BMW Indonesia Luncurkan X7 dan X3 Berstatus CKD

BMW Group Indonesia masih mengandalkan pasukan SUV untuk awal 2021. Belum lama tiga varian baru BMW X meluncur dengan sejumlah penyegaran ringan. Tak berselang lama, dua lagi model X melanjutkan strategi peluncuran produk. Kali ini mengenalkan model dengan status rakitan lokal (CKD). Mereka adalah sang flagship X7 dan varian X3. Memang tidak benar-benar baru dan bukan model asing. X7 sudah kita kenal hampir dua tahun sementara X3 versi teranyar baru saja mendapat penyesuaian varian basic. Mari kita korek lebih dalam.


BMW X7 xDrive40i Opulence


Bila sebelumnya “The President” didatangkan utuh ke Indonesia, kini ia eksis dalam format rakitan lokal alias CKD. Tentu semua itu dibarengi penyesuaian harga. Lebih rendah, kini dibanderol Rp 2,611 miliar (OTR Jakarta). Ada selisih sekitar Rp 100 jutaan ketimbang model CBU. Kendati begitu, bukan berarti dibikin lebih payah. Kehadirannya justru dibarengi peningkatan potensi memikat.


“Hari ini, BMW Indonesia siap buka babak baru dari BMW Story of Luxury, mengomunikasikan mengenai rangkaian kendaraan flagship dalam portofolio BMW, wujudkan pemahaman baru tentang kemewahan - yang menyatukan emosi, estetika inspirasional dan kenyamanan berkendara melalui peluncuran THE NEW X7. Produk flagship dari keluarga BMW X ini mewakili puncak kemewahan dan perlihatkan potensi pengembangan pasar kendaraan mewah di Indonesia. Model terbaru BMW X7 xDrive40 Opulence telah dilengkapi dengan sentuhan eksterior, fitur serta sistem semi-autonomous driving yang semakin canggih,” ujar President Director BMW Group, Ramesh Divyanathan.


BMW X7 CKD


Indikasi model CKD bisa dilihat dari nama trim. Bukan lagi xDrive40i Pure Excellence, kini menganut nama xDrive40i Opulence. Tapi sebetulnya tidak berbeda jauh, bumper dan grille besar dengan konten lis kromium di sekujur tubuh tetap ia kenakan. Sebagian dilabur finishing satin seperti pada roof rail dan garis aksen tubuh lain. Begitu pula ditemukan pada running board. Yang membuatnya berbeda terletak di kaki. Ganti sepatu, memanfaatkan pelek gambot 21 inci dengan wajah Y-Spoke style 752 Bicolour.


Pun di segi fitur tidak ditemukan pemangkasan kelengkapan. Sama sekali tidak ada langkah yang mengurangi keperkasaan sang Sports Activity Vehicle (SAV) flagship. Contoh pemanfaatan lampu LED adaptif plus teknologi mutakhir Laserlight. Akses pintar Comfort Access System termasuk bukaan bagasi elektris tanpa sentuhan diboyongnya. Juga di bagian akses, penegas kasta tertinggi bisa dinikmati seperti soft-close door serta kunci otomatis ketika menjauh.


Masuk kabin, komposisi enam bangku supermewah bisa ditemukan. Dua di setiap baris dengan eksklusivitas utama di posisi tengah berupa captain seat lengkap armrest dan bantalan terbungkus Alcantara. Urusan material jelas menggugah indera. Memanfaatkan pembungkus jok Vernasca Leather berpori, trim kayu gelap, bahkan karpet dasar lembut berbahan velour.


Ditambah pula ketersediaan banyak ‘mainan’ bagi pengemudi dan penumpang. Misal di depan, sistem iDrive termutakhir memungkinkan pengoperasian lewat gestur tangan dan asisten suara. Wireless charging mejeng berikut konektivitas smartphone Apple CarPlay tanpa perlu kabel. Di belakang, penumpang tengah kebagian Rear Seat Entertainment individual dengan dua buah tablet touchscreen 20,25 inci. Panoramic Sunroof besar mejeng di atap, lengkap penghias ambient light bernuansa lounge.


BMW X7 CKD cabin


Suguhan kabin akan semakin komprehensif dengan kenikmatan pemanja telinga Bower & Wilkins Diamond Surround Sound System. Merupakan peningkatan dari sistem Harman Kardon pada model CBU. Ia menggendong 20 speaker dengan tenaga hingga 1.508 watt. Termasuk di dalamnya midrange speaker, sebaran 9 tweeter sampai ke atas kepala penumpang, serta 2 rohacell subwoofer. Permainannya disudahi cover aluminium berpola Fibonacci Effect.


Urusan kekuatan memacu, tidak ada perbedaan antara model CKD dan CBU. Dengan embel-embel xDrive40i berarti menggendong unit enam silinder TwinPower Turbo berkapasitas 3.000 cc. Lontaran tenaga sampai 340 hp di 5.500 – 6.500 rpm dibarengi torsi berlimpah 450 Nm sejak 1.500 rpm. Putaran diterjemahkan menuju keempat roda melalui sistem penggerak xDrive. Jembatannya sendiri adalah transmisi otomatis 8-kecepatan Sport Steptronic.


