Daihatsu Fellow Max, Berbodi Mungil dan Mesin 2-Tak

Daihatsu Fellow Max

Acara Kumpul Sahabat Solo dilangsungkan pada 25 Agustus kemarin. Mereka turut memajang mobil mini, Fellow Max berkelir kuning keemasan. Bentuknya mungil, kemudian dekorasi macam taksi dengan pelat nomor Jepang. Sehingga bergaya ala model JDM. Tak sedikit orang penasaran, melihat dan bersentuhan langsung. Kendaraan ini merupakan lansiran 1976, bermesin 2-tak dan hanya berkubikasi 360 cc. 

KEY TAKEAWAYS

  • Harga bahan Fellow Max dulu cuma Rp25 juta

    Setelah direstorasi harganya semakin meningkat
  • “Dulu saya dapat bahan seharga Rp25 juta dengan kondisi rusak parah. Terus direstorasi sedikit demi sedikit. Waktu itu beli pada 2019. Dulu warna hijau, sedangkan di STNK coklat, jadi dikembalikan ke kelir aslinya. Adapun biaya restorasi total Rp65 jutaan (belum termasuk harga beli). Perbaikan paling besar di sektor bodi sama mesin. Soalnya dapatnya benar-benar bahan. Proses pengerjaan sendiri sekitar satu tahun di bengkel sendiri,” beber Agoenk Retro, pemilik Daihatsu Fellow Max.

    Untuk diketahui, Daihatsu Fellow Max menggunakan mesin ZM dua silinder dua tak berpendingin air, berikut ruang bakar 356 cc. Tenaga mencapai 23 PS. Enjin ini juga dipakai Hijet lawas, plus transmisi manual empat percepatan. Jantung mekanis kecil dengan sistem oli samping ini beratnya hanya 128 lb atau 58 kg. 

    Daihatsu Fellow Max

    Nah, pada Mei 1976 karena ada ubahan regulasi mengenai kei car di Jepang. Daihatsu melakukan penyempurnaan mesin berkode AB10 menjadi 547 cc empat tak, menggantikan ZM dua tak. Mereka juga menggunakan sasis baru berkode L40V. DNA Fellow tetap dilekatkan dengan menggunakan nama Max 550. Kecepatan puncaknya diklaim tembus 110 km/jam. Itulah sejarah singkat terkait perkembangan Fellow Max. 

    Sedangkan mobil yang dipajang kemarin. Bentuknya sangat mungil dan menjadi "mbahnya" kei car di Jepang. Ia memiliki panjang 2.995 mm, lebar 1.295 mm, tinggi 1.290 mm, jarak sumbu roda 2.090 mm dan bobot keseluruhan 510 kg. Mobil ini dibuat di pabrik Daihatsu Ikeda, Osaka. Barang yang Anda lihat menggunakan format empat pintu. Mereka juga memproduksi versi dua pintu dan van tiga pintu.

    Walau barang lawas, namun dekorasi interior Daihatsu Fellow Max ini lumayan rapi. Jok dilapisi kulit sintetis warna gelap, termasuk di bagian lingkar kemudi. Logo Max di tengah setir masih dipertahankan. Meter cluster juga terlihat masih berfungsi. Hanya saja ada di beberapa titik cat mulai terkelupas di panel bodi luar. 

    “Dulu yang kurang saya carikan (kelengkapannya). Emblem yang terpasang itu orisinal semua. Ini mobilnya bisa jalan. Kalau AC, dari angin jendela, tidak kuat dipasang karena ini mobil 360 cc dua silinder, dua stroke. Kemarin itu mau ditukar motor Cagiva Mito, tapi saya harus tambah dana sekitar Rp15 jutaan. Tapi ini masih nego-nego. Mereka maunya terima beres semua, repaint lagi. Kalau ada yang berminat ya silahkan,” imbuh Agoenk, menjelaskan teknis Daihatsu Fellow Max. (Alx)

