Carvaganza Editors' Choice Award 2021, Best Innovation: Wuling Almaz RS

almaz RS

Saat kami pertama kali diperkenalkan pada Wuling Almaz, stereotip sudah lebih dulu melekat. Namun Wuling membantah hal itu dengan keras dan langsung. Kualitas pembuatan secara mengejutkan menyamai mobil-mobil Jepang dan mendekati produk Eropa.

Kualitas berkendara lebih bikin kaget lagi. Dibawa di jalan berliku dari Bandung, Tasikmalaya hingga Pantai Pangandaran, kami sampai harus memastikan ini Wuling Almaz, bukan SUV Eropa. Itu karena rasa pengendalian dan pengendaraan yang mirip.

Sebagus itu kualitas sebuah Wuling Almaz dan kini mereka menggedor lagi dengan Almaz RS, yang bikin kami ‘ketok palu’ kalau merek Cina satu ini serius mengembangkan produknya. Bagaimana tidak, mereka mampu memberikan fitur kelas atas, dengan harga hampir separuhnya.

Almaz RS

Inovasi yang dibawa benar-benar menaikkan taraf Almaz RS satu tingkat. Dan membuka mata kalau mobil dengan paket fitur canggih tidak perlu mahal. Tembus Rp400 juta saja tidak. Faktor fitur dan harga itu membuat kami yakin kalau Almaz RS layak dapat piala sebagai mobil paling inovatif.

Dari yang paling jamak dipakai di mobil mahal adalah Cruise Control dengan kemampuan adaptif. Penjaga kecepatan ini tidak hanya menjaga jarak, tapi juga membantu pengemudi di kemacetan. Ambil contoh, Anda terjebak di kepadatan jalan raya biasa (non tol). Lalu pasang cruise control agar tidak jalan lebih dari 40 km/jam (kecepatan normal di jalan biasa). Selebihnya biarkan Almaz RS mengatur sendiri pengereman, jarak dengan kendaraan di depan hingga kapan mulai berjalan.

Fitur lainnya adalah Lane Keeping Assist (LKA). Tidak hanya menjaga mobil berada di tengah lajur dan memberikan peringatan kalau bergeser melewati marka, tanpa Anda memberi sinyal ke pengendara lain. LKA akan membelokan setir sesuai jalurnya. Dengan catatan, fitur ini sangat bermanfaat dipakai di jalan tol. Belokan 90 derajat tipikal tengah kota tidak akan bisa dilayani.

almaz rs rear

Ini yang kami alami: Masuk tol, pasang adaptive cruise control dengan batas kecepatan 100 km/jam, pasang LKA. Almaz RS berpikir sendiri, mengerem dan berbelok mengikuti kondisi jalan. Keluar ke jalan biasa, matikan fitur LKA dan kurangi batas kecepatan cruise control. Hidup jadi terasa lebih mudah.

Supaya pengemudinya tidak terlena, tangan tidak boleh lepas dari setir. Sistemnya bisa tahu kalau itu terjadi lalu memberikan peringatan audio dan visual. Kedua, jika sang Almaz RS merasa tidak aman untuk terus menggunakan otomatisasi diatas, ia akan mematikan sistem seraya mengeluarkan peringatan berupa audio, visual dan getaran di setir. Ini bisa terjadi di daerah semrawut. Kami alami di tol Tangerang yang macet karena perbaikan jalan dan posisi mobil terlalu dempet satu sama lain.

Itu baru fitur bantu berkendara langsung. Teknologi perintah suara WIND dengan “Halo Wuling” yang khas juga dihadirkan. Panoramic roof dan penutupnya bisa diaktifkan hanya dengan bilang “Halo Wuling, buka/tutup sunroof.” Hal yang sama berlaku untuk radio atau AC dengan bilang, “Halo Wuling saya kepanasan.” Ditambah lagi gimik seperti sapaan secara verbal saat mobil dinyalakan.

IoV Menghubungkan Anda dan Mobil

almaz rs WIND

Internet Of Vehicle adalah bagian dari WISE atau Wuling Interconnected Smart Ecosystem. Terdengar canggih? Memang. Dengan WISE memungkinkan pemilik untuk terhubung langsung dengan mobil melalui telepon genggam.

Melalui aplikasi MyWuling+ Anda bisa membuka pengunci pintu mobil. Tidak hanya keempat pintu samping dan jendelanya, pengunci bagasi juga bisa dioperasikan. Sayangnya, pintu bagasi masih harus ditarik manual. Kalau sudah elektrik pasti lebih asyik.

Kalau itu dianggap biasa saja, IoV juga memungkinkan Anda untuk memanaskan mesin mobil dari jarak jauh. Bisa juga menyalakan AC. Jadi saat masuk, kabin sudah sejuk. Ini akan berlangsung selama sepuluh menit, kalau Anda tidak jadi jalan sistem akan mematikan mesin kembali. Ditambah lagi, pemilik Almaz RS bisa mengatur waktu (timer) kapan mobil dan AC harus dinyalakan.

