpa pers (20/8).

Sedikit belajar sejarah, ADM baru mencapai produksi 1 juta unit dalam waktu 27 tahun yakni pada 2005 lalu. Selanjutnya produksi terus bertambah dengan capaian 2 juta unit pada 2010, 3 juta unit pada 2013, 4 juta unit pada 2015 dan 5 juta unit pada 2017, yang dicapai dalam selang waktu dua tahun. Produksi ke 6 juta unit tercapai 2019 dan pada Juli 2021 di tengah pandemi Covid-19, ADM berhasil mencapai produksi 7 juta unit.

Pencapaian produksi tujuh juta unit ini tidak lepas dari pembangunan pabrik untuk produksi di Sunter dan Karawang yang memiliki total kapasitas hingga 530.000 unit per tahun. Dampaknya, dalam 5 tahun terakhir kontribusi rata-rata Daihatsu mencapai 40 persen dari wholesale pasar mobil domestik.

 

Baca Juga: Penerus Perodua Alza Diperkirakan Muncul Akhir Tahun, Apakah Calon Avanza-Xenia Terbaru?

Daihatsu Pabrik

Selain pembangunan pusat produksi, hal yang dilakukan Daihatsu adalah menerapkan inovasi pada pabrik. Inovasi seperti penerapan digitalisasi dengan control system 100 persen yang mencakup integrated order & receiving system, smart warehousing, dan GPS delivery tracker membantu manajemen pabrik terutama di saat pandemi.

Penggunaan robotic welding membuat pengerjaan semakin efisien dengan tingkat akurasi maksimal. Lalu ada juga penggunaan mesin 5 axis CNC machine dan robotic sealer 3 axis membantu produksi menjadi lebih cepat.

Produk apa yang menjadi unit ke 7 juta produksi Daihatsu? Pihak ADM mengungkapkan model itu adalah Rocky 1.2L berwarna kuning. Sayangnya ADM tidak mengadakan acara khusus atau produk edisi terbatas merayakan produksi 7 juta unit ini.

“Untuk kali ini kita tidak membuat acara khusus atau edisi khusus karena masih dalam masa pandemi. Kita semua prihatin dengan kondisi saat ini dan kita buat acara press conference ini untuk merayakan 7 juta unit. Seharusnya bisa tahun lalu tapi karena ada masa PPKM ketat jadinya pencapaiannya sekarang. Kami sangat bersyukur,” ucap Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning PT ADM dalam kesempatan yang sama.

Beberapa inovasi produk Daihatsu untuk mencapai 7 juta unit antara lain Xenia pada 2003, Terios pada 2006, dan GranMax pada 2008. Selain itu masih ada produk Ayla yang hadir pada 2012, disusul Sigra pada 2016 dan terakhir baru hadir Mei lalu adalah Rocky. (Sta/Odi)

 

Baca Juga: Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Hybrid Dikabarkan Meluncur November

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Daihatsu Unggulan

  • Yang Akan Datang