Bersiap Meluncur di Indonesia, Ini Prediksi Harga Daihatsu Rocky

Daihatsu Rocky 2021

Kelas SUV mungil bakal diramaikan duet maut Daihatsu-Toyota. Tanda-tandanya semakin nyata setelah kedua unit mecantumkan Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB). Khusus Daihatsu Rocky, paling rendah Rp 130 juta dengan nomor koding 103091 27549, kemudian tipe A251RS GMLFJ 1.2M M/T. Tentu akan menjadi ancaman serius bagi Nissan Magnite dan Kia Sonet yang sudah duluan meluncur. Sementara unit lain juga siap menyusul, seperti Toyota Raize serta Renault Kiger.

Rencanannya, Daihatsu Rocky akan ditawarkan dalam enam varian. Perlu dicatat, harga itu belum termasuk perpajakan, Bea Balik Nama (BBN) serta margin keuntungan perusahaan. Itu semua tertera di Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor Dan Bea Balik Nama 2021. Untuk lebih detail lagi, berikut lima varian sisanya.

  • A251RS GMVVJ 1.0 R AT Rp 168 juta
  • A251RS GMVVJ 1.0 R MT Rp 158 juta
  • A251RS GBXFJ 1.2 X AT Rp 153 juta
  • A251RS GBLFJ 1.2 M AT Rp 143 juta
  • A251RS GMXFJ 1.2 X MT Rp 140 juta

Rocky merupakan produk kedua pengguna platform Daihatsu New Global Architecture alias DNGA. Kalau di Jepang harga unit berkisar dari 1.750.000 yen hingga 2.242.200 yen. Atau setara Rp 232 juta (2WD) hingga Rp 298 jutaaan (4WD). Rentang angka itu mirip dengan lawan-lawan lain di Indonesia kisaran Rp 200 jutaan. Rocky tidak dilahirkan sendirian. Namun ia datang bersama saudaranya, Toyota Raize.

Target utama mobil ini, konsumen yang berorientasi gaya, menikmati kehidupan muda nan aktif. Cocok dijadikan teman liburan, berkerja dan berbelanja. Ia memiliki panjang 3.995 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.620 mm serta jarak sumbu roda 2.525 mm. Kapasitas bagasi maksimum 369 liter + 80 liter. Lantaran rancangan DNGA, mobil punya radius putar minimum 4,9 meter untuk model yang dilengkapi ban 16 inci. Lalu 5 meter bagi unit berpelek 17 inci. Titik pinggulnya setinggi 665 mm dan bidang pandang vertikal lebar dari kursi pengemudi 31 derajat. Sehingga Anda melihat kondisi sekitar, lalu berkendara penuh percaya diri.

Sistem redaman Rocky dikembangkan dengan geometri yang baru. Posisi pemasangan suspensi, karakteristik bush, konstanta pegas, jua performa shock absorber dioptimalkan. Tujuannya, mencapai stabilitas handling oke dan kenyamanan berkendara maksimal. Daihatsu juga mengembangkan bodi lebih ringan, sangat kaku. Mereka pakai bahan berkualitas tinggi, untuk mencapai fun to drive.

Baca Juga: Tertarik Daihatsu Sigra? Cek Dulu Harga Baru dan Bekasnya

Daihatsu Rocky 2021

Mekanikal Penggerak

Powertrain andalkan unit bensin 1KR-VET DOHC 1,0 liter 3 silinder segaris plus induksi turbo. Pabrikan memastikan kinerja daya setara dengan mesin 1,5 liter NA. Buncahan maksimum 98 PS pada 6.000rpm dan torsi maksimum 140 Nm (14,3kgfm) di rentang 2.400-4.000 rpm. Lantas pilihan mesin naturally aspirated 1,2 liter memberi tendangan momen puntir 88 PS dan 108 Nm. Girboks manual lima percepatan tersedia di semua varian.

Opsi lain berupa transmisi D-CVT. Sistem mengadopsi teknologi penggunaan gigi split, yang baru dikembangkan DNGA. Manfaatnya banyak, seperti berkontribusi pada efisiensi bahan bakar, kesenyapan transmisi dan perluasan rasio roda gigi. Karakteristik throttle akselerator juga dioptimalkan pada bukaan rendah dan saat butuh respons di rentang bukaan tengah serta tinggi. Daihatsu mengklaim, ia hanya minum bensin sedikit. Dalam mode pengujian WLTC berkisar 18,6 km/liter. Sedangkan mode JC08 23,4 km/liter.

Nah, sebelumnya Astra Daihatsu Motor kerap menguji mesin turbo kecil di Indonesia melalui Thor. Dan itu disiapkan menyongsong segmen baru. "Karena tren ke depan kami melihat, terutama segmen millennial, turbo akan menjadi pilihan mereka. Daihatsu harus antisipatif. Kalau tren ini datang, mau tidak mau kami harus siapkan juga. Kalau sekarang kami melihat belum terlalu besar tapi sudah studi dari sekarang. Jadi ini bagian dari studi, dan menjadi normal karena R&D Indonesia, ADM, kerjanya seperti itu. Mempelajari apa yang menjadi kebutuhan untuk masyarakat Indonesia. Kalau pasarnya itu besar itu akan lebih menarik untuk kami masuk daripada pasarnya kecil," jelas Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran ADM, beberapa waktu lalu.

Pada varian atas, Rocky berpenggerak 4WD menggunakan Dynamic Torque Control 4WD. Sistem menggunakan fungsi kopling yang dikontrol secara elektronik. Dengan mendeteksi kondisi mengemudi dan permukaan jalan, ECU mendistribusikan torsi mulus. Dari 100:0 hingga 50:50 di roda depan plus belakang. Tak lain agar mencapai kinerja mengemudi lebih stabil dibandingkan model 4WD kopling mekanis.

Untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar, penggerak 2WD bisa diaktifkan pada permukaan non-slip. Kekuatan penggerak roda belakang ditingkatkan untuk menambah cengkeraman dan meningkatkan stabilitas. Namun sepertinya hanya penggerak dua roda saja yang dipasarkan di Indonesia.

Baca Juga: PPnBM 0 Persen Berlaku Maret, Harga Mobil Turun?

Daihatsu rocky interior

Uji Tabrak Sempurna

Daihatsu Rocky mendapat sambutan yang baik dari masyarakat Jepang. Perusahaan sempat mengumumkan kalau ia mendapat rating tertinggi bintang 5. Tepatnya dalam uji keselamatan kendaraan JNCAP (Japan New Car Assessment Program) dari Kementerian Transportasi Jepang dan NASVA (National Agency for Automotive Safety & Victims’ Aid).

Evaluasi JNCAP ini dilakukan dengan mempertimbangkan kasus aktual dan karakteristik kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Jepang. Tiga aspek utama disorot meliputi: perlindungan terhadap penumpang, keamanan bagi pejalan kaki dan pengingat sabuk pengaman. Selain itu platform dipakai menggunakan teknologi keamanan terkini untuk menghindari tubrukan. Seperti Smart Assist System, membuat Rocky meraih rating tertinggi. Jika fitur keamanan tak disunat bagi market sini, niscaya keunggulan itu tetap terjaga.

Jadi, sekarang tinggal menunggu tanggal peluncurkan dan banderol resminya saja. Dan sangat mungkin untuk diproduksi lokal. "Kalau tidak diproduksi di Indonesia, itu (Rocky, Red) akan mahal banget. Jadi kalau mau diproduksi, harus di Indonesia. Tidak mungkin dari Jepang kami bawa ke Indonesia," imbuh dia. (Alx/Odi)

Baca Juga: Memahami Banyaknya Tipe Daihatsu Xenia, Mana yang Paling Pas Dibeli?

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Daihatsu Unggulan

Artikel Mobil Daihatsu dari Carvaganza

  • LEBARAN DRIVE: 5 Hal Yang Disukai Dari Daihatsu Xenia Selama Mudik
    LEBARAN DRIVE: 5 Hal Yang Disukai Dari Daihatsu Xenia Selama Mudik
    Eka Zulkarnain H . Hari ini
  • LEBARAN DRIVE: Fitur Android Jadi Andalan Perjalanan Mudik Dengan Daihatsu Xenia
    LEBARAN DRIVE: Fitur Android Jadi Andalan Perjalanan Mudik Dengan Daihatsu Xenia
    Eka Zulkarnain H . 24 Apr, 2024
  • Setelah Recall, Daihatsu Lanjutkan Distribusi Rocky Hybrid di Jepang
    Setelah Recall, Daihatsu Lanjutkan Distribusi Rocky Hybrid di Jepang
    Alvando Noya . 22 Apr, 2024
  • LEBARAN DRIVE 2024: Ini Yang Bikin Tol MBZ dan Cipularang Macet Di Hari Mudik
    LEBARAN DRIVE 2024: Ini Yang Bikin Tol MBZ dan Cipularang Macet Di Hari Mudik
    Eka Zulkarnain H . 16 Apr, 2024
  • 71 Bengkel Siaga Daihatsu Tersebar dari Sumatera Sampai Papua Selama Lebaran
    71 Bengkel Siaga Daihatsu Tersebar dari Sumatera Sampai Papua Selama Lebaran
    Zenuar Yoga . 13 Apr, 2024

Artikel Mobil Daihatsu dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Akses Navigasi Memudahkan Perjalanan Mudik dengan Daihatsu Xenia
    Akses Navigasi Memudahkan Perjalanan Mudik dengan Daihatsu Xenia
    Eka Zulkarnain . Hari ini
  • Daihatsu Sigra, Gran Max dan Terios Paling Digemari Masyarakat pada Maret 2024
    Daihatsu Sigra, Gran Max dan Terios Paling Digemari Masyarakat pada Maret 2024
    Anjar Leksana . 07 Apr, 2024
  • Daihatsu Siapkan 71 Bengkel dan Pos Siaga
    Daihatsu Siapkan 71 Bengkel dan Pos Siaga
    Zenuar Yoga . 05 Apr, 2024
  • Daihatsu Recall All New Xenia, Masalah Mur Shock dan Door Beam Sisi Pengemudi
    Daihatsu Recall All New Xenia, Masalah Mur Shock dan Door Beam Sisi Pengemudi
    Setyo Adi Nugroho . 13 Feb, 2024
  • Masih Tangguh! Daihatsu Terios 7 Wonders Menjelajah Maluku Utara Sejauh 390 Km
    Masih Tangguh! Daihatsu Terios 7 Wonders Menjelajah Maluku Utara Sejauh 390 Km
    Ardiantomi . 22 Jan, 2024
  • New Toyota Rush GR Sport Vs New Daihatsu Terios R, Pilih Mana?
    New Toyota Rush GR Sport Vs New Daihatsu Terios R, Pilih Mana?
    Setyo Adi Nugroho . 15 Apr, 2024
  • Mengingat Keunggulan Daihatsu Rocky, Tawaran Menarik di Segmen SUV Kecil
    Mengingat Keunggulan Daihatsu Rocky, Tawaran Menarik di Segmen SUV Kecil
    Setyo Adi Nugroho . 17 Nov, 2023
  • Membandingkan Varian CVT Termurah, Daihatsu Rocky 1.2 M Vs Toyota Raize 1.2 G
    Membandingkan Varian CVT Termurah, Daihatsu Rocky 1.2 M Vs Toyota Raize 1.2 G
    Setyo Adi Nugroho . 12 Sep, 2023
  • Komparasi New Low SUV Terpanas Bulan Ini, Suzuki XL7 Hybrid VS Daihatsu Terios
    Komparasi New Low SUV Terpanas Bulan Ini, Suzuki XL7 Hybrid VS Daihatsu Terios
    Setyo Adi Nugroho . 19 Jun, 2023
  • Selisih Cuma Rp300 Ribu, Komparasi New Daihatsu Terios Vs Toyota Rush GR Sport
    Selisih Cuma Rp300 Ribu, Komparasi New Daihatsu Terios Vs Toyota Rush GR Sport
    Setyo Adi Nugroho . 09 Jun, 2023
  • First Drive All New Daihatsu Ayla 1.0L MT dan 1.2L CVT, Tidak Terasa Murahan
    First Drive All New Daihatsu Ayla 1.0L MT dan 1.2L CVT, Tidak Terasa Murahan
    Setyo Adi Nugroho . 17 Mar, 2023
  • Road Test Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ASA: Fitur Keselamatannya Istimewa!
    Road Test Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ASA: Fitur Keselamatannya Istimewa!
    Rizki Satria . 23 Mar, 2022
  • First Drive All New Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ADS: FWD dan CVT Jadi Andalan
    First Drive All New Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ADS: FWD dan CVT Jadi Andalan
    Anindiyo Pradhono . 06 Des, 2021
  • Daihatsu Sigra R Deluxe: Melebihi Ekspektasi
    Daihatsu Sigra R Deluxe: Melebihi Ekspektasi
    Anindiyo Pradhono . 17 Jan, 2017