Kemampuan IoV lain yang kami anggap sangat membantu untuk berkendara adalah navigasi. Berkat kemampuan mirroring, tampilan navigasi handphone bisa tampak di headunit. Karena besar melihatnya jadi mudah. Tentunya mirroring ini bukan cuma untuk peta, tapi Anda bisa pilih aplikasi handphone yang mana yang akan ditampilkan.

Meski begitu, kami juga menemukan satu hal yang agak tanggung. Absennya pintu bagasi elektrik tadi dan auto dimmer spion tengah. Kalau kedua hal itu sudah dilengkapi bukan tidak mungkin Almaz RS mendapatkan gelar bergengsi best of the best, Carvaganza Editor’s Choice Awards 2021 powered by Intersport Automotive. Selamat, Wuling. Semoga bisa terus menggebrak dengan kejutan lainnya. (Ind)

Jelajahi Wuling Almaz RS

  • Tampak Depan Bawah Wuling Almaz RS
  • Tampak Grille Almaz RS
  • Fog lamp depan Almaz RS
  • Lampu depan Almaz RS
  • lampu belakang Almaz RS
  • Pelek Almaz RS
  • Wuling
Wuling Almaz RS
Rp 385,5 - 444,2 Juta Cicilan : Rp 8,8 Juta

Model Mobil Wuling

Mobil Wuling
  • Wuling Almaz Hybrid
    Wuling Almaz Hybrid
  • Wuling Almaz RS
    Wuling Almaz RS
  • Wuling Alvez
    Wuling Alvez
  • Wuling Binguo EV
    Wuling Binguo EV
  • Wuling Cloud
    Wuling Cloud

Don't Miss

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Wuling Unggulan

  • Yang Akan Datang

Bandingkan & Rekomendasi

Tren SUV

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil Wuling Almaz RS dari Carvaganza

  • Harga Menarik, Begini New Wuling Almaz RS Dibanding Para Rivalnya
    Harga Menarik, Begini New Wuling Almaz RS Dibanding Para Rivalnya
    Anjar Leksana . 17 Okt, 2023
  • Serba-Serbi Menarik Soal Penyegaran Wuling Almaz RS
    Serba-Serbi Menarik Soal Penyegaran Wuling Almaz RS
    Alvando Noya . 12 Okt, 2023
  • Bedah Fitur Keselamatan New Wuling Almaz RS, Ini Daftar Lengkapnya
    Bedah Fitur Keselamatan New Wuling Almaz RS, Ini Daftar Lengkapnya
    Muhammad Hafid . 10 Okt, 2023
  • Punya Wajah Baru, Ini Daftar Fitur Unggulan New Wuling Almaz RS
    Punya Wajah Baru, Ini Daftar Fitur Unggulan New Wuling Almaz RS
    Muhammad Hafid . 09 Okt, 2023
  • Harganya Menarik, Ini Perbedaan New Wuling Almaz Dibanding Sebelumnya
    Harganya Menarik, Ini Perbedaan New Wuling Almaz Dibanding Sebelumnya
    Alvando Noya . 06 Okt, 2023

Artikel Mobil Wuling Almaz RS dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Memahami Kecanggihan New Wuling Almaz RS Pro Hybrid
    Memahami Kecanggihan New Wuling Almaz RS Pro Hybrid
    Muhammad Hafid . 01 Apr, 2024
  • New Wuling Almaz RS Pro Hybrid Tetap Tampil di IIMS 2024 Demi Goda Konsumen SUV 7-penumpang
    New Wuling Almaz RS Pro Hybrid Tetap Tampil di IIMS 2024 Demi Goda Konsumen SUV 7-penumpang
    Alvando Noya . 20 Feb, 2024
  • Komunitas Wuling Almaz Sukses Touring Lintas Tiga Negara
    Komunitas Wuling Almaz Sukses Touring Lintas Tiga Negara
    Setyo Adi Nugroho . 11 Jan, 2024
  • Skema Kredit New Wuling Almaz RS
    Skema Kredit New Wuling Almaz RS
    Setyo Adi Nugroho . 23 Okt, 2023
  • Memahami Cara Kerja Mesin New Wuling Almaz RS Pro Hybrid
    Memahami Cara Kerja Mesin New Wuling Almaz RS Pro Hybrid
    Setyo Adi Nugroho . 18 Okt, 2023
  • New MG HS Lawan Sepadan Wuling Almaz RS, Begini Perbandingannya
    New MG HS Lawan Sepadan Wuling Almaz RS, Begini Perbandingannya
    Setyo Adi Nugroho . 26 Jan, 2023
  • Pulang Kampung ke Jogja Naik Wuling Almaz RS, Tepis Stigma Mobil Cina
    Pulang Kampung ke Jogja Naik Wuling Almaz RS, Tepis Stigma Mobil Cina
    Rizki Satria . 09 Mei, 2022
  • Pulang Kampung ke Jogja Naik Wuling Almaz RS, Serasa Disopiri!
    Pulang Kampung ke Jogja Naik Wuling Almaz RS, Serasa Disopiri!
    Rizki Satria . 09 Mei, 2022