Walau berstatus flagship, kemampuan offroad tidak terkompromi. “xOffroad Package” disuntik ke balik tubuh untuk menyiapkan X7 sesuai medan yang akan dilalui secara otomatis. Ketinggiannya juga dapat diatur sedemikian rupa lewat suspensi udara dengan rentang jarak hingga 80 mm.


Soal asisten berkendara tidak perlu ditanya lagi. Perpaduan antara kamera dan radar melahirkan banyak asisten di pos tertentu. Bantuannya bejibun, mulai dari meminimalisir risiko celaka lewat peringatan hingga melakukan tindakan kendali aktif. Namun satu sorotan utama pada penyempurnaan model CKD adalah penambahan fitur Active Cruise Control with Stop&Go Function. Tak hanya bisa menyesuaikan irama laju dengan mobil di depan saat melaju cepat, kemungkinannya sampai membantu mengurangi stress dalam kemacetan. Rasa semi-otonom apalagi ditambah kemampuan parkir – paralel atau seri – dan mundur otomatis.


BMW X3 xDrive30i M Sport


BMW X3 M Sport


Lantas ada apa lagi dengan X3? Mengingat kembali, akhir Januari baru saja meluncur revisi opsi di varian entry level sDrive20i. Well, masih satu mobil yang sama hanya saja BMW Group Indonesia memisahkan momen peluncuran tipe model di dalamnya. Kali ini mereka datangkan kasta atas X3 xDrive30i M Sport. Berstatus CKD, ia dipasarkan seharga Rp 1,294 miliar (OTR Jakarta).


“Pada hari ini juga kami kembali memperlihatkan komitmen BMW Group Indonesia untuk dukung industri otomotif Indonesia dengan memperluas lini produksi BMW di Production Network 2, Gaya Motor, Jakarta melalui peluncuran varian kedua dari BMW X3 yaitu BMW X3 xDrive30i M Sport. Varian terbaru ini hadir dengan desain eksterior dan interior BMW M Sport yang ikonik dan sporty, serta ragam fitur pintar terbaru,” tambah Ramesh


Satu hal pembeda paling signifikan tergambar dari imbuhan xDrive30i. Penunjuk strata sebagai tipe dengan tenaga lebih besar dan sistem penggerak empat roda. Di balik bonnet tertanam pemacu bensin empat silinder 2,0 liter TwinPower Turbo plus sorotan teknologi seperti High Precision Direct Injection dan katup variabel Double-Vanos. Suguhkan gelontoran daya hingga 252 hp dan torsi 350 Nm menuju keempat roda lewat girboks otomatis 8-Speed Sport Steptronic dan sistem AWD xDrive.


Diferensiasi lain ditunjukkan oleh nama trim M Sport. Terpancar aura sporty dari pakaian spesifik M Sport Exterior Package yang kecenderungannya mengarah ke pengukir aspal. Permainan rongga besar menghiasi area bumper depan. Sama halnya di buritan, elemen bumper bak diffuser besar disandingkan dual exhaust pipe sehingga bikin bokong semakin terlihat agresif. Belum lagi M Aerodynamic Package demi aliran udara optimal terutama ke sisi pendingin sistem pengereman.


BMW X3 M Sport


Komposisi eksterior ini dilengkapi fitur kekinian. Pendar lampu Adaptive LED plus selective-beam dipakai agar sinaran terang tidak menyilaukan pengemudi lain saat malam hari. Lampu kabut LED terpasang di bawah bumper dengan postur melintang. Untuk urusan akses dipastikan sesuai ekspektasi harga. Tertanam smart entry Comfort Access lengkap bukaan bagasi elektrik lewat ayunan kaki.


Paling menarik justru sepatunya. Pakai pelek 20 inci M Light Alloy Wheels Double Spoke style 699 M. Menyudahi karakteristik gahar X3 xDrive30i M Sport. Tapi bukan sebatas aura sebab kelengkapan di balik tubuh turut dibuat fungsional mendukung gaya. Seminimalnya dapat dilihat M Sport Brake bersemayam di balik roda. Merupakan konstruksi piringan ringan serta kaliper besar dikelir biru.


Tubuhnya menyembunyikan potensi yang dapat membuat sensasi berkendara semakin seru. Contoh redaman suspensi adaptif, bermain bersama variable sport steering. Memberikan nilai sporty pada bobot kemudi, kecepatan arah belok, dan disokong kekerasan bantingan sesuai kebutuhan.


Dalam kabin, sensasi motorsport tertuang dalam wujud sport seat khusus bangku depan. Ditambah pula M Leather steering wheel dan paddle shifter. Namun unsur mewah juga tidak dilupakan. Panorama glass roof mendominasi atap demi suguhkan cahaya alami ke kabin. AC tiga zona, display full digital, dan sistem iDrive termutakhir menjadi unsur kecanggihan nan berkelas. Telinga kemudian akan dimanja oleh sound system racikan Harman Kardon. Menganut aransemen 16 speaker berkekuatan 464 watt. (Krm/Odi)

Jelajahi BMW X7

Tampak Depan Bawah BMW X7
BMW X7 Rp 2,72 Milyar Cicilan Mulai : Rp 62,15 Juta
Lihat Promo

Artikel yang direkomendasikan untuk anda