Begini Tampilan Kawasaki Ninja ZX-25R Versi Balap

TOKYO, Motovaganza.com – Kawasaki Ninja ZX-25R saja sudah sangat sporty. Bagaimana jika kemudian dibuat versi balapnya? Yup, pabrikan Jepang itu memperkenalkan ZX-25R versi balapnya. Hampir seluruh bagian bodi dipenuhi bahan serat karbon, fairing, frame, dan swingarm, plus suspense Show. Lainnya, komponen pendongkrak performa dari berbagai produk aftermarket. Jangan gembira dulu. Pabrikan geng hijau belum punya rencana untuk menjualnya secara umum. Dibuat hanya sebagai contoh. ZX-25R versi racing hanya sebagai bentuk partisipasi yang ditujukan untuk ajang one-make race (OMR) tahun depan. Racikannya benar-benar mampu menggambarkan potensi Ninja ZX-25R di sirkuit high-speed. Dengan mesin 4-silinder segaris berkubikasi 250 cc, menjanjikan pengalaman berkendara yang mengesankan dan lebih dari versi biasanya. Apalagi ditambah part spesial yang dibuat khusus agar melaju kencang di lintasan. Peranti merek terkenal seperti A-Tech, Beet, Showa, Sniper, Dunlop, dan RK membuatnya makin istimewa. Semua komponen dari berbagai brand itu dipasang di beberapa bagian, seperti sepatbor depan, rangka, hugger, swingarm, dan bagian lainnya. Untuk bodywork, mereka mempercayakan garapan A-Tech. Perusahaan otomotif asal Jepang yang biasa mengerjakan peranti khusus balap. Buat ZX-25R, mereka menamakannya 'Blackdiamond'. Semua dibuat secara spesifik dari bahan serat karbon. Penggunaannya benar-benat pantas diacungi jempol. Fairing, kerangka, pelindung sasis, tutup rantai, swingarm hingga buritan tidak luput dari bahan yang dikenal ringan dan kuat. Efeknya, bobot motor jadi terpangkas jauh.

Aerodinamika

Dari gambar yang beredar, terpampang sebuah motor yang indah. Visor dipasang lebih tinggi dan sedikit melengkung dari standar. Tentunya berkaitan dengan aerodinamika saat melaju di sirkuit. Dibaliknya ada spidometer bawan pabrik, namun dibalut cover serat karbon. Pencahayaan utama yang dikenal dual-keen LED headlight dan stoplamp tertutup rapi. Hembusan angin dari depan hanya bisa melalui lubang di bawah visor. Tak lupa juga hand protector demi mendukung keselamatan. Ada peranti tambahan di bagian pengereman. Dipasangkan air scoop untuk membuat aliran angin menuju kaliper. Fungsinya untuk meredam panas yang dihasilkan dari jepitan kampas rem ke piringan cakram. Alat itu dan sepatbor depan juga terbuat dari serat karbon.

Suspensi

Di suspensi bagian depan, upside down dengan Separate Function Fork-Big Piston tetap digunakan. Perangkat ini dianggap masih cukup memberikan redaman baik saat diajak ke lintasan. Namun bagian belakang diambil dari kepunyaan ZX-10R, yang bisa diatur tingkat rebound dan compression. Keduanya sama-sama lansiran Showa. Terpasang pula ban khusus aspal sirkuit, pakai dari brand Dunlop tipe Sportmax di depan dan belakang. Injakan kaki tentu saja diganti. Demi mendukung kebutuhan balap, footstep pakai produk aftermarket lansiran Sniper. Posisinya bisa diubah sesuai kebutuhan sang rider. Handle kopling dan rem juga pakai merek sama. Produk asal Jepang ini terbukti kuat dan punya kualitas mumpuni, karena dipakai oleh beberapa pabrikan di berbagai ajang balapan.

