Debut Dunia, Toyota Meluncurkan Innova Zenix dan Hybrid 21 November 2022

Toyota Innova Zenix teaser

 

KEY TAKEAWAYS

  • Estimasi harga berkisar Rp400 sampai Rp600 jutaan

    Innova tebaru akan memakai sasis monokok, FWD dan transmisi CVT
  • Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan Innova Zenix dan Hybrid 21 November 2022. The Crossing Edge is Coming. Ia melakoni debut dunia di sini. Setelah muka dan siluet tubuh tampak, mereka juga menampilkan fitur baru. Panoramic sunroof bakal tersedia. Terlihat pula posisi ventilasi AC baris kedua dan ketiga ada di samping atap. Soal harga, dirumorkan varian ICE tersedia mulai Rp415 juta. Sedangkan tipe paling mahal Rp625 juta.

    Innova Zenix 2.0 Q Hybrid TSS CVT menjadi strata atas. TAM bakal membekalinