Begini Cara ExxonMobil Dekati Konsumen di Tengah Pandemi Covid-19

JAKARTA -- Pandemi Covid-19 menjadikan tahun 2020 sebagai tahun yang sulit untuk seluruh sektor perekonomian. Wabah virus corona yang melanda dunia merubah semua sendiri kehidupan. Gaya hidup baru, cara baru dalam pendekatan antara produsen dan konsumen banyak dilakukan. Mulai dari virtual, sistem jemput bola dan sebagainya.


Hal tersebut membuat PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI) bereaksi terhadap peluang serta tren baru di masyarakat yang muncul saat pandemi. Mereka pun terus berupaya melakukan penetrasi di pasar otomotif Tanah Air.


Menurut Pablo Conrad, Marketing Director PT EMLI, pandemi Covid-19 tidak menghalangi pihaknya untuk tetap terhubung dengan konsumennya di Indonesia. "Kami terus berupaya menghadirkan program-program pemasaran dengan memaksimalkan pemanfaatan media digital, yang hasilnya kami rasakan sangat positif. Kami berharap dan tetap optimistis pemulihan perekonomian global dapat segera normal kembali, khususnya di Indonesia," katanya.


Hal itu bisa dilihat dari beragam inovasi program yang dihadirkan Mobil™ dan Federal Oil bagi pengguna kendaraan roda empat dan roda dua di Indonesia, seperti pelayanan servis di rumah, program berhadiah, launching produk baru, edukasi dan seminar mengenai teknologi pelumas melalui media-media digital, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.


Sementara itu, Patrick Adhiatmadja selaku Head of Indonesia Lubricants Market Indonesia menyebut, pihaknya akan terus melakukan berbagai upaya dan penyesuaian diri dengan adaptasi kebiasaan baru ini, agar dapat terus mempertahankan eksistensi di pasar otomotif Indonesia.


"Upaya integrasi jaringan yang kami lakukan sejak 2018 berjalan sesuai rencana, dan memberikan dampak positif bagi efektifitas dan efisiensi waktu, biaya, serta sejumlah aktivitas operasional lainnya dalam mendistribusikan produk kami ke pasar," kata Patrick. "Ke depannya kami berharap dapat terus memperluas area, dan memperkuat jaringan pemasaran produk kami, sehingga memberikan dampak pada pertumbuhan pangsa pasar dan pencapaian perusahaan".


Khusus produk pelumas merek Mobil™, saat ini masih dilakukan pemindahan produksi secara bertahap dari yang sebelumnya dilakukan di pabrik ExxonMobil yang berlokasi di Jurong, Singapura. Hal ini ditandai dengan seremoni penuangan pertama produk pelumas Mobil Super Moto™ pada Februari 2020 di Cilegon.


Saat ini PT EMLI telah menjangkau lebih dari 10 juta konsumen di Indonesia dengan merek Federal Oil, dan lebih dari 15 ribu bengkel independen yang dilayani melalui jaringan distributor di seluruh Indonesia dan terus berupaya melakukan integrasi jaringan distribusi penjualan yang berfokus pada area-area potensial, meliputi wilayah-wilayah di Jawa, Bali, dan Sumatera. (Valdo)

Artikel yang direkomendasikan untuk anda