Bugatti Bolide, Hypercar Track Oriented Calon Pencetak Rekor Kecepatan Baru

Bugatti Bolide

Bukan Bugatti namanya kalau ikut berlomba ciptakan mobil hemat. Fokusnya masih urusan kecepatan, berambisi menembus rekor yang semakin sinting. Sebut saja, Sport, Pur Sport, Vision Gran Turismo, Centodieci, Divo, Super Sport 300+, dan La Voiture Noire – yang menjadi platform Bugatti Chiron. Semuanya menciptakan batasan baru yang harus ditemus penerusnya.

Lalu muncullah sosok hypercar terbaru Bugatti. Sempat misterius saat menjalani tes di Paul Ricard, Prancis, kini diungkap resmi ke publik. Namanya Bugatti Bolide. Merupakan sebuah wujud studi eksperimen untuk membangun sebuah mobil dengan mesin W16 andalan Bugatti sebagai pusatnya. Setidaknya untuk saat ini cuma menjadi bahan studi. Jadi, Bugatti bukan memikirkan mesin apa untuk dipakai pada mobil, tapi justru semaksimal apa chassis bisa dikembangkan mengikuti performa mesin.

Bugatti bolide

Diutarakan oleh Stephan Winkelmann selaku CEO Bugatti, mobil ini pada dasarnya hanyalah “empat roda, mesin, gearbox, setir dan, satu-satunya kemewahan, dua kursi”. Potensi dari mesin W16 8,0 liter quad-turbo ingin dieksploitasi semaksimal mungkin, dengan arah pengembangan jauh berbeda dari Chiron dan Veyron. Performa di atas trek menjadi fokus dari pengembangan Bolide.

Yang jelas terlihat, Bolide secara visual memiliki sedikit struktur body namun untuk menghasilkan downforce maksimal. Tentunya untuk mengakomodasi luapan output mesin yang sama-sama menghasilkan angka 1.850 hp pada 7.000 rpm dan torsi di angka yang sama 1.850 Nm pada 2.000 rpm. Dengan bobot kosong 1.240 kg atau sama dengan rata-rata mobil kompak Eropa. Hitung-hitungan sederhananya, angka power-to-weight ratio dari Bolide nyaris menyamai mobil balap Formula 1. Berapa? 0.67 kg/hp saja.

Baca Juga: Ada di Indonesia, Ini 10 Mobil Paling Aerodinamis di Dunia

Bugatti Bolide Concept 2020

Ringannya Bolide berkat pemanfaatan material titanium pada konstruksi arsitekturnya, baik chassis maupun komponen pemersatunya seperti baut dan lain-lain. Bahkan terdapat titanium alloy yang dicetak 3D untuk komponen fungsional tertentu. Selain itu, tentunya carbon fiber menjadi pembungkus utama chassis yang divisualkan melalui monokok dan body ekstrem dan agresif. Klaimnya, Bolide adalah konsep kendaraan paling ekstrem, tanpa kompromi, terkencang dan teringan dalam sejarah Bugatti.

Intake atau grille berbentuk tapal kuda di depan menjadi ciri khas Bugatti dari tampilan luar. Selebihnya, Bolide nyaris tidak menyisakan kemiripan dari Chiron atau Divo, sebagai line up terkini Bugatti. Rangkaian desain dan pahatan body eksterior dibuat sedemikian rupa untuk hasilkan aerodinamika terbaik. Sepintas, tampang Bolide bisa disetarakan dengan mobil balap prototipe Le Mans. Lubang udara besar di depan terintegrasi mengalirkan udara ke bagian samping, sampai dengan ke belakang.

Sentuhan ala mobil balap ditunjukkan oleh spoiler depan besar, air scoop di atap yang terhubung sirip hiu, lalu sayap besar adjustable di buritan. Jangan lewatkan juga diffuser besar yang disertai empat knalpot di titik pusat lampu belakang berbentuk garis X. Masih ada juga lampu mundur kecil di area diffuser, yang mirip dimiliki mobil F1.

Baca juga: Ini 7 Sedan dengan Max Speed di Atas 320 Km/Jam

Bugatti Bolide Concept 2020

Mengintip bagian dalamnya, cenderung minimalis dengan tujuan Bugatti ingin menghasilkan bobot seminim mungkin. Mayoritas panel interior mengadopsi bahan carbon fiber, dengan sentuhan Alcantara pada door trim, dashboard, dan setir ala mobil balap. Dua kursi berdesain ala mobil balap juga, carbon fiber, dengan beberapa bantalan untuk (setidaknya) menjaga kenyamanan, di samping proteksi oleh seatbelt enam titik. Layar LED persegi di balik setir menjadi pusat informasi pengemudi, denagn sejumlah tombol kendali di setir dan tengah dashboard.

Secara teori, Bugatti mengklaim Bolide bisa menembus 500 kpj. Dengan output yang dihasilkan mesin, Bolide diklaim dapat berakselerasi 0-100 kpj dalam 2,17 detik saja, lalu 0-200 kpj dalam 4,36 detik, dan 0-300 kpj dalam 7,37 detik. Sementara terbang rendah sampai 400 kpj sekelabat 12,08 detik dan bahkan menembus 500 kpj cuma 20,16 detik. Sinting!

Lewat karya terekstremnya ini, Bugatti langsung mengincar memecahkan rekor lap time di sejumlah sirkuit dunia. Dua yang sudah dinyatakan menjadi incaran adalah Nuburgring Nordschleife dan Le Mans. Bahkan Bugatti sudah melakukan simulasi, dengan hasil lap time masing-masing 3:07,1 menit untuk Le Mans dan 5:23,1 menit untuk Nurburgring. Tentunya akan menarik untuk dinantikan bagaimana hasilnya. Begitu juga mengenai Bugatti akan membuat Bolide lebih banyak atau tidak.

Bisa jadi, hal ini lantaran Bugatti gregetan soal rekor kecepatan 2020 yang dibuat Bugatti Chiron Super Sport 300+. Mobil ini menggunakan quadruple-turbocharged, 8.0-liter W16 yang juga digunakan pada Veyron dan Veyron Super Sport. Dengan tenaga 1,600 horsepower dan torsi 1,180 Nm membuat Chiron mampu melesat 0-100 km/jam dalam 2,3 detik. Sedangkan rekor kecepatan mobil seharga US$ 3.9 juta adalah 304 mph atau 389 kph.

Setahun kemudian, rekor Bugatti dipecahkan Koenigsegg Jesko Absolut. Ia adalah keluaran Swedia. Tenaganya 1,600 hp dan torsi 1,106 lb-ft hasil dari mesin twin-turbocharged 5.0-liter V8. Mobil seharga US$ 2.8 juta. Mampu melesat 330 mph atau 531 kph. Dicapai di Ehra-Lessien proving grounds di utara Jerman, milik perusahaan induk Bugatti, Volkswagen. (Why/Odi)

Sumber: Bugatti, Carscoops

Baca Juga: Prototipe Mini John Cooper Works GPE Sedang Diuji, Hot Hatch Hardcore Bertenaga Listrik

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • GWM Tank dan Haval Curi Perhatian Pengunjung Central Park Mall
    GWM Tank dan Haval Curi Perhatian Pengunjung Central Park Mall
    Tomi Tomi . Today
  • FIRST DRIVE: Chery Tiggo 5X Cocok Untuk Keliling Kota, Fiturnya Kompetitif
    FIRST DRIVE: Chery Tiggo 5X Cocok Untuk Keliling Kota, Fiturnya Kompetitif
    Setyo Adi . Today
  • HPM Umumkan Presdir Baru, Transfer Pengalaman Langsung dari Amerika Serikat
    HPM Umumkan Presdir Baru, Transfer Pengalaman Langsung dari Amerika Serikat
    Wahyu Hariantono . Today
  • Hino Gelar 18 Posko Lebaran di Jawa Sampai Sumatera, Buka 24 Jam
    Hino Gelar 18 Posko Lebaran di Jawa Sampai Sumatera, Buka 24 Jam
    Setyo Adi . Today
  • Jadi Hybrid Termurah di Indonesia, MG VS HEV Bisa Dicicil Mulai Rp6 Juta
    Jadi Hybrid Termurah di Indonesia, MG VS HEV Bisa Dicicil Mulai Rp6 Juta
    Setyo Adi . 27 Mar, 2024

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Kepemilikan Bentley Semakin Tenang dengan Tambahan Garansi hingga 10 Tahun
    Kepemilikan Bentley Semakin Tenang dengan Tambahan Garansi hingga 10 Tahun
    Anindiyo Pradhono . Hari ini
  • Duo SUV Hybrid Premium Tank dan Haval Hadir di Central Park Mall
    Duo SUV Hybrid Premium Tank dan Haval Hadir di Central Park Mall
    OTO . Hari ini
  • BMW Memperkenalkan Sedan Listrik i5 eDrive40 M Sport
    BMW Memperkenalkan Sedan Listrik i5 eDrive40 M Sport
    Setyo Adi Nugroho . 27 Mar, 2024
  • Skema Kredit MG VS HEV, Angsuran Mulai Rp6 Jutaan
    Skema Kredit MG VS HEV, Angsuran Mulai Rp6 Jutaan
    Setyo Adi Nugroho . 27 Mar, 2024
  • Mitsubishi Motors Rayakan Produksi ke-100.000 Kendaraan Mini Full Listrik
    Mitsubishi Motors Rayakan Produksi ke-100.000 Kendaraan Mini Full Listrik
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2024
  • 8 Sedan Pilihan untuk Dibawa Mudik Lebaran
    8 Sedan Pilihan untuk Dibawa Mudik Lebaran
    Setyo Adi Nugroho . 20 Mar, 2024
  • Komparasi Perbekalan VinFast VF e34 untuk Melawan BYD Dolphin dan MG 4 EV
    Komparasi Perbekalan VinFast VF e34 untuk Melawan BYD Dolphin dan MG 4 EV
    Setyo Adi Nugroho . 04 Mar, 2024
  • Lihat Plus Minus VinFast VF5 Dibandingkan Citroen e-C3, Neta V dan Wuling BinguoEV
    Lihat Plus Minus VinFast VF5 Dibandingkan Citroen e-C3, Neta V dan Wuling BinguoEV
    Setyo Adi Nugroho . 28 Feb, 2024
  • Komparasi Nissan Sakura dan Wuling BinguoEv, Produk EV Kompak yang Menarik
    Komparasi Nissan Sakura dan Wuling BinguoEv, Produk EV Kompak yang Menarik
    Setyo Adi Nugroho . 26 Feb, 2024
  • Chery Tiggo 5X atau Wuling Alvez, Ini Perbandingan Keduanya
    Chery Tiggo 5X atau Wuling Alvez, Ini Perbandingan Keduanya
    Setyo Adi Nugroho . 26 Feb, 2024
  • Cek Bagian-bagian Mobil Ini Sebelum Perjalanan Mudik
    Cek Bagian-bagian Mobil Ini Sebelum Perjalanan Mudik
    Anjar Leksana . 19 Mar, 2024
  • Berencana Mudik dengan Potensi Cuaca Ekstrem? Jangan Lupa Periksa Komponen Ini
    Berencana Mudik dengan Potensi Cuaca Ekstrem? Jangan Lupa Periksa Komponen Ini
    Zenuar Yoga . 19 Mar, 2024
  • Viral Kecelakaan Saat Parkir, Simak Tips Aman Parkir Kendaraan
    Viral Kecelakaan Saat Parkir, Simak Tips Aman Parkir Kendaraan
    Setyo Adi Nugroho . 18 Mar, 2024
  • Agar Tak Tertipu, Berikut Tips Saat Mau Servis Kaki-Kaki Mobil
    Agar Tak Tertipu, Berikut Tips Saat Mau Servis Kaki-Kaki Mobil
    Zenuar Yoga . 18 Mar, 2024
  • Tips Berbuka Puasa di Kendaraan Secara Aman dan Nyaman
    Tips Berbuka Puasa di Kendaraan Secara Aman dan Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 17 Mar, 2024
  • First Drive Chery Tiggo 5X: Harga Jadi Senjata
    First Drive Chery Tiggo 5X: Harga Jadi Senjata
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • Road Test Mitsubishi XForce: Performa Mesin Cukup dan Konsumsi BBM Irit!
    Road Test Mitsubishi XForce: Performa Mesin Cukup dan Konsumsi BBM Irit!
    Bangkit Jaya Putra . 25 Feb, 2024
  • First Drive Suzuki Jimny 5-Door: Daya Tarik Sang Ikonik
    First Drive Suzuki Jimny 5-Door: Daya Tarik Sang Ikonik
    Setyo Adi Nugroho . 20 Feb, 2024
  • First Drive BYD Seal: Sensasi Sedan Sport Listrik
    First Drive BYD Seal: Sensasi Sedan Sport Listrik
    Setyo Adi Nugroho . 07 Feb, 2024
  • First Drive BYD Atto 3: Kualitas Berbicara
    First Drive BYD Atto 3: Kualitas Berbicara
    Anindiyo Pradhono . 07 Feb, 2024