Bimota YB5 Superbike Paling Ganas di Zamannya

ROMA, 21 Juli 2016 - Banyak yang tak kenal dengan nama Bimota, pabrikan motor asal Italia terkenal dengan produk motor bermesin ganas. Terbukti beberapa produknya terus bertahan hingga saat ini dan pernah mengecap masa keemasan di zamannya, salah satunya adalah Bimota YB5. Bimota merupakan perusahaan asal Rimini, Italia, yang bergerak di bidang manufaktur dan custom untuk sepeda motor. Perusahaan yang didirikan oleh Valerio Bianchi, Giuseppe Morri, dan Massimo Tamburini tersebut pernah mengerjakan proyek dengan mesin Suzuki, Honda, dan Kawasaki. Motor ini pertama kali diperkenalkan pada 1986 bergenre Sport Premium. Superbike ini tidak hanya menjual performa mesin "buas" yang legal digunakan dalam jalan raya saja, Bimota YB5 juga menawarkan posisi berkendara terbaik ketika ingin melaju kencang di jalanan umum. YB5 merupakan buah pengembangan dari Yamaha FJ1200 yang aslinya merupakan motor touring. Kemudian Bimota menggarap ulang bagian sasis, body, dan posisi jok sehingga YB5 memiliki tampilan motor balap. Motor berfairing penuh ini menggendong mesin berkapasitas 1.188cc DOHC 4-silinder dengan pendingin udara. Mesin ini mampu memproduksi tenaga maksimal sebesar 130 hp dengan torsi klimaks sebesar 108 Nm. Motor dengan 5 transmisi manual ini diklaim mampu melaju dengan kecepatan puncak mencapai 243 kilometer per jam. Sayangnya usia motor ini tidak lama. Motor ini hanya diproduksi antara tahun 1987 hingga 1988. Selama penjualan motor ini hanya laku terjual sebanyak 208 unit. Saat itu, Bimota membanderol motor balap ini dengan harga US$ 11 ribu. Berikut Spesifikasi Lengkapnya ENGINE: air/oil-cooled, four-stroke, transverse four cylinder, DOHC, 4 valves per cylinder DISPLACEMENT: 1.188 cm3 BORE X STROKE: 3.0x2.5 in OR 76.2x63.5 mm COMPRESSION RATIO: 9.7:1 HORSEPOWER: 130/8500 (hp)/RPM TORQUE: 80/7500 lb-ft/RPM OR 108/7500 Nm/RPM FUEL SYSTEM: 4x36mm Mikuni carburetors TRANSMISSION: GEARBOX 5-speed, manual CLUTCH wet multi-disc, manual PRIMARY DRIVE - FINAL DRIVE chain CHASSIS: FRAME steel FRONT SUSPENSION: 42mm Marzocchi telescopic fork REAR SUSPENSION: mono-shock FRONT BRAKE: dual 280mm discs REAR BRAKE: single 280mm disc FRONT TYRE: 120/70 ZR18 REAR TYRE: 170/60 ZR18 ANDHIKA KRESNA

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Pembalap Astra Honda Naik Podium di ARRC dan Red Bull MotoGP Rookies Cup
    Pembalap Astra Honda Naik Podium di ARRC dan Red Bull MotoGP Rookies Cup
    Anjar Leksana . 14 Jul, 2025
  • Yayasan AHM Gelar Safety Riding Camp 2025, Bangun Generasi Peduli Keselamatan Berkendara
    Yayasan AHM Gelar Safety Riding Camp 2025, Bangun Generasi Peduli Keselamatan Berkendara
    Zenuar Yoga . 14 Jul, 2025
  • Motor Listrik Serbaguna Indomobil eMotor Tyranno Hadir di Bandung
    Motor Listrik Serbaguna Indomobil eMotor Tyranno Hadir di Bandung
    Zenuar Yoga . 14 Jul, 2025
  • Performance Damper Untuk Nmax Turbo dan Neo Mulai Dijual Terpisah, Harganya?
    Performance Damper Untuk Nmax Turbo dan Neo Mulai Dijual Terpisah, Harganya?
    Zenuar Yoga . 14 Jul, 2025
  • MotoGP Jerman 2025: Marc Marquez Menang Mudah dan Selebrasi Aura Farming
    MotoGP Jerman 2025: Marc Marquez Menang Mudah dan Selebrasi Aura Farming
    Zenuar Yoga . 14 Jul, 2025
  • Ini Kelengkapan Gear Ultima yang Bikin Perjalanan Touring Jakarta-Yogyakarta Jadi Menyenangkan
    Ini Kelengkapan Gear Ultima yang Bikin Perjalanan Touring Jakarta-Yogyakarta Jadi Menyenangkan
    Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
  • Yamaha Mio: Sang Legenda yang Tak Pernah Padam dan Kembali Berjaya di Tengah Gempuran Skutik modern
    Yamaha Mio: Sang Legenda yang Tak Pernah Padam dan Kembali Berjaya di Tengah Gempuran Skutik modern
    Zenuar Yoga . 02 Jul, 2025
  • 6 Kelebihan Maka Cavalry: Motor Listrik Enak Buat Harian dan Touring Tipis
    6 Kelebihan Maka Cavalry: Motor Listrik Enak Buat Harian dan Touring Tipis
    Ardiantomi . 01 Jul, 2025
  • Adu Gengsi Skutik Canggih! Yamaha Nmax Turbo vs Honda PCX160 Roadsync, Mana Layak Dipilih?
    Adu Gengsi Skutik Canggih! Yamaha Nmax Turbo vs Honda PCX160 Roadsync, Mana Layak Dipilih?
    Zenuar Yoga . 10 Jun, 2025
  • Cari Skutik Nyaman Buat Perjalanan Jauh? Ini Rekomendasinya
    Cari Skutik Nyaman Buat Perjalanan Jauh? Ini Rekomendasinya
    Zenuar Yoga . 09 Jun, 2025
  • Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Zenuar Yoga . 18 Mar, 2025
  • Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Bangkit Jaya Putra . 04 Mar, 2025
  • First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025
  • First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    Bangkit Jaya Putra . 16 Jan, 2025
  • First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    Zenuar Yoga . 02 Jan, 2025