Bukan Transmisi Biasa, Begini Cara Merawat D-CVT Mobil Daihatsu

Daihatsu Rocky interior

 

KEY TAKEAWAYS

  • D-CVT memiliki mekanisme kerja dengan belt seperti CVT konvensional lain

    Saat kecepatan tinggi di atas 60 km/jam, perpindahan tenaga disalurkan dari belt ke split gear
  • Transmisi merupakan salah satu bagian penting dari mobil. Ia berfungsi untuk menyalurkan, sekaligus meningkatkan torsi ataupun kecepatan. Fungsinya dapat menyesuaikan kondisi mobil. Daihatsu selalu mengembangkan perangkat di dalam produk. Salah satunya adalah komponen penyalur tenaga. Perlu diketahui beberapa tipe transmisi seperti manual, otomatis konvensional dan CVT. Tapi ADM saat telah mengembangkan transmisi baru yang disebut D-CVT (dual mode CVT). Perawatannya gampang.

    Dalam hal perawatan, transmisi D-CVT juga terbilang mudah. Hanya perlu dua hal yang harus dipastikan yaitu: melakukan pengecekan volume dan kualitas oli secara berkala. Perlu dicatat, pemeriksaan dilakukan setiap 20.000 km atau 12 bulan. Juga saat penggantian oli setiap 80.000 km atau 48 bulan (mana yang tercapai lebih dulu).

    Menurut Astra Daihatsu Motor, transmisi New D-CVT (Dual Mode Continuously Variable Transmission) memiliki keunggulan lebih halus. Misal ketika berpindah gigi dan efisiensi bahan bakar bisa semakin efisien sekitar 5 persen. Teknologi transmisi ini terbilang baru di Indonesia. Sudah diaplikasikan di Rocky, All New Xenia dan New Sirion.

    Nah, tipe transmisi ini memiliki mekanisme kerja dengan belt seperti CVT konvensional lain. Tetapi yang berbeda ialah, dikombinasikan dengan split gear yang merupakan keunggulan dari D-CVT. Saat kecepatan tinggi di atas 60 km/jam, perpindahan tenaga disalurkan dari belt ke split gear. Sehingga akselerasi mobil dapat maksimal dan dapat menghemat konsumsi bahan bakar.

    Baca Juga: Transmisi D-CVT New Daihatsu Sirion Beda dengan Honda Brio, Begini Cara Kerjanya

     

    D-CVT Daihatsu

    Adapun kelemahan CVT tradisional kerap mengalami power-loss dan suara mendengung tinggi saat akselerator ditekan mengganggu. Lalu CVT selalu ingin menjaga output di putaran mesin puncak. Itulah mengapa selalu menggerung keras dulu sebelum mulai berakselerasi. Jelas kurang nyaman, ada rasa seolah enjin selalu disiksa. Saat melaju kencang, CVT ada di rasio tertinggi yang bisa berdampak terhadap efisiensi bahan bakar. Maka Daihatsu menambahkan planetary gear.

    Penggunaan transmisi ini juga tidak jauh berbeda dengan jenis automatic secara umum. Yaitu mengoperasikan tuas transmisi di posisi D (drive) pada saat berkendara, R (reverse) pada saat mundur. Dan sudah dibekali dengan posisi S (sport), berfungsi untuk mendapatkan akselerasi lebih tinggi. Di model macam Rocky maupun Xenia, terdapat posisi M (manual). Memungkinkan pengemudi dapat merasakan sensasi memindahkan gigi secara manual. Bahkan di New Sirion dilengkapi dengan posisi B (brake). Guna memaksimalkan engine brake ketika di jalan turunan.

    “Kami berharap, dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang komponen, mekanisme kerja, perawatan. Termasuk tips dan trik dalam penggunaan transmisi D-CVT. Sehingga kendaraan kesayangan sahabat tetap dalam kondisi nyaman & optimal,” ujar Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor. (Alx/Odi)

     

    Baca Juga: All New Daihatsu Xenia Tidak Pakai CVT Biasa, Ini Keistimewaannya

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Daihatsu Unggulan

    Artikel Mobil Daihatsu dari Carvaganza

    • Daihatsu Pajang Deretan Mobil Modifikasi di IMX 2025
      Daihatsu Pajang Deretan Mobil Modifikasi di IMX 2025
      Muhammad Hafid . 03 Okt, 2025
    • FIRST DRIVE: Segini Iritnya Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid Diajak Keliling Kota
      FIRST DRIVE: Segini Iritnya Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid Diajak Keliling Kota
      Bangkit Jaya . 22 Sep, 2025
    • Daihatsu Rocky Dapat Penyegaran, Tampilan Jadi Lebih Sporty
      Daihatsu Rocky Dapat Penyegaran, Tampilan Jadi Lebih Sporty
      Anindiyo Pradhono . 18 Sep, 2025
    • Untuk Bisnis di Perkotaan, Daihatsu Hadirkan GranMax Blindvan Transmisi AT
      Untuk Bisnis di Perkotaan, Daihatsu Hadirkan GranMax Blindvan Transmisi AT
      Anindiyo Pradhono . 17 Sep, 2025
    • Prestasi Tim Robotik ITS Dapat Apresiasi dari Daihatsu
      Prestasi Tim Robotik ITS Dapat Apresiasi dari Daihatsu
      Anjar Leksana . 04 Sep, 2025

    Artikel Mobil Daihatsu dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test
    • Daihatsu Tampil di IMX 2025, Bawa Rocky Hybrid dan Tiga Mobil Modifikasi Unik
      Daihatsu Tampil di IMX 2025, Bawa Rocky Hybrid dan Tiga Mobil Modifikasi Unik
      Muhammad Hafid . 03 Okt, 2025
    • Daihatsu Meriahkan GIIAS Semarang 2025 dengan Banyak Promo
      Daihatsu Meriahkan GIIAS Semarang 2025 dengan Banyak Promo
      Anjar Leksana . 25 Sep, 2025
    • Daihatsu Makin Kuat di Jawa Tengah, Gran Max Paling Diminati Konsumen
      Daihatsu Makin Kuat di Jawa Tengah, Gran Max Paling Diminati Konsumen
      Anjar Leksana . 24 Sep, 2025
    • Irit Pol! Konsumsi BBM Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid Tembus 47,8 Km/liter
      Irit Pol! Konsumsi BBM Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid Tembus 47,8 Km/liter
      Bangkit Jaya Putra . 20 Sep, 2025
    • Daihatsu Rocky Dapat Penyegaran, Apa yang Berubah?
      Daihatsu Rocky Dapat Penyegaran, Apa yang Berubah?
      Anindiyo Pradhono . 17 Sep, 2025
    • Daftar Harga Terkini Low MPV Idaman Bulan Ini, Pilihan dengan Beragam Keunggulan
      Daftar Harga Terkini Low MPV Idaman Bulan Ini, Pilihan dengan Beragam Keunggulan
      Setyo Adi Nugroho . 08 Okt, 2025
    • Masih Kompetitif, Ini Daftar Harga Terbaru Segmen Mobil Murah Alias LCGC
      Masih Kompetitif, Ini Daftar Harga Terbaru Segmen Mobil Murah Alias LCGC
      Setyo Adi Nugroho . 08 Okt, 2025
    • Masih Kompetitif, Ini Daftar Harga Terbaru Segmen Mobil Murah Alias LCGC
      Masih Kompetitif, Ini Daftar Harga Terbaru Segmen Mobil Murah Alias LCGC
      Setyo Adi Nugroho . 08 Okt, 2025
    • Harga Masih Kompetitif, Ini Tawaran Model LCGC Terkini di Bulan Kemerdekaan
      Harga Masih Kompetitif, Ini Tawaran Model LCGC Terkini di Bulan Kemerdekaan
      Setyo Adi Nugroho . 20 Agu, 2025
    • Harga Masih Kompetitif, Ini Tawaran Model LCGC Terkini di Bulan Kemerdekaan
      Harga Masih Kompetitif, Ini Tawaran Model LCGC Terkini di Bulan Kemerdekaan
      Setyo Adi Nugroho . 20 Agu, 2025
    • First Drive All New Daihatsu Ayla 1.0L MT dan 1.2L CVT, Tidak Terasa Murahan
      First Drive All New Daihatsu Ayla 1.0L MT dan 1.2L CVT, Tidak Terasa Murahan
      Setyo Adi Nugroho . 17 Mar, 2023
    • Road Test Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ASA: Fitur Keselamatannya Istimewa!
      Road Test Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ASA: Fitur Keselamatannya Istimewa!
      Rizki Satria . 23 Mar, 2022
    • First Drive All New Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ADS: FWD dan CVT Jadi Andalan
      First Drive All New Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ADS: FWD dan CVT Jadi Andalan
      Anindiyo Pradhono . 06 Des, 2021
    • Daihatsu Sigra R Deluxe: Melebihi Ekspektasi
      Daihatsu Sigra R Deluxe: Melebihi Ekspektasi
      Anindiyo Pradhono . 17 Jan, 2017