CarDekho Capai Status Unicorn dengan Valuasi $1,2 Miliar

Cardekho unicorn

CarDekho mencetak sejarah baru dalam perjalanan start-up setelah berhasil merampungkan pendanaan senilai $250 juta (Rp3,5 triliun). Dengan demikian, valuasi CarDekho tembus $1,2 miliar (Rp17 triliun) yang berarti masuk dalam jajaran "Unicorn club". Juga menjadikannya perusahaan asal Jaipur pertama yang menyandang status itu.

Sejauh ini, jumlah pendanaan terbesar yang pernah didapat. Semua akan dimanfaatkan untuk mengakselerasi perkembangan CarDekho dalam hal transaksi mobil bekas, jasa keuangan dan asuransi. Sekaligus membangun produk dan teknologi yang kokoh, meningkatkan brand awareness dan ekspansi ke pasar-pasar baru.

"CarDekho, mulai dari portal pencarian mobil, telah berevolusi menjadi ekosistem komplet dalam pembelian mobil, kepemilikan dan penjualan. Kami berkomitmen untuk memberdayakan pelanggan kami dan memberi pengalaman yang nyaman dan bebas repot. Pendanaan baru ini akan membantu kami memperluas transaksi mobil bekas dan bisnis jasa keuangan. Kepercayaan dan keyakinan investor akan membantu kami untuk mempercepat rencana pertumbuhan sembari menyediakan pengalaman yang akan mendefinisikan ulang cara membeli dan menjual mobil terhadap pelanggan kami," kata Amit Jain, Co-founder dan CEO Cardekho.

Sekarang CarDekho melayani pembelian mobil di lebih dari 100 market. Sementara memiliki 3.000 lebih dalam katalog pembelian secara daring. Rencana dalam pengembangan transaksi retail mobil bekas ditargetkan menembus 10.000 unit. Tim CarDekho saat ini hadir di India, Indonesia dan Filipina. Ekspansi terus disiapkan hingga ke negara lain.

LeapFrog Investments masuk sebagai salah satu investor besar terbaru. Dukungannya akan membantu CarDekho dalam rencana perusahaan memberikan penawaran kendaraan terbaik, asuransi dan jasa keuangan kepada konsumen di pasar berkembang. Investor baru yang turut berpartisipasi adalah Canyon Partners, Mirae Asset dan Harbor Spring Capital. Investor lama seperti Sequoia Capital India dan Sunley House sudah cukup dikenal juga.

CarDekho adalah pinor dalam ekosistem digital dunia otomotif di India. Begitu pula bersama beberapa grup perusahaan di bawahnya. Kerja sama dengan hampir semua manufaktur kendaraan di India telah berjalan. Saat ini menjalin hubungan bersama 3.500 diler mobil baru dan 4.000 diler mobil bekas. Lalu berkolaborasi dengan 14 lembaga keuangan dan 40 perusahaan asuransi.

 

CarDekho di Indonesia

OTO.com merupakan anak usaha Girnar Software Pvt Ltd yang mengoperasikan CarDekho, Zigwheels dan Gaadi. OTO sendiri sudah aktif di negara, termasuk Indonesia dan Singapura. Sejak meluncur pertama kali pada Maret 2015, OTO.com terus berkembang sebagai portal pencarian mobil dan motor. Selain menawarkan kemudahan jual-beli kendaraan, informasi seputar dunia otomotif dan ulasan produk tersaji lengkap. Berdiri di bawah PT Carbay Services Indonesia, kini terus membesar sebagai OTO Group, menaungi OTO.com, Zigwheels.co.id dan Carvaganza.com. (Odi)

Baca Semua

Artikel Unggulan

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang