Bentuk Jadul Mitsubishi L300 Dipertahankan dan Tuas Persneling di Samping Setir, Ini Alasannya

Mitsubishi L300 Euro 4

 

KEY TAKEAWAYS

  • Konsumen lebih suka tampang lama yang cenderung kaku mengotak

    Terpenting mesinnya makin hebat. Ditenagai enjin diesel baru 2.268 cc dengan model 4N14 - DOHC 4 silinder segaris. Teknologinya sudah direct injection, intercooler common rail turbocharger
  • Namanya kendaraan pekerja, bongkar muat dan sebagainya. Urusan desain bukan menjadi sudut pandang utama pelaku bisnis. Rancangan Mitsubishi Colt L300 terhenti sejak generasi kedua. Kemudian desain seolah jadi abadi begitu, kepala mengotak. Posisi mesin tetap diletakkan di bawah jok. Lalu tuas persneling di kiri setir. Rupanya ada alasan tersendiri. Sesuai dengan keinginan banyak konsumen.

    “Dulu saya agak khawatir kalau bentuk L300 terbaru (Euro 4) berubah. Karena bisa mempengaruhi konsumen. Dan sangat lega, karena desainnya tetap seperti unit lama. Nah, sebelum muncul model baru, kami juga banyak bertanya kepada pengguna langsung. Di pasar induk, misalkan. Ternyata mereka lebih suka dengan bentuk seperti itu. Kemudian posisi tuas persneling juga ingin tetap di samping. Karena lebih fungsional bila dibanding di tengah. Sehingga bagian depan bisa diisi bertiga bahkan empat orang,” ungkap Rudi Rimawan, GM Operation Sun Star Prima Motor, dalam gathering (20/7).

    Mitsubishi L300 Euro 4

    Konfigurasi ini, lanjut Rudi, bertujuan memaksimalkan dimensi. Sehingga membuat L300 Euro 4 tetap memiliki ruang angkut luas di varian pikap, atau bagian belakang. Selain itu, penempatan pemacu diesel dapat memaksimalkan visibilitas pengemudi. Cuman ya pasti, jok bakal terasa panas karena posisinya amat berdekatan. Tapi risiko ini dirasakan seluruh model pikap di sini.

    Baca Juga: Mitsubishi Colt L300 Sudah Standar Euro 4, Amankah Minum Solar Busuk?

     

    Colt L300 kini lebih tangguh, dilengkapi mesin diesel baru 2.268 cc dengan model 4N14 - DOHC 4 silinder segaris. Teknologinya sudah direct injection, intercooler common rail turbocharger. Tenaga puncak tersembur 99,25 PS di 3.500 rpm. Lalu torsi maksimal 200 Nm diraih sejak 1.000-3.500 rpm. Artinya tenaga naik 40 persen lebih besar dari model sebelumnya. Ini demi mendukung muatan lebih banyak dan dorongan tenaga kian besar.

    Kabin L300

    Penyaluran energi kinetik pakai transmisi lima percepatan. Resultan daya terlihat kecil. Namun dari sisi mobil niaga, fokusnya justru di momen puntir besar. Sebagai kendaraan untuk bekerja, ia harus punya kekuatan dalam menunjang beban dan kemampuan menanjak. Colt L300 kini berukuran kargo 8 persen lebih luas, atau lebih panjang 200 mm menjadi 2.630 mm. Sehingga unggul dan menguntungkan pengusaha dari sisi kapasitas daya angkut. Spesifikasi ini cukup dalam menunjang ragam usaha.

    Begitu Anda memasuki kabin L300, pandangan depan, samping dan belakang juga bagus. Untuk memudahkan pergerakan setir, unit pakai power steering. Sehingga sopir lebih mudah mengendalikan kendaraan, serta tak cepat lelah ketika bermanuver khususnya pada kecepatan rendah. Lantas bagian penyangga roda depan menggunakan tipe double wishbone dan coilspring. Sedangkan di belakang, ia mengusung suspensi semi eliptic leaf spring. Ukuran ban L300 185 ring 14 inci. Sektor pengeremannya sudah menggunakan cakram berventilasi di bagian depan. Walau tromol masih dipakai di roda belakang, tetapi itu cukup dalam mengoptimalkan pengereman. (Alx/Odi)

     

    Baca Juga: Mitsubishi Colt L300 Euro 4 Diproduksi di Indonesia Awal Tahun Depan

    Jelajahi Mitsubishi L300

    • Tampak Depan Bawah Mitsubishi L300
    • Tampak belakang serong L300
    • Tampak Grille L300
    • Fog lamp depan L300
    • Lampu depan L300
    • Tampak depan medium Mitsubishi L300
    • Tampak belakang low angle L300
    • Tampak depan L300, sudut rendah
    Mitsubishi L300
    Rp 229,25 - 232 Juta Cicilan : Rp 5,23 Juta

