Daihatsu Amankan Posisi Kedua Nasional, Pangsa Pasar Catat Rekor Baru

booth daihatsu

Performa market otomotif di Indonesia selama 2022 catatkan torehan apik. Berdasar data Gaikindo, penjualan retail lebih dari 1 juta unit. Mereka mencatat naik sekitar 17,4 persen dibandingkan periode sama 2021 hanya 863 ribu unit. Sejalan dengan kenaikan pasar otomotif nasional, sepanjang tahun lalu. Astra Daihatsu Motor (ADM) berhasil mengirimkan mobil ke tangan konsumen sebanyak 188.660 unit. Hasilnya, terkerek 24,9 persen dibandingkan tahun sebelumnya sejumlah 151.107 unit.

KEY TAKEAWAYS

  • Astra Daihatsu Motor posisi kedua nasional

    Penjualan tembus 188.660 unit dan market share 18,6 persen
  • “Kami bersyukur dan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat. Sehingga Daihatsu dapat menutup tahun 2022 dengan raihan positif. Capaian ini menjadi catatan penting Daihatsu dalam mempertahankan posisi nomor 2 pasar otomotif di Indonesia. Yakni selama 14 tahun berturut-turut, sekaligus capaian market share tertinggi dalam sejarah penjualan di Indonesia sebesar 18,6 persen. Semoga capaian baik ini dapat terus kami raih pada tahun berikutnya,” papar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & CR Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).

     

    Baca Juga: Daihatsu akan Keluarkan Mobil Baru Tahun Ini, Generasi Anyar Ayla 2023?

    Jika dilihat lebih detail soal persentase. Kenaikan raihan penjualan retail Daihatsu selama 2022 lebih besar dibandingkan pasar otomotif nasional. Selain itu, genggaman pasar ADM juga meningkat menjadi 18,6 persen. Atau naik sebesar 1,1 persen dibandingkan periode sama 2021 sebesar 17,5 persen. Capaian ini juga menjadi catatan penting bagi mereka. Sebab berhasil mempertahankan posisi ke-2 penjualan retail otomotif nasional selama 14 tahun berturut-turut sejak 2009. Sehingga hasil tahun lalu menjadi rekor pangsa pasar tertinggi sepanjang sejarah Daihatsu di Tanah Air. 

     

    Daihatsu Xenia CVT

    Ada sejumlah faktor utama kenaikan signifikan pasar otomotif khususnya Daihatsu. Pertama, berkat adanya dukungan pemerintah terhadap industri otomotif melalui PPnBM DTP. Relaksasi  berlangsung sejak kuartal I hingga Kuartal III tahun lalu. Selain itu, faktor pendukung lainnya yang menyebabkan pasar otomotif nasional kembali menembus volume lebih dari 1 juta unit. Terjadi pertumbuhan signifikan permintaan kendaraan di segmen SUV.

    Ditambah, sepanjang kinerja tahun lalu. Daihatsu luncurkan empat produk baru. Sehingga menambah rangsangan daya beli di industri otomotif. Seperti Sirion pada Juni 2022, disusul Sigra (Juli), Rocky (Agustus) dan GranMax (Agustus). Secara volume dan kontribusi model, penjualan retail Daihatsu hingga akhir Desember tetap didominasi oleh top 3 model. Posisi pertama diduduki Sigra sebanyak 47.066 unit, atau berkontribusi sekitar 24,9 persen. Lanjut Gran Max PU (Pick Up) sejumlah 45.617 unit (24,2 persen). Ketiga, Xenia dengan torehan 23.966 unit (12,7 persen). Untuk 2023, mereka bakal merilis model anyar. (Alx)



    Baca Juga: Daihatsu Ayla Bekas Tahun Muda Cuma Rp100 Jutaan, Seberapa Menarik?

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Daihatsu Unggulan

    Artikel Mobil Daihatsu dari Carvaganza

    Artikel Mobil Daihatsu dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test