Gear Set

Gear set dan rantai pakai punya RK. Brand asal negeri matahari terbit ini sudah dikenal dan dipercaya di berbagai ajang balapan internasional, salah satunya MotoGP. Sistem pembuangan gunakan unit dari Beet Nassert-R Evolutin Type II. Sementara komponen kelengkapan berkendara seperti kaca spion, sepatbor belakang maupun dudukan pelat nomor dicopot semua. Kembali lagi ke pertanyaan di atas, apakah akan dijual? Sepertinya untuk saat ini belum ada rencana. Di Indonesia sendiri, peluncuran ZX-25R dua kali tertunda baik di Kawasaki Bike Week maupun di head office Kawasaki. Semua harus ditunda lantaran pandemi COVID-19 mewabah di Indonesia. Dari rumor yang beredar, diharapkan mesin empat silinder segaris 250 cc dapat digeber hingga redline lebih dari 17.000 rpm dan memiliki tenaga keseluruhan sekitar 40 hp. Fitur canggih seperti KTRC (Kawasaki Traction Control), KQS (Kawasaki Quick Shifter) hingga Power Modes telah disematkan padanya. Sumber: Ride Apart, Bennetts, Visordown Baca Juga: Kawasaki Kenalkan Ninja ZX-25R Versi Balap, Dijual? ZENUAR YOGA | RAJU FEBRIAN

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Pembalap Astra Honda, Kiandra Ramadhipa Cetak Sejarah di Kancah Balap Eropa
    Pembalap Astra Honda, Kiandra Ramadhipa Cetak Sejarah di Kancah Balap Eropa
    Zenuar Yoga . 09 Jul, 2025
  • QJMotor Indonesia Rilis Mini Sport CiTo 150 Bertransmisi Matik!
    QJMotor Indonesia Rilis Mini Sport CiTo 150 Bertransmisi Matik!
    Anjar Leksana . 08 Jul, 2025
  • Honda CUV e: Dapat Potongan Besar, Harga Jadi Setara Honda Beat!
    Honda CUV e: Dapat Potongan Besar, Harga Jadi Setara Honda Beat!
    Anjar Leksana . 08 Jul, 2025
  • Yamaha Segarkan X-Ride 2025 dengan Grafis dan Warna Anyar
    Yamaha Segarkan X-Ride 2025 dengan Grafis dan Warna Anyar
    Anjar Leksana . 08 Jul, 2025
  • Euro Motor Samurai 155, Versi KW Super Honda Vario 160
    Euro Motor Samurai 155, Versi KW Super Honda Vario 160
    Anjar Leksana . 04 Jul, 2025
  • Ini Kelengkapan Gear Ultima yang Bikin Perjalanan Touring Jakarta-Yogyakarta Jadi Menyenangkan
    Ini Kelengkapan Gear Ultima yang Bikin Perjalanan Touring Jakarta-Yogyakarta Jadi Menyenangkan
    Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
  • Yamaha Mio: Sang Legenda yang Tak Pernah Padam dan Kembali Berjaya di Tengah Gempuran Skutik modern
    Yamaha Mio: Sang Legenda yang Tak Pernah Padam dan Kembali Berjaya di Tengah Gempuran Skutik modern
    Zenuar Yoga . 02 Jul, 2025
  • 6 Kelebihan Maka Cavalry: Motor Listrik Enak Buat Harian dan Touring Tipis
    6 Kelebihan Maka Cavalry: Motor Listrik Enak Buat Harian dan Touring Tipis
    Ardiantomi . 01 Jul, 2025
  • Adu Gengsi Skutik Canggih! Yamaha Nmax Turbo vs Honda PCX160 Roadsync, Mana Layak Dipilih?
    Adu Gengsi Skutik Canggih! Yamaha Nmax Turbo vs Honda PCX160 Roadsync, Mana Layak Dipilih?
    Zenuar Yoga . 10 Jun, 2025
  • Cari Skutik Nyaman Buat Perjalanan Jauh? Ini Rekomendasinya
    Cari Skutik Nyaman Buat Perjalanan Jauh? Ini Rekomendasinya
    Zenuar Yoga . 09 Jun, 2025
  • Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Zenuar Yoga . 18 Mar, 2025
  • Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Bangkit Jaya Putra . 04 Mar, 2025
  • First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025
  • First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    Bangkit Jaya Putra . 16 Jan, 2025
  • First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    Zenuar Yoga . 02 Jan, 2025