Benda Motorcycles Luncurkan LFS700 untuk Hadapi Honda CB650

Benda LFS700

Benda Motorcycles lagi jadi bahan pemberitaan global. Beberapa produk baru diluncurkan dan langsung memikat mata. Setelah cruiser LFC700 dan Greystone BD300, pabrikan Tiongkok menampilkan peserta di segmen naked bike kelas menengah. Namanya LFS700 ‘Tang Knife’ datang untuk menghajar Honda CB650.

Julukan Tang Knife tentu bukan tanpa sebab. Ada makna istimewa di dalamnya. Merujuk kepada Dinasti Tang, yang terkenal dibidang kemiliteran dan ilmu pengetahuan. Negara Tang juga memiliki kecerdasan dalam pembuatan senjata, terutama pisau dan senjata tajam. Selain itu, pada masanya mereka juga dikenal dengan sebutan ‘pedang paling kuat’.

Benda LFS700 hadir dengan panel bodi yang sangat berbeda dengan naked bike kebanyakan. Tapi bila membandingkan dengan model lain, maka LFS700 mungkin bersaing ketat dengan Honda CB650R. Kalau dilihat dari konsepnya, seperti menghilangkan tag 'retro' dan lebih fokus pada sisi 'neo'.

Benda LFS700

Sekujur tubuhnya terdapat beberapa panel kaku dengan banyak lipatan. Tampak depan sekilas mirip robot yang menjadi musuh Tony Stark dalam film Iron Man 2. Berbadan besar namun memiliki kepala kecil. Mungkin hal itu yang ingin ditampilkan pabrikan untuk menggambarkan kendaraan futuristik.

Lampu utama dibungkus cover bulat. Terlihat sudah memakai LED dan diberi pelengkap dengan DRL lingkaran. Pakai stang model fatbar ditambah kaca spion model bar end. Di tengahnya telah diberikan layar TFT penuh warna. Meski belum diketahui dimensi bodi, komponen itu secara kasat mata cukup besar dan memanjang.

Baca Juga: Menjelang Debut, Ini Bocoran Detail Brixton 1.200 cc Pesaing Triumph Bonneville

Benda LFS700

Karena bodi tidak menutup sampai bawah, konfigurasi leher knalpot berjajar empat dibawah menyembul rapi. Desain bagian belakang sedikit membulat. Diberikan dua panel yang terintegrasi dengan sinyal belok. Fungsi lain yakni untuk menutupi knalpot kembar yang ramping dan bercelah vertikal. Agak canggung, tapi tampaknya peranti itu tidak bisa dilepas, kecuali pemiliknya nanti memodifikasi gas pembuangan itu. Tapi secara menyeluruh, gaya berotot yang ditampilkan Tang Knife memiliki proporsi pas. Ditambah pilihan warna berani.

Tapi untuk LFS700, apakah motor ini cukup tajam untuk melawan pesaingnya yang lebih mapan? Di atas kertas, itu pasti. Ia mengemas mesin 4 silinder segaris berpendingin cairan 680 cc yang sama dengan motor penjelajah, LFC700. Disetel untuk menghasilkan 92 Hp pada 11.000 rpm dan 63 Nm pada 8.500 rpm. Tenaganya ditransfer ke roda belakang melalui transmisi manual enam percepatan yang dilengkapi kopling slipper-assist. ‘Pisau’ ini memiliki keunggulan dibanding CB650R dalam hal kinerja. Pasalnya naked bike neo-retro itu hanya bisa menghasilkan 89 Hp/11.000 rpm dan 60,7 Nm/8.000 rpm.

Benda LFS700

Mesin berada di dalam bingkai perimeter yang terbuat dari baja krom-molibdenum dan aluminium, yang dihubungkan dengan lengan ayun aluminium. Ditangguhkan dengan suspensi depan USD dengan preload dan penyesuaian redaman. Sedang belakang pakai monoshock dengan preload-adjustable offset. Bagian pengereman tersemat cakram ganda di depan dengan kaliper Brembo, mirip varian LFC700.

Diklaim lebih ringan 17 kg dari saudaranya, hanya 218 kg. Tapi ban belakang tidak gemuk seperti si Cruiser. Ia gunakan karet belakang 180 dan depan 120, keduanya dibungkus dengan velg 17 inci.

Harga tajam Benda Tang Knife tentunya bisa melukai CB650R di Tiongkok yang dijual seharga CNY105.800 atau sekitar Rp237 jutaan. Sedang naked bike pendatang baru hanya CNY38.800 (Rp87 jutaan). Sementara di Indonesia, Neoretro dijual Rp298 juta OTR DKI Jakarta. Selain harga, Benda juga mengalahkan Honda dalam hal performa. (Bgx/Odi)

Baca Juga: Benda LFC700, Cruiser Murmer Cuma Rp86 Jutaan

Baca Semua

Artikel Unggulan

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang