Bukan Kawasaki Z1000, Ini Dayun Chi 302 dari Tiongkok

Dayun chi 302

Sudah tidak mengherankan lagi pabrikan otomotif Tiongkok mencontek desain produk lain. Begitu Kawasaki Z1000 difotokopi tak lagi kaget. Dayun Chi 302 terang-terangan mengkloning tampilan naked bike legendaris itu. Tapi sebatas tampang saja. Urusan teknis jelas saja kalah.

Siapa tak kenal Kawasaki Z1000. Penampilannya agresif, desain kekar dan suara menarik yang berasal dari blok mesin 4 silinder. Karena popularitas yang mendunia, pabrikan Cina akhirnya membuat versi ‘lite’ atau ekonomis. Tahun lalu sempat ada versi "copy" bernama Yamax Z400 yang juga dari Tiongkok. Sekarang dilanjutkan oleh Dayun. Mereka merilis Chi 302 (DY300-2F) dan masuk ke dalam segmen motor sport 300 cc.

Dayun chi 302

Dayun 'mengambil inspirasi' dari motor ikonik Kawasaki untuk menciptakan Chi 302. Ada beberapa bagian bodi dibuat serupa. Paling mencolok bagian depannya, model batok dan headlamp dibuat persis Z1000. Terdapat empat buah lampu projector yang dibungkus dengan cover menunduk. Tapi kesan agresifnya tak sebanding dengan Sugomi.

Sementara bentuk tangki dan shroud serupa Z250. Tapi kalau dilihat secara detail, bagian itu justru lebih mirip Yamaha Byson yang telah dimodifikasi. Terdapat sasis tubular di tengah buat mengisi celah. Padahal produk aslinya tidak ada komponen itu. Ya, tentu saja untuk menutupi kekurangan kapasitas silinder. Sedang rangkanya tampak seperti MT-25 yang dijual di Indonesia.

Baca Juga: Benda Motorcycles Luncurkan LFS700 untuk Hadapi Honda CB650

Dayun chi 302

Berkat penggunaan desain agresif Sugomi, Z1000 merupakan moge paling dihormati di jajaran naked bike Kawasaki. Menggendong mesin 4 silinder, DOHC, 16 katup, Liquid-cooled, 4-stroke In-Line Four yang memiliki kapasitas mesin 1.000 cc. Si versi plagiat cuma memakai jantung mekanis paralel-twin 285 cc, berpendingin cairan yang menghasilkan tenaga 28,8 daya kuda pada rpm 8.500 dan torsi 27 Nm pada rpm 6.500. Jelas perbedaan yang cukup signifikan.

Panel instrumen dibikin sama. Mengadopsi full digital dengan takometer terpisah. Rupanya pihak pabrikan memang berniat untuk menjiplak semua komponen yang ada di Sugomi. Lanjut ke bagian kaki-kaki, mengadopsi model serupa. Depan pakai upside down dengan tabung silver dan belakangnya monoshock. Tapi tentu saja diameternya tidak sama. Lantaran bobotnya pasti lebih ringan.

Dayun chi 302

Sektor pengereman juga dibuat mirip. Depan pakai kaliper radial dengan cakram ganda dan single disk belakang. Namun belum diketahui apakah sudah dipasangkan ABS atau belum. Sementara ukuran kulit bundar sepertinya berbeda, tapi jenis dan tipe ban bisa saja dibuat sama dengan produk Kawasaki.

Berbeda dengan Kawasaki Z1000, Chi 302 ini hanya mendapat knalpot di satu sisi. Diklaim irit oleh Dayun dengan angka efisiensi diklaim sekitar 27,6 kilometer per liter bensin. Untuk saat ini hanya tersedia di Tiongkok. Dan sepertinya motor ini tidak mungkin diekspor besar-besaran ke negara lain. (Bgx/Odi)

Sumber: Ride Apart

Baca Juga: Wmoto Xtreme 150i, Duplikat Honda ADV 150 yang Jauh Lebih Murah

Baca Semua

Artikel Unggulan

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang