Brabus 92R, Monster Kecil Bertenaga Listrik untuk Perkotaan

Brabus 92R

Brabus identik dengan performa tinggi. Bermacam model superganas lahir dari tangan dingin para teknisi di Bottrop, Jerman. Sebut saja Rocket 900 sampai G V12 900. Tapi bukan hanya Mercedes-Benz, Smart pun mereka otak-atik. Sehingga lahirlah, “Supercar untuk Perkotaan”.

Itu sebutan yang diberikan pada racikan termutakhir mereka, 92R. Mengambil basis ‘mobil kutu’ Jerman bertenaga listrik Smart EQ ForTwo Cabriolet. Mereka pompa lagi tenaga dari Three Phase Synchronous Motor hingga dapat melontarkan sampai 92 hp dibarengi torsi 180 Nm. Memang tidak terlihat fantastis, tapi untuk mobil sekecil Smart ForTwo mungkin dirasa cukup bergairah – apalagi berstatus EV yang terkenal hadirkan dorongan instan.

Setidaknya, berdasarkan standar ForTwo, lonjakan segitu terbilang besar. Sebagai perbandingan, model orisinal siapkan output 80 hp saja bersama torsi 130 Nm. Berkat penambahan tenaga, akselerasinya terpangkas satu detik. Brabus 92R diklaim dapat menuntaskan akselerasi ke 100 kpj dalam tempo 10,9 detik sementara sebelum dibuat kekar menorehkan angka 11,9 detik. Dibejek habis, kecepatan tingginya ditahan sebagaimana versi standar. Paling tinggi 130 kpj. Wajar, lagipula kendaraan sekecil itu akan sangat mengerikan ketika dipacu kencang.

Baca Juga: Sebuah Mercedes-Benz C-Class Berkamuflase Tertangkap Kamera Intai, Ada Sesuatu yang Tak Lazim

Irama performa tinggi dibarengi aransemen suspensi baru. Kaki-kaki mengusung sistem coil-overadjustable Brabus Sports Suspension . Disebut sudah dirancang dan dikalibrasi sesuai kombinasi pelek dan ban berikut bobotnya. Dijanjikan boyong “kombinasi kelincahan, pengendalian aman, dan kualitas berkendara yang luar biasa”. Terlepas dari penawaran itu, diketahui kuda-kuda 92R amblas sekitar 25 mm.

Jadi tradisi, belum jadi Brabus seutuhnya kalau belum memancarkan gaya nyentrik. Bagus atau tidak, itu sesuai selera. Tapi harus diakui, tuner asal Bottrop, Jerman ini sukses bikin si mobil kecil tampil tengil. Fasad depan dirombak habis dengan bumper anyar. Begitu pula di belakang, dipasang diffuser. Spoiler merah dan aksen senada di side skirt memperkuat kesan sporty. Disebut rancangan baru ini bukan sebatas gaya, ada peningkatan fungsi aerodinamika.

Tak hanya body kit yang bikin 92R terlihat begitu nakal. Ia bahkan seakan berkiblat pada para supercar asli dengan pemakaian pelek berukuran belang. Di depan ia mengenakan BRABUS Monoblock IX delapan palang ganda berukuran 16 inci sementara di belakang 17 inci dan terbungkus ban Yokohama.

Area kabin tidak luput dari sentuhan dan dibuat selaras gaya eksterior. Akan terlihat mentereng ketika atap dibuka lantaran jok dibungkus material kulit berwarna merah. Bukan sebata jok merah pula, diramaikan pola jahitan ‘Ultimate Ellipse’ berikut sambungan hitam dan outline logo Brabus di sandaran. Itu jadi standar presentasi sebab pada dasarnya konsumen Brabus bisa menentukan sendiri mulai dari cat hingga upgrade interior.

Rencananya hanya 50 unit 92R yang bakal diproduksi oleh Brabus. Diberi label serendah 46.284 Euro atau sekitar Rp789 juta. Standarnya mobil ini dibekali perlengkapan berupa Three Phase Synchronous Electric Motor dengan modul kontrol dari Brabus berikut fitur seperti AC, radio, dan sistem navigasi.

