Bukan Transmisi Biasa, Begini Cara Merawat D-CVT Mobil Daihatsu

Daihatsu Rocky interior

 

KEY TAKEAWAYS

  • D-CVT memiliki mekanisme kerja dengan belt seperti CVT konvensional lain

    Saat kecepatan tinggi di atas 60 km/jam, perpindahan tenaga disalurkan dari belt ke split gear
  • Transmisi merupakan salah satu bagian penting dari mobil. Ia berfungsi untuk menyalurkan, sekaligus meningkatkan torsi ataupun kecepatan. Fungsinya dapat menyesuaikan kondisi mobil. Daihatsu selalu mengembangkan perangkat di dalam produk. Salah satunya adalah komponen penyalur tenaga. Perlu diketahui beberapa tipe transmisi seperti manual, otomatis konvensional dan CVT. Tapi ADM saat telah mengembangkan transmisi baru yang disebut D-CVT (dual mode CVT). Perawatannya gampang.

    Dalam hal perawatan, transmisi D-CVT juga terbilang mudah. Hanya perlu dua hal yang harus dipastikan yaitu: melakukan pengecekan volume dan kualitas oli secara berkala. Perlu dicatat, pemeriksaan dilakukan setiap 20.000 km atau 12 bulan. Juga saat penggantian oli setiap 80.000 km atau 48 bulan (mana yang tercapai lebih dulu).

    Menurut Astra Daihatsu Motor, transmisi New D-CVT (Dual Mode Continuously Variable Transmission) memiliki keunggulan lebih halus. Misal ketika berpindah gigi dan efisiensi bahan bakar bisa semakin efisien sekitar 5 persen. Teknologi transmisi ini terbilang baru di Indonesia. Sudah diaplikasikan di Rocky, All New Xenia dan New Sirion.

    Nah, tipe transmisi ini memiliki mekanisme kerja dengan belt seperti CVT konvensional lain. Tetapi yang berbeda ialah, dikombinasikan dengan split gear yang merupakan keunggulan dari D-CVT. Saat kecepatan tinggi di atas 60 km/jam, perpindahan tenaga disalurkan dari belt ke split gear. Sehingga akselerasi mobil dapat maksimal dan dapat menghemat konsumsi bahan bakar.

    Baca Juga: Transmisi D-CVT New Daihatsu Sirion Beda dengan Honda Brio, Begini Cara Kerjanya

     

    D-CVT Daihatsu

    Adapun kelemahan CVT tradisional kerap mengalami power-loss dan suara mendengung tinggi saat akselerator ditekan mengganggu. Lalu CVT selalu ingin menjaga output di putaran mesin puncak. Itulah mengapa selalu menggerung keras dulu sebelum mulai berakselerasi. Jelas kurang nyaman, ada rasa seolah enjin selalu disiksa. Saat melaju kencang, CVT ada di rasio tertinggi yang bisa berdampak terhadap efisiensi bahan bakar. Maka Daihatsu menambahkan planetary gear.

    Penggunaan transmisi ini juga tidak jauh berbeda dengan jenis automatic secara umum. Yaitu mengoperasikan tuas transmisi di posisi D (drive) pada saat berkendara, R (reverse) pada saat mundur. Dan sudah dibekali dengan posisi S (sport), berfungsi untuk mendapatkan akselerasi lebih tinggi. Di model macam Rocky maupun Xenia, terdapat posisi M (manual). Memungkinkan pengemudi dapat merasakan sensasi memindahkan gigi secara manual. Bahkan di New Sirion dilengkapi dengan posisi B (brake). Guna memaksimalkan engine brake ketika di jalan turunan.

    “Kami berharap, dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang komponen, mekanisme kerja, perawatan. Termasuk tips dan trik dalam penggunaan transmisi D-CVT. Sehingga kendaraan kesayangan sahabat tetap dalam kondisi nyaman & optimal,” ujar Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor. (Alx/Odi)

     

