Cegah Produk Palsu, Oli Toyota Kini Punya Fitur QR Code Anticounterfeit

TMO

Toyota Astra Motor baru-baru ini meluncurkan dua varian anyar. Pertama, TMO 0W-16 SN GF-5. Pelumas ini direkomendasikan buat model-model terbaru seperti All New Voxy, Camry Hybrid, Raize dan All New Kijang Innova Zenix. Kemudian TMO LITE 0W-20 SN GF-5 cocok untuk kendaraan dengan kapasitas oli sama atau di bawah 3,5 liter. Contohnya Agya, Calya, atau Avanza, Veloz, Raize, Sienta, Yaris, Rush. Semuanya diberi QR code supaya cegah pemalsuan. 

KEY TAKEAWAYS

  • Toyota luncurkan dua varian TMO

    Sekarang diberi fitur TMO QR code anticounterfeit
  • Sehingga para pelanggan bisa mengecek sendiri keaslian TMO. Terpasangnya QR code anticounterfeit dilatarbelakangi oleh peredaran oli palsu meningkat dan semakin meluas. Konsumen diharapkan semakin waspada terhadap oli palsu. Apalagi jika di tutup botol atau kemasan ditemukan kondisi tidak baik: retak, rusak, kasar, kurang rapi.

     

    Baca Juga: Beda Toyota Kijang Innova Zenix G CVT dengan G Hybrid Cuma Rp39 Juta, Ambil Mana?

    “Kami mengimbau agar pelanggan Toyota waspada terhadap peredaran oli TMO palsu. Dengan adanya fitur TMO QR code anticounterfeit. Pelanggan bisa mengecek keaslian pelumas. Jadi, mereka merasa semakin aman dan terjamin. Ini kami lakukan karena Toyota mempunyai komitmen kuat dalam memberikan total ownership experience. Termasuk peace of mind kepada pelanggan,” ujar Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota Astra Motor. 

    Untuk fitur QR code tersedia di TMO yang dipasarkan di seluruh jaringan resmi Toyota. Termasuk di luar Toyota seperti toko spareparts. Pengecekan keaslian pelumas dapat dilakukan dengan cara scan barcode di seal aluminium tutup botol melalui handphone. Ada tiga informasi yang akan didapatkan oleh pelanggan melalui fitur ini, yaitu:

    • Informasi mendapatkan produk asli (genuine)
    • Informasi produk telah di-scan 1x (potensi pemalsuan)
    • Informasi produk tidak dikenali (potensi pemalsuan)

    Pelanggan juga bisa mengecek keaslian TMO dengan metode 4C (congkel, cabut, copot, cek). Dengan metode ini, konsumen turut berkontribusi dalam mengurangi peredaran produk palsu. Biasanya pakai modus penggunaan ulang kemasan. Karena pelanggan harus merusak kemasan tutup botol. Cara pengecekan sebagai berikut:

    • Congkel segel tutup botol TMO, Anda bisa menggunakan obeng kecil
    • Cabut penutup plastik tutup botol TMO
    • Copot kepingan kertas pelindung seal aluminium TMO
    • Cek kode QR yang tercetak di seal aluminium tutup botol TMO

    Nah, setelah memindai kode QR di seal aluminium botol TMO. Anda diarahkan ke website tmo.toyota.astra.co.id. Berikutnya, di produk asli, konsumen mendapatkan informasi telah melakukan scan untuk kali pertama. Artinya produk oli itu asli dari pabrik dan tidak pernah dibuka sebelumnya.

    Guna memastikan keamanan produk. Kemasan TMO juga menerapkan sistem ratchet & snap. Yakni tutup botol dan botol menyatu buat mencegah penggunaan kembali. Sepanjang 2022, TMO mencatatkan total penjualan lebih dari 18,4 juta liter. Angka ini mengalami kenaikan 23,5 persen dibandingkan dengan pencapaian 2021. (Alx)

     

    Baca Juga: Penjualan Mobil 2022, Astra Group Kuasai Pasar Otomotif Nasional 55 Persen

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Advisory Stories
    • Road Test