Baca Juga: Mercedes-Benz EQA Resmi Mendebut Sebagai Compact EV Pertama Pabrikan

Piawai Menggarap Monster

Ya, pengembangan EV mungkin masih berada di tahap awal. Tapi bisa dilihat ke mana arahnya kalau Brabus bicara soal performa. Contoh salah satu racikan buas termutakhir mereka, Brabus Rocket 900. Mercedes-AMG GT 63 S yang sudah gahar saja dibikin jadi monster.

Berbagai rombakan hardware dan software menghadiahkan output berlimpah. Jauh dari versi standar yang sebenarnya sudah menjadi salah satu sedan terkencang saat ini. Sesuai nama, total 900 hp dapat dimuntahkan Brabus Rocket 900. Di samping itu, ia sanggup menendang torsi sekuat 1.250 Nm menuju keempat roda meski sebenarnya dibatasi sampai 1.050 Nm saja. Menjadi penyalur daya adalah girboks multi-clutch Speedshift MCT 9-speed berpadu sistem 4Matic+.

Punya sumber daya sangar tentu berimplikasi pada kehebatan memacu. Akselerasi ke 100 kpj tuntas dalam tempo 2,8 detik. Kalau pedal gas terus dibejek selama 21,1 detik lagi, Anda akan menyadari telah mencapai 300 kpj. Kendati begitu, sisi psikopatnya bakal dibatasi oleh limiter elektronik di 330 kpj – mempertimbangkan bobot keseluruhan 2,12 ton dan batas kemampuan ban

Hanya 10 Mercedes-AMG GT 63 S bakal diracik Brabus dengan spesifikasi Rocket 900. Diproduksi dalam jumlah sangat terbatas dan memiliki tingkat personalisasi yang tinggi. Tentu wajar bila banderolnya mencengangkan. Edisi pertama dipasang label 435.800 Euro atau sekitar Rp7,5 miliar. (Krm/Odi)

Baca Juga: Brabus Rocket 900, Super Saloon Berbasis Mercedes-AMG GT 63 S

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • The Elite Showcase 2024 Bukan Sekadar Pameran Modifkasi, Kini Dimeriahkan Lifestyle dan Motorsport
    The Elite Showcase 2024 Bukan Sekadar Pameran Modifkasi, Kini Dimeriahkan Lifestyle dan Motorsport
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • Eurokars Gelar Pre-Owned Car Expo, Tawarkan Banyak Mobil Mewah Bersertifikasi Pabrikan
    Eurokars Gelar Pre-Owned Car Expo, Tawarkan Banyak Mobil Mewah Bersertifikasi Pabrikan
    Wahyu Hariantono . Hari ini
  • Bercengkerama Dengan Ioniq 5 N dan Mobil Kencang Lainnya di Hyundai Pan-ASEAN N Day
    Bercengkerama Dengan Ioniq 5 N dan Mobil Kencang Lainnya di Hyundai Pan-ASEAN N Day
    Anindiyo Pradhono . 18 Mei, 2024
  • TOMO Bridgestone Hadir di Bandung, Perluas Jangkauan di Jawa Barat
    TOMO Bridgestone Hadir di Bandung, Perluas Jangkauan di Jawa Barat
    Muhammad Hafid . 18 Mei, 2024
  • Honda: Hybrid Paling Cocok Untuk Pasar Indonesia, Tapi Perlu Edukasi Masyarakat Lebih Luas
    Honda: Hybrid Paling Cocok Untuk Pasar Indonesia, Tapi Perlu Edukasi Masyarakat Lebih Luas
    Wahyu Hariantono . 17 Mei, 2024