    Baca Juga: All New Daihatsu Xenia Tidak Pakai CVT Biasa, Ini Keistimewaannya

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Daihatsu Unggulan

    Artikel Mobil Daihatsu dari Carvaganza

    • Daihatsu Indonesia Resmikan Dojo Center dan Tambah SMK Binaan
      Daihatsu Indonesia Resmikan Dojo Center dan Tambah SMK Binaan
      Muhammad Hafid . 17 Mar, 2024
    • Daihatsu Bawa Gran Max dan Luxio Modifikasi di GIICOMVEC 2024
      Daihatsu Bawa Gran Max dan Luxio Modifikasi di GIICOMVEC 2024
      Anjar Leksana . 07 Mar, 2024
    • Akibat Mur Kurang Kencang, All New Daihatsu Xenia Recall
      Akibat Mur Kurang Kencang, All New Daihatsu Xenia Recall
      Setyo Adi . 15 Feb, 2024
    • Penjualan Daihatsu Naik Sepanjang 2023, LCGC Penyumbang Terbanyak
      Penjualan Daihatsu Naik Sepanjang 2023, LCGC Penyumbang Terbanyak
      Anjar Leksana . 22 Jan, 2024
    • Pemerintah Jepang Cabut Sertifikasi 3 Model Daihatsu, Di Filipina Recall
      Pemerintah Jepang Cabut Sertifikasi 3 Model Daihatsu, Di Filipina Recall
      Setyo Adi . 18 Jan, 2024

    Artikel Mobil Daihatsu dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test
    • Daihatsu Recall All New Xenia, Masalah Mur Shock dan Door Beam Sisi Pengemudi
      Daihatsu Recall All New Xenia, Masalah Mur Shock dan Door Beam Sisi Pengemudi
      Setyo Adi Nugroho . 13 Feb, 2024
    • Masih Tangguh! Daihatsu Terios 7 Wonders Menjelajah Maluku Utara Sejauh 390 Km
      Masih Tangguh! Daihatsu Terios 7 Wonders Menjelajah Maluku Utara Sejauh 390 Km
      Ardiantomi . 22 Jan, 2024
    • Sepertiga Penjualan Daihatsu Dikuasai Sigra sepanjang 2023
      Sepertiga Penjualan Daihatsu Dikuasai Sigra sepanjang 2023
      Anjar Leksana . 19 Jan, 2024
    • Imbas Skandal Daihatsu, Pemerintah Jepang Cabut Sertifikasi Gran Max
      Imbas Skandal Daihatsu, Pemerintah Jepang Cabut Sertifikasi Gran Max
      Setyo Adi Nugroho . 18 Jan, 2024
    • Sengkarut dan Skandal Uji Tabrak Model Daihatsu
      Sengkarut dan Skandal Uji Tabrak Model Daihatsu
      Anjar Leksana . 02 Jan, 2024
    • Mengingat Keunggulan Daihatsu Rocky, Tawaran Menarik di Segmen SUV Kecil
      Mengingat Keunggulan Daihatsu Rocky, Tawaran Menarik di Segmen SUV Kecil
      Setyo Adi Nugroho . 17 Nov, 2023
    • Membandingkan Varian CVT Termurah, Daihatsu Rocky 1.2 M Vs Toyota Raize 1.2 G
      Membandingkan Varian CVT Termurah, Daihatsu Rocky 1.2 M Vs Toyota Raize 1.2 G
      Setyo Adi Nugroho . 12 Sep, 2023
    • Komparasi New Low SUV Terpanas Bulan Ini, Suzuki XL7 Hybrid VS Daihatsu Terios
      Komparasi New Low SUV Terpanas Bulan Ini, Suzuki XL7 Hybrid VS Daihatsu Terios
      Setyo Adi Nugroho . 19 Jun, 2023
    • Selisih Cuma Rp300 Ribu, Komparasi New Daihatsu Terios Vs Toyota Rush GR Sport
      Selisih Cuma Rp300 Ribu, Komparasi New Daihatsu Terios Vs Toyota Rush GR Sport
      Setyo Adi Nugroho . 09 Jun, 2023
    • Perbandingan Suzuki S-Presso AGS Vs Daihatsu Ayla 1.0 X CVT, Unggul Mana?
      Perbandingan Suzuki S-Presso AGS Vs Daihatsu Ayla 1.0 X CVT, Unggul Mana?
      Anjar Leksana . 04 Mei, 2023
    • First Drive All New Daihatsu Ayla 1.0L MT dan 1.2L CVT, Tidak Terasa Murahan
      First Drive All New Daihatsu Ayla 1.0L MT dan 1.2L CVT, Tidak Terasa Murahan
      Setyo Adi Nugroho . 17 Mar, 2023
    • Road Test Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ASA: Fitur Keselamatannya Istimewa!
      Road Test Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ASA: Fitur Keselamatannya Istimewa!
      Rizki Satria . 23 Mar, 2022
    • First Drive All New Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ADS: FWD dan CVT Jadi Andalan
      First Drive All New Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ADS: FWD dan CVT Jadi Andalan
      Anindiyo Pradhono . 06 Des, 2021
    • Daihatsu Sigra R Deluxe: Melebihi Ekspektasi
      Daihatsu Sigra R Deluxe: Melebihi Ekspektasi
      Anindiyo Pradhono . 17 Jan, 2017