Carvaganza Editors' Choice Award 2021, Best Driving Experiences: Honda City Hatchback RS

city

Satu kata yang terbesit setelah mencoba Honda City Hatchback, enerjik! Ya, sesuai kapabilitas yang dimiliki dalam menciptakan keasyikan berkendara. Makanya layak menyandang predikat Best Driving Experience. Padahal ia mengemban tugas tidak mudah. City Hatchback datang sebagai suksesor Jazz yang sudah lekat dengan generasi muda. Namun, Honda Prospect Motor tak sekadar berpangku tangan dalam menyuguhkan produk bagi pasar Indonesia. Banyak jurus jitu disiapkan, termasuk perangkat terkandung.

Sedikitnya ada empat aspek mendasar yang membuat Honda City Hatchback pantas menerima penghargaan Carvaganza Editors’ Choice Awards 2021 powered by Intersport Automotive. Paling pertama, visibilitas di dalam kabin. Saat memasuki kokpit atau berada di depan lingkar kemudi, kita dapat mengatur posisi duduk sesuai preferensi kenyamanan masing-masing. Jok sanggup memangku pengemudi dengan baik melalui bentuk semi bucket. Mantap mendekap tubuh dengan optimal.

Niscaya pandangan ke segala penjuru bisa terpantau jelas. Lalu untuk parkir kendaraan, terbantu kamera belakang dan sensor. Fitur ini memang lazim terpasang di mobil pribadi, namun amat berfaedah. Apa jadinya bila kendaraan punya performa baik, namun Anda sukar menjangkau penglihatan di luar mobil. Tentu, dalam hal ini sudut pandang citycar.

city RS

Berbagai fitur kekinian demi menyesuaikan gaya hidup anak muda tak terlupa. Pengemudi kian praktis dalam mengatur audio. Di setir tersisip Audio Steering Switch serta Hands-free Telephone (HFT) Switch berikut Voice Recognition yang terintegrasi dengan head unit 8 inci Advanced Capacitive Touchscreen Display Audio. Ponsel pintar juga dapat mudah ditautkan pada bagian audio melalui fitur Smartphone Connection: Apple CarPlay dan Android Auto.

Honda City Hatchback RS didukung mesin bensin empat silinder 1.5L DOHC, 16 katup i-VTEC + DBW. Bukan pakai jenis SOHC seperti Jazz, bahkan karakter jantung berkode L15ZF ini sangat berbeda. Resultan pembakaran memang nyaris sama, tapi tenaga maksimal dapat digapai dengan putaran mesin lebih kecil. Jujur, saat berselancar bersamanya, etos kerja tetap diwataki teknologi Earth Dreams andalan Honda. Bertenaga dan penyalurannya halus.

Tarian pembakaran piston membuncah 121 PS di 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm. Angka ini terbesar di kelas hatcback sepantarannya. Penyaluran energi kinetik menggunakan opsi transmisi manual enam percepatan atau CVT. Mesin sudah sesuai ketentuan Euro 4. Dalam mode berkendara normal, respons mesin DOHC 1,5 liter terasa cekatan. Saat pedal akselerator ditekan, putaran bawah sampai sekitar 3.000 rpm terasa padat.

Honda city

Untuk bergerak dari 0-30 km/jam tak butuh waktu lama. Kemudian saat memasuki jalan bebas hambatan dan bergerak secara konstan di kecepatan 100 km/jam, jarum menunjukkan putaran mesin berada di 1.800 rpm. Artinya Anda dapat melesat kencang, namun kinerja jantung mekanis tak megap-megap. Denyut tenaga yang disalurkan ke roda depan mengalir linear. Karakternya amat berbeda dengan Jazz yang notabene pakai mesin SOHC. Lantas komunikasi antara mesin, transmisi CVT with Earth Dreams Technology dan kemudi begitu presisi. Jarang ada koreksi saat kendaraan dipacu di jalan tol.

Itu semua masih dalam kondisi mode normal. Jika Anda ingin lebih hemat bensin, cukup tekan Econ Mode. Letaknya persis di samping kanan tuas transmisi. Namun harus ada yang dikorbankan, ECU seolah-olah mengekang putaran mesin. Asupan bahan bakar diatur kian irit dan karakter berkendara tak setangkas kondisi biasa.

Lagi-lagi parameternya ialah sebuah kendaraan city car. Bukan jenis MPV atau bahkan sports car, dalam urusan redaman guncangan. Honda City Hatchback RS memiliki racikan suspensi McPherson Strut di depan dan tipe Torsion Beam jadi penyangga roda belakang. Jenis itu memang lazim dipakai oleh sejumlah pabrikan. Tapi Honda sanggup meramu dengan baik, sehingga bantingan terasa pas. Tidak lembek juga tak keras. Rebound pegas saat melindas tanggul jalan juga optimal.

Honda city

Guncangan saat melewati jalanan bergelombang pun dapat ditranslasi sebagai getaran ringan. Tatkala harus lari kencang, ia berselancar dengan stabil. Tatkala harus bermanuver tajam, kinerja suspensi masih dapat mereduksi gejala limbung. Asal, pergerakannya tidak ekstrem. Ingat, Honda City Hatchback RS merupakan mobil perkotaan yang mengedepankan kenyamanan.

Didukung mesin i-VTEC + DBW 1.5 liter, kelezatan tenaga yang disalurkan melalui pembakaran piston dimanisfestasikan dalam injakan pedal yang responsif. Kombinasi antara kehalusan transmisi CVT atau manual enam percepatannya dengan kestabilan handling mobil, membius pengemudi ketika mengendarai mobil di jalan tol atau pun di luar kota.

Feedback setir yang akurat membuat pengemudi bisa merasakan secara utuh kondisi jalan yang dilewati. Bagi kami, Honda City Hatchback RS telah memberikan kesenangan mengemudi yang seutuhnya. Tak heran kami mengganjarnya dengan penghargaan Best Driving Experiences Award dari Carvaganza Editors’ Choice Awards powered by Intersport Automotive. (Alx)

Jelajahi Honda City Hatchback

  • Tampak Depan Bawah Honda City Hatchback
  • Tampak belakang serong City Hatchback
  • Tampak Grille City Hatchback
  • Fog lamp depan City Hatchback
  • lampu belakang City Hatchback
  • lampu belakang City Hatchback
  • Honda City Hatchback Drivers Side Mirror Front Angle
  • Pelek City Hatchback
  • Honda City Hatchback Front Side View
  • Tampak depan medium Honda City Hatchback
  • Honda City Hatchback Front Cross Side View
  • Kamera parkir City Hatchback
  • Tampak depan City Hatchback, sudut rendah
  • Honda City Hatchback
Honda City Hatchback
Rp 352,5 - 382,5 Juta Cicilan : Rp 8,04 Juta

Model Mobil Honda

Mobil Honda
  • Honda Brio
    Honda Brio
  • Honda Mobilio
    Honda Mobilio
  • Honda BRV
    Honda BRV
  • Honda Civic Type R
    Honda Civic Type R
  • Honda WR-V
    Honda WR-V
Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Honda Unggulan

  • Yang Akan Datang

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Hatchback

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil Honda City Hatchback dari Carvaganza

  • Honda Racing Indonesia Catat Rekor Baru di Kejurnas Balap ISSOM 2022
    Honda Racing Indonesia Catat Rekor Baru di Kejurnas Balap ISSOM 2022
    Eka Zulkarnain H . 07 Nov, 2022
  • Dapat Honda Sensing, Kini Honda City Hatchback RS Punya Fitur Keselamatan Terlengkap di Kelasnya
    Dapat Honda Sensing, Kini Honda City Hatchback RS Punya Fitur Keselamatan Terlengkap di Kelasnya
    Wahyu Hariantono . 21 Apr, 2022
  • Honda City Hatchback RS Kini Dapat Honda Sensing, Meluncur Bareng Brio RS Urbanite Baru
    Honda City Hatchback RS Kini Dapat Honda Sensing, Meluncur Bareng Brio RS Urbanite Baru
    Wahyu Hariantono . 20 Apr, 2022
  • Sayonara, Jazz! Tahun Depan Honda Gelar One Make Race City Hatchback RS
    Sayonara, Jazz! Tahun Depan Honda Gelar One Make Race City Hatchback RS
    Alvando Noya . 06 Des, 2021
  • GIIAS 2021: Honda Tampilkan City Hatchback Racing Concept, Unit Pengganti Jazz Speed Challenge
    GIIAS 2021: Honda Tampilkan City Hatchback Racing Concept, Unit Pengganti Jazz Speed Challenge
    Rizki Satria . 19 Nov, 2021

Artikel Mobil Honda City Hatchback dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Poin Penting Sebelum Membeli Honda City Hatchback RS with Honda Sensing
    Poin Penting Sebelum Membeli Honda City Hatchback RS with Honda Sensing
    Zenuar Yoga . 11 Okt, 2022
  • Ini Besaran Biaya Kepemilikan Honda City Hatchback RS Hingga 100.000 Km
    Ini Besaran Biaya Kepemilikan Honda City Hatchback RS Hingga 100.000 Km
    Setyo Adi Nugroho . 05 Jul, 2022
  • Honda Pasang Target untuk City Hatchback RS Honda Sensing dan Brio RS Urbanite Edition
    Honda Pasang Target untuk City Hatchback RS Honda Sensing dan Brio RS Urbanite Edition
    Setyo Adi Nugroho . 23 Apr, 2022
  • Simak Cicilan Honda City Hatchback RS with Honda Sensing
    Simak Cicilan Honda City Hatchback RS with Honda Sensing
    Anjar Leksana . 22 Apr, 2022
  • Impresi Perdana Honda City Hatchback RS Baru Pakai Honda Sensing
    Impresi Perdana Honda City Hatchback RS Baru Pakai Honda Sensing
    Setyo Adi Nugroho . 21 Apr, 2022
  • Melirik Rival Honda City Hatchback RS: Mazda2 GT Lebih Menarik?
    Melirik Rival Honda City Hatchback RS: Mazda2 GT Lebih Menarik?
    Ahmad Karim . 06 Apr, 2021
  • Mengenal 5 Keluarga Honda dengan Emblem RS, Satu Segera Dicoret
    Mengenal 5 Keluarga Honda dengan Emblem RS, Satu Segera Dicoret
    Raju Febrian . 12 Mar, 2021
  • Honda City Hatchback RS, Apa Kelebihan dan Kekurangannya Ketimbang Jazz RS?
    Honda City Hatchback RS, Apa Kelebihan dan Kekurangannya Ketimbang Jazz RS?
    Anindiyo Pradhono . 05 Mar, 2021
  • Honda City Hatchback RS Datang, Berikut Daftar Lawan Sepadan
    Honda City Hatchback RS Datang, Berikut Daftar Lawan Sepadan
    Zenuar Yoga . 04 Mar, 2021
  • Road Test Honda City Hatchback RS, Entitas Baru Sang Penerus Jazz
    Road Test Honda City Hatchback RS, Entitas Baru Sang Penerus Jazz
    Wahyu Hariantono . 11 Mei, 2021