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Hyundai Pan-ASEAN N Day, Berkenalan dengan Line-up N Terbaru
    Hyundai Pan-ASEAN N Day, Berkenalan dengan Line-up N Terbaru
    Anindiyo Pradhono . 18 Mei, 2024
  • BMW Indonesia Luncurkan Fitur Telematika Canggih
    BMW Indonesia Luncurkan Fitur Telematika Canggih
    Muhammad Hafid . 17 Mei, 2024
  • Kia EV6 Dapat Penyegaran, Daya Jelajah Bertambah Menjadi 494 Km
    Kia EV6 Dapat Penyegaran, Daya Jelajah Bertambah Menjadi 494 Km
    Anjar Leksana . 17 Mei, 2024
  • Penuhi Kebutuhan Konsumen Daerah, Alasan Mitsubishi Tawarkan Xpander Ultimate MT
    Penuhi Kebutuhan Konsumen Daerah, Alasan Mitsubishi Tawarkan Xpander Ultimate MT
    Setyo Adi Nugroho . 17 Mei, 2024
  • Hyundai Motor Kerja Bareng ITB dalam Pengembangan Perintah Suara AI
    Hyundai Motor Kerja Bareng ITB dalam Pengembangan Perintah Suara AI
    Anjar Leksana . 17 Mei, 2024
  • Kompasari Low SUV Anyar, Citroen C3 Aircross dan Toyota New Rush GR Sport
    Kompasari Low SUV Anyar, Citroen C3 Aircross dan Toyota New Rush GR Sport
    Setyo Adi Nugroho . 08 Mei, 2024
  • Komparasi Produk EV Terbaru, GAC Aion Y Plus dan BYD Atto 3
    Komparasi Produk EV Terbaru, GAC Aion Y Plus dan BYD Atto 3
    Setyo Adi Nugroho . 25 Apr, 2024
  • Sama-sama 7-seater, Komparasi Citroen C3 Aircross vs Honda BR-V
    Sama-sama 7-seater, Komparasi Citroen C3 Aircross vs Honda BR-V
    Muhammad Hafid . 25 Apr, 2024
  • Pilihan Pikap Bekas, Solusi Murah untuk Bisnis dan Usaha
    Pilihan Pikap Bekas, Solusi Murah untuk Bisnis dan Usaha
    Anjar Leksana . 25 Apr, 2024
  • Cek Spesifikasi Dua SUV Hybrid Terbaru, Haval H6 dan MG VS HEV
    Cek Spesifikasi Dua SUV Hybrid Terbaru, Haval H6 dan MG VS HEV
    Setyo Adi Nugroho . 22 Apr, 2024
  • Hindari Beristirahat dan Tidur di Dalam Mobil yang Menyala, Ini Bahayanya!
    Hindari Beristirahat dan Tidur di Dalam Mobil yang Menyala, Ini Bahayanya!
    Muhammad Hafid . 10 Mei, 2024
  • Jangan Lupa Cek Bagian-bagian Mobil Usai Dipakai Mudik Lebaran
    Jangan Lupa Cek Bagian-bagian Mobil Usai Dipakai Mudik Lebaran
    Anjar Leksana . 16 Apr, 2024
  • Tips Memanfaatkan Jalur Contraflow dan One Way saat Arus Balik
    Tips Memanfaatkan Jalur Contraflow dan One Way saat Arus Balik
    Setyo Adi Nugroho . 12 Apr, 2024
  • Tips Mudik Pakai Mobil Listrik dari Hyundai
    Tips Mudik Pakai Mobil Listrik dari Hyundai
    Setyo Adi Nugroho . 09 Apr, 2024
  • Waspada Menggunakan Jalur Contraflow
    Waspada Menggunakan Jalur Contraflow
    Setyo Adi Nugroho . 09 Apr, 2024
  • First Drive Haval H6: Tawarkan Hybrid Turbo dan Fitur Melimpah!
    First Drive Haval H6: Tawarkan Hybrid Turbo dan Fitur Melimpah!
    Anjar Leksana . 13 Mei, 2024
  • Test Drive Seres E1: Harga Bersaing, Cocok Buat Harian di Perkotaan
    Test Drive Seres E1: Harga Bersaing, Cocok Buat Harian di Perkotaan
    Setyo Adi Nugroho . 06 Mei, 2024
  • Road Test Toyota Yaris Cross Hybrid: Sangat Irit Diajak ke Luar Kota!
    Road Test Toyota Yaris Cross Hybrid: Sangat Irit Diajak ke Luar Kota!
    Anjar Leksana . 25 Apr, 2024
  • Road Test Kia EV6 GT-Line: Serasa Melesat Bersama Sports Car!
    Road Test Kia EV6 GT-Line: Serasa Melesat Bersama Sports Car!
    Anjar Leksana . 02 Apr, 2024
  • First Drive Chery Tiggo 5X: Harga Jadi Senjata
    First Drive Chery Tiggo 5X: Harga Jadi Senjata
    Setyo Adi Nugroho . 28 Mar, 2024