Bedanya Arus AC dan DC dalam Pengisian Kendaraan Listrik

audi-charging-hub-2

Salah satu perhatian calon konsumen kendaraan listrik adalah soal pengisian daya. Kemampuan pengisian daya ini membantu pemilik EV untuk mengatur waktu saat pengisian kendaraan sekaligus menjaga kendaraan siap digunakan.

KEY TAKEAWAYS

  • Pengisian arus AC dan DC mempengaruhi kesehatan baterai

    Pengisian arus DC disarankan tidak terlalu sering
  • Saat ini, terdapat dua tipe arus untuk pengisian daya yakni AC (alternating current/arus alternatif) dan DC (direct current/arus searah). Apa bedanya kedua jenis arus ini untuk pengisian daya kendaraan listrik?

    Kedua arus ini memiliki perbedaan dasar dalam mengalirkan energi dari sumber ke beban. AC memiliki arus listrik berubah-ubah sementara DC memiliki arus listrik yang berlangsung satu arah.

    Ada beberapa perbedaan antara AC dan DC. Pertama soal lokasi. Arus listrik yang berasal dari sumber utama listrik, seperti pembangkit listrik, selalu berjenis AC. Baterai kendaraan listrik kebanyakan hanya menerima arus DC. Disini kendaraan listrik memiliki konverter yang berada di dalam sistem onboard-charger, dimana mengubah arus AC menjadi DC. Jika arus AC lebih besar, maka alat konversi menjadi DC berada di luar kendaraan, dalam hal ini seperti yang kita lihat di berbagai SPKLU.

    Untuk pengisian daya arus AC, baterai kendaraan listrik akan membutuhkan waktu lebih lama dalam pengisian. Ini karena arus listrik akan diproses terlebih dulu oleh on board converter dalam kendaraan listrik. Jadi ada proses untuk pengisiannya, selain memang kemampuan onboard converter terbatas.

    Kemudian pengisian AC ini yang banyak ditemukan jika melakukan pengisian di rumah dengan listrik rumah tangga. Penggunaannya tentu saat pemilik kendaraan sudah tiba di rumah dan tidak membutuhkan waktu yang cepat untuk mengisi daya. Jenis arus ini juga yang pas untuk di perumahan.

    Baca Juga: Xiaomi Siap Meluncurkan Mobil Listrik, Begini Bocoran Tampilannya

    honda-e-charging

    Mengapa tidak arus DC? Seperti yang sudah dibahas, mengubah arus AC bertegangan tinggi ke DC membutuhkan alat berukuran besar, serta berbiaya mahal. Ini sebabnya pengisian dengan arus AC menjadi lebih masuk akal untuk di rumah.

    Kelebihan arus DC adalah pengisiannya yang tidak membutuhkan waktu lama. Alasannya jelas, baterai kendaraan listrik tidak perlu mengubah apapun karena langsung mengisi daya. Karena pengisian daya DC banyak ditemui di sepanjang jalan tol. Ini untuk meminimalkan waktu tunggu yang cukup lama.

    Perbedaan lainnya, pengisian dengan AC dikatakan lebih murah dibanding dengan DC. Ini karena penggunaan arus yang besar dengan waktu yang relatif singkat serta modal yang dikeluarkan untuk mendirikan konverter DC membuat perbedaan dari sisi harga keduanya.

    Terakhir, pengisian arus AC dan DC mempengaruhi kesehatan baterai. Pengisian arus DC disarankan tidak terlalu sering. Ini karena dalam proses pengisian DC, baterai menjadi lebih panas dan berkali-kali lipat efeknya dibanding mengisi dengan arus AC. Ini juga salah satu sebab mengapa saat pengisian DC, baterai mengisi cepat hingga 80 persen dan kemudian melambat di 20 persen terakhir.

    Jadi sudah paham terkait perbedaan arus AC dan DC dalam pengisian daya kendaraan listrik? Penggunaan kedua arus kembali bergantung pada keperluan. Jika sedang terburu-buru dan memangkas waktu tunggu, cukup nyaman memilih pengisian DC. Jika memiliki waktu luang, pengisian dengan arus AC paling direkomendasikan. (Sta/Odi)

     

    Baca Juga: Garansi dan Warranty Berbeda, Pemilik Wajib Paham Pengertian serta Ketentuannya

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    • Unggul di Kemampuan Angkut, Berapa Harga yang Cocok Untuk Wuling EV Van?
      Unggul di Kemampuan Angkut, Berapa Harga yang Cocok Untuk Wuling EV Van?
      Setyo Adi . Hari ini
    • PEVS 2025 Lampaui Transaksi Rp912 Miliar, Bukti Tingginya Minat Kendaraan Listrik
      PEVS 2025 Lampaui Transaksi Rp912 Miliar, Bukti Tingginya Minat Kendaraan Listrik
      Zenuar Yoga . Hari ini
    • Bridgestone Resmikan TOMO 3S & BTTC Baru di Cianjur, Perluas Layanan Berkualitas
      Bridgestone Resmikan TOMO 3S & BTTC Baru di Cianjur, Perluas Layanan Berkualitas
      Anjar Leksana . Hari ini
    • Bedah Spesifikasi Seres 3, Siap Goyahkan Pasar SUV Listrik Tanah Air
      Bedah Spesifikasi Seres 3, Siap Goyahkan Pasar SUV Listrik Tanah Air
      Alvando Noya . Hari ini
    • F1: Supremasi McLaren, Piastri Dominan Rebut Kemenangan GP Miami 2025
      F1: Supremasi McLaren, Piastri Dominan Rebut Kemenangan GP Miami 2025
      Wahyu Hariantono . Hari ini

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Advisory Stories
    • Road Test
    • Maxus G50, Senjata MG Melawan Toyota Zenix dan Nissan Serena
      Maxus G50, Senjata MG Melawan Toyota Zenix dan Nissan Serena
      Anindiyo Pradhono . Hari ini
    • CATL Jadi Perusahaan Pertama yang Penuhi Standar Keamanan Baterai Terbaru Cina
      CATL Jadi Perusahaan Pertama yang Penuhi Standar Keamanan Baterai Terbaru Cina
      Muhammad Hafid . Hari ini
    • VinFast VF6 Bakal Dijual di Indonesia, Ini Bocorannya
      VinFast VF6 Bakal Dijual di Indonesia, Ini Bocorannya
      Setyo Adi Nugroho . Hari ini
    • Daya Beli Melemah, Laba Bisnis Otomotif Astra Turun 4 Persen Q1 2025
      Daya Beli Melemah, Laba Bisnis Otomotif Astra Turun 4 Persen Q1 2025
      Anjar Leksana . Hari ini
    • Target Transaksi PEVS 2025 Melejit, Lampaui Ekspektasi hingga Rp912 Miliar
      Target Transaksi PEVS 2025 Melejit, Lampaui Ekspektasi hingga Rp912 Miliar
      Zenuar Yoga . Hari ini
    • Opsi SUV Hybrid Bujet Tak Sampai Rp400 Juta!
      Opsi SUV Hybrid Bujet Tak Sampai Rp400 Juta!
      Alvando Noya . Hari ini
    • Perbandingan Spesifikasi Mobil Komersial Listrik di Indonesia
      Perbandingan Spesifikasi Mobil Komersial Listrik di Indonesia
      Setyo Adi Nugroho . Hari ini
    • Perjalanan Mengunjungi Pabrik Mobil dan Baterai AION di Cina (Part-1)
      Perjalanan Mengunjungi Pabrik Mobil dan Baterai AION di Cina (Part-1)
      Eka Zulkarnain . Hari ini
    • SUV Premium Fang Cheng Bao B5 dan B8 Cocok Dibawa ke Indonesia
      SUV Premium Fang Cheng Bao B5 dan B8 Cocok Dibawa ke Indonesia
      Setyo Adi Nugroho . Hari ini
    • MG ZS EV, SUV Listrik dengan Teknologi Canggih dan Harga Kompetitif
      MG ZS EV, SUV Listrik dengan Teknologi Canggih dan Harga Kompetitif
      Alvando Noya . Hari ini
    • Rahasia Perawatan Aki Agar Tetap Prima
      Rahasia Perawatan Aki Agar Tetap Prima
      Setyo Adi Nugroho . 29 Apr, 2025
    • Pentingnya Ganti Oli Kompresor AC Mobil Secara Rutin
      Pentingnya Ganti Oli Kompresor AC Mobil Secara Rutin
      Muhammad Hafid . 15 Apr, 2025
    • Waspada Bahu Jalan dan Pahami Aturannya
      Waspada Bahu Jalan dan Pahami Aturannya
      Setyo Adi Nugroho . 28 Mar, 2025
    • Lawan Kantuk saat Perjalanan Mudik, Pakai Cara Ini
      Lawan Kantuk saat Perjalanan Mudik, Pakai Cara Ini
      Setyo Adi Nugroho . 27 Mar, 2025
    • 5 Hal yang Mesti Disiapkan saat Mudik Bareng si Kecil Pakai Mobil Pribadi
      5 Hal yang Mesti Disiapkan saat Mudik Bareng si Kecil Pakai Mobil Pribadi
      Anjar Leksana . 26 Mar, 2025
    • Road Test Hyundai Tucson 1.6T-GDi HEV: Seperti Nyetir EV!
      Road Test Hyundai Tucson 1.6T-GDi HEV: Seperti Nyetir EV!
      Anjar Leksana . 09 Apr, 2025
    • Road Test Mazda CX-80 PHEV: Performa Andal di Medan Pegunungan!
      Road Test Mazda CX-80 PHEV: Performa Andal di Medan Pegunungan!
      Muhammad Hafid . 22 Mar, 2025
    • Road Test Haval Jolion Ultra HEV: Enak Buat ke Luar Kota
      Road Test Haval Jolion Ultra HEV: Enak Buat ke Luar Kota
      Alvando Noya . 13 Mar, 2025
    • Test Drive BYD Sealion 7: Di Mana Letak Kelebihannya?
      Test Drive BYD Sealion 7: Di Mana Letak Kelebihannya?
      Eka Zulkarnain . 03 Mar, 2025
    • First Drive Chery Tiggo Cross: Mengancam Lawan dengan Paket Fitur dan Harga!
      First Drive Chery Tiggo Cross: Mengancam Lawan dengan Paket Fitur dan Harga!
      Setyo Adi Nugroho . 12 Feb, 2025