Agar semakin bersinergi, Daimler Truck dan Toyota Motor Corporation umumkan merger. Hal itu resmi dikumandangkan usai terjadi penandatanganan kesepakatan final (definitive agreements). Yakni untuk melaksanakan merger Mitsubishi Fuso dan Hino dalam posisi yang setara. Nanti mereka membentuk entitas baru.
Kolaborasi strategis digadang siap menyatukan kapabilitas kedua perusahaan. Itu guna membentuk pusat kekuatan baru industri truk asal Jepang. Agar lebih tangguh dan kompetitif, demi memberikan nilai lebih bagi seluruh pemangku kepentingan.
Perusahaan hasil merger ini nantinya bakal memiliki lebih dari 40.000 karyawan. Skala operasi, sumber daya dan kepemimpinan teknologi digadang bisa membentuk masa depan industri kendaraan niaga di kawasan Asia-Pasifik dan pasar global lain. Holding perusahaan anyar yang menaungi hasil merger ini direncanakan mulai beroperasi pada April 2026. Dan siap melantai di bursa sebagai entitas publik.
Pokok-pokok Kesepakatan:
Karl Deppen, CEO Mitsubishi Fuso & CEO terpilih holding company bilang, “Hari ini adalah momen penting bagi semua pemangku kepentingan. Dengan menyatukan kekuatan, merek, dan keahlian masing-masing perusahaan. Kami siap mendukung pelanggan dengan lebih baik. Saya merasa terhormat dipercaya memimpin perusahaan baru ini.”
Detail lebih lanjut, termasuk nama resmi perusahaan holding ini, siap diumumkan dalam beberapa bulan ke depan. Proses ini masih menunggu persetujuan dari dewan direksi, pemegang saham dan otoritas terkait. “Kolaborasi ini adalah kesempatan langka. Selain sinergi operasional. Kami percaya ada nilai besar dari penyatuan budaya yang berbeda. Dengan membawa semangat sama. Kami siap membentuk tim kuat dan berkontribusi positif bagi masyarakat,” ucap Satoshi Ogiso CEO Hino Motors.
Visi Entitas Bersama
Jenis kendaraan niaga memainkan peran vital dalam kehidupan sehari-hari—mobilitas penumpang dan barang—dan telah menjadi bagian penting dari infrastruktur sosial. Merger ini lahir dari tekad empat perusahaan untuk menciptakan masa depan transportasi semakin baik. Dibilang demi mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera melalui mobilitas berkelanjutan.
Melalui merger Mitsubishi Fuso dan Hino. Para pemangku kepentingan berharap dapat meningkatkan efisiensi operasional. Mulai dari pengembangan hingga produksi—sekaligus memperkuat daya saing industri kendaraan niaga Jepang. Juga memperkokoh fondasi industri otomotif di kawasan Asia.
Holding company baru ini bakal menjadi kontributor penting bagi pelanggan dan industri otomotif secara global. Fokusnya meliputi dekarbonisasi, efisiensi logistik dan pengembangan teknologi masa depan. Seperti CASE (Connected, Autonomous, Shared, Electric) dan tak menutup kemungkinan pemakaian teknologi hidrogen.
“Integrasi Mitsubishi Fuso dan Hino adalah langkah bersejarah. Dua kekuatan besar kini bersatu untuk membawa solusi transportasi rendah karbon. Skala adalah kunci dalam transformasi teknologi industri ini. Dan kami percaya kepemimpinan Karl Deppen dapat membawa perusahaan baru ini ke level selanjutnya,” imbuh Karin Rådström – CEO, Daimler Truck. (Alx)
Baca Juga:
Harga Jual Aion V Mengikuti Skema CKD dari Awal Jualan di Indonesia
MG 4 EV Ignite Eks-KTT ASEAN, Harganya Menggoda
BYD Seal 06 Berjantung Pacu Plug-in Hybrid Mau Dijual Mulai Rp200 Jutaan
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2025. Semua Hak Cipta Dilindungi.