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Daihatsu Unggulan

    Artikel Mobil Daihatsu dari Carvaganza

    • Daihatsu Kumpul Sahabat 2025 Gemuruhkan Sleman di Stadion Maguwoharjo
      Daihatsu Kumpul Sahabat 2025 Gemuruhkan Sleman di Stadion Maguwoharjo
      Bangkit Jaya . Hari ini
    • Bos Teknis Daihatsu Jepang Jelaskan Keunggulan Teknologi Rocky e-Smart Hybrid
      Bos Teknis Daihatsu Jepang Jelaskan Keunggulan Teknologi Rocky e-Smart Hybrid
      Editorial . 03 Nov, 2025
    • Menyusuri Jejak Perjalanan Daihatsu dari Masa ke Masa di Humobility World Osaka
      Menyusuri Jejak Perjalanan Daihatsu dari Masa ke Masa di Humobility World Osaka
      Editorial . 31 Okt, 2025
    • Berkunjung Melihat Inovasi dan Efisiensi Pabrik Daihatsu Kyoto Oyamazaki
      Berkunjung Melihat Inovasi dan Efisiensi Pabrik Daihatsu Kyoto Oyamazaki
      Editorial . 28 Okt, 2025
    • Daihatsu Tawarkan Promo Khusus Profesi Ini di Indonesia Autovaganza
      Daihatsu Tawarkan Promo Khusus Profesi Ini di Indonesia Autovaganza
      Wahyu Hariantono . 26 Okt, 2025

    Artikel Mobil Daihatsu dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test
    • Daihatsu Kumpul Sahabat Sleman 2025 Resmi Dibuka, Riuhkan Stadion Maguwoharjo
      Daihatsu Kumpul Sahabat Sleman 2025 Resmi Dibuka, Riuhkan Stadion Maguwoharjo
      Bangkit Jaya Putra . Hari ini
    • Daihatsu Rocky e‑Smart Hybrid: Penjelasan Teknis Langsung dari Markas Daihatsu di Osaka
      Daihatsu Rocky e‑Smart Hybrid: Penjelasan Teknis Langsung dari Markas Daihatsu di Osaka
      OTO . 03 Nov, 2025
    • Autovaganza 2025: Daihatsu Tawarkan Test Drive dan Diskon Profesi hingga Rp2 Juta
      Autovaganza 2025: Daihatsu Tawarkan Test Drive dan Diskon Profesi hingga Rp2 Juta
      Wahyu Hariantono . 26 Okt, 2025
    • 5 Alasan Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid Layak Dibeli
      5 Alasan Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid Layak Dibeli
      OTO . 24 Okt, 2025
    • Walau Pasar Lesu, Daihatsu Sanggup Pertahankan Market Share 17 Persenan
      Walau Pasar Lesu, Daihatsu Sanggup Pertahankan Market Share 17 Persenan
      Anjar Leksana . 17 Okt, 2025
    • Daftar Harga Terkini Low MPV Idaman Bulan Ini, Pilihan dengan Beragam Keunggulan
      Daftar Harga Terkini Low MPV Idaman Bulan Ini, Pilihan dengan Beragam Keunggulan
      Setyo Adi Nugroho . 08 Okt, 2025
    • Masih Kompetitif, Ini Daftar Harga Terbaru Segmen Mobil Murah Alias LCGC
      Masih Kompetitif, Ini Daftar Harga Terbaru Segmen Mobil Murah Alias LCGC
      Setyo Adi Nugroho . 08 Okt, 2025
    • Masih Kompetitif, Ini Daftar Harga Terbaru Segmen Mobil Murah Alias LCGC
      Masih Kompetitif, Ini Daftar Harga Terbaru Segmen Mobil Murah Alias LCGC
      Setyo Adi Nugroho . 08 Okt, 2025
    • Harga Masih Kompetitif, Ini Tawaran Model LCGC Terkini di Bulan Kemerdekaan
      Harga Masih Kompetitif, Ini Tawaran Model LCGC Terkini di Bulan Kemerdekaan
      Setyo Adi Nugroho . 20 Agu, 2025
    • Harga Masih Kompetitif, Ini Tawaran Model LCGC Terkini di Bulan Kemerdekaan
      Harga Masih Kompetitif, Ini Tawaran Model LCGC Terkini di Bulan Kemerdekaan
      Setyo Adi Nugroho . 20 Agu, 2025
    • First Drive All New Daihatsu Ayla 1.0L MT dan 1.2L CVT, Tidak Terasa Murahan
      First Drive All New Daihatsu Ayla 1.0L MT dan 1.2L CVT, Tidak Terasa Murahan
      Setyo Adi Nugroho . 17 Mar, 2023
    • Road Test Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ASA: Fitur Keselamatannya Istimewa!
      Road Test Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ASA: Fitur Keselamatannya Istimewa!
      Rizki Satria . 23 Mar, 2022
    • First Drive All New Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ADS: FWD dan CVT Jadi Andalan
      First Drive All New Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ADS: FWD dan CVT Jadi Andalan
      Anindiyo Pradhono . 06 Des, 2021
    • Daihatsu Sigra R Deluxe: Melebihi Ekspektasi
      Daihatsu Sigra R Deluxe: Melebihi Ekspektasi
      Anindiyo Pradhono . 17 Jan, 2017