    Model Mobil Mitsubishi

    Mobil Mitsubishi
    • Mitsubishi Xpander
      Mitsubishi Xpander
    • Mitsubishi L300
      Mitsubishi L300
    • Mitsubishi Triton
      Mitsubishi Triton
    • Mitsubishi L100 EV
      Mitsubishi L100 EV
    • Mitsubishi Outlander PHEV
      Mitsubishi Outlander PHEV
    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Mitsubishi Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Bandingkan & Rekomendasi

    Tren Pickup Truck

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil Mitsubishi L300 dari Carvaganza

    • Dari Buruh Sampai Jadi Pengusaha, Ini Cerita Susah-Senang Pengguna Mitsubishi L300
      Dari Buruh Sampai Jadi Pengusaha, Ini Cerita Susah-Senang Pengguna Mitsubishi L300
      Anjar Leksana . 30 Mei, 2023
    • Ribuan Mitsubishi L300 Penuhi Candi Banyunibo Rayakan HUT ke-8 JEC
      Ribuan Mitsubishi L300 Penuhi Candi Banyunibo Rayakan HUT ke-8 JEC
      Anjar Leksana . 29 Mei, 2023
    • Sudah Standar Euro 4, Begini Cara Mitsubishi Colt L300 Jadi Primadona di Kelasnya
      Sudah Standar Euro 4, Begini Cara Mitsubishi Colt L300 Jadi Primadona di Kelasnya
      Alvando Noya . 27 Mei, 2023
    • Ubahan Baru Mitsubishi New Colt L300 Sumbang Untung Pebisnis
      Ubahan Baru Mitsubishi New Colt L300 Sumbang Untung Pebisnis
      Alvando Noya . 28 Mar, 2023
    • Mitsubishi Pastikan Konsumen L300 Mudah Akses Dealer dan Spare Part di Seluruh Indonesia
      Mitsubishi Pastikan Konsumen L300 Mudah Akses Dealer dan Spare Part di Seluruh Indonesia
      Alvando Noya . 29 Jul, 2022

    Artikel Mobil Mitsubishi L300 dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Cerita Pengguna Mitsubishi L300 Euro 4 yang Pakai Bio Solar
      Cerita Pengguna Mitsubishi L300 Euro 4 yang Pakai Bio Solar
      Anjar Leksana . 29 Mei, 2023
    • Ratusan Komunitas L300 Meriahkan Kopdarnas di Candi Banyunibo
      Ratusan Komunitas L300 Meriahkan Kopdarnas di Candi Banyunibo
      Anjar Leksana . 29 Mei, 2023
    • Mitsubishi Indonesia Siap Produksi Kembali Colt L300 Euro 4
      Mitsubishi Indonesia Siap Produksi Kembali Colt L300 Euro 4
      Anjar Leksana . 06 Apr, 2023
    • Mitsubishi Klaim New L300 Euro 4 Dapat Respons Positif di Jawa Barat, Kontribusi Penjualan 58 Persen
      Mitsubishi Klaim New L300 Euro 4 Dapat Respons Positif di Jawa Barat, Kontribusi Penjualan 58 Persen
      Bangkit Jaya Putra . 27 Mar, 2023
    • Ragam Penyegaran dan Keunggulan Mitsubishi L300 Pikat Konsumen Baru
      Ragam Penyegaran dan Keunggulan Mitsubishi L300 Pikat Konsumen Baru
      Ardiantomi . 29 Nov, 2022
    • Isuzu Traga Vs Mitsubishi Colt L300, Opsi Pekerja Keras yang Sudah Euro 4
      Isuzu Traga Vs Mitsubishi Colt L300, Opsi Pekerja Keras yang Sudah Euro 4
      Anjar Leksana . 01 Jul, 2022
    • Isuzu Traga Vs Mitsubishi L300, Pilih Unit Kuat nan Modern atau Pikap Legendaris?
      Isuzu Traga Vs Mitsubishi L300, Pilih Unit Kuat nan Modern atau Pikap Legendaris?
      Anjar Leksana . 02 Nov, 2020
    • Pilihan Pikap Buat Usaha, Isuzu Traga atau Mitsubishi L300?
      Pilihan Pikap Buat Usaha, Isuzu Traga atau Mitsubishi L300?
      Anjar Leksana . 23 Agu, 2019
    • Mengenal Sejarah Mitsubishi L300 di Indonesia
      Mengenal Sejarah Mitsubishi L300 di Indonesia
      Muhammad Hafid . 14 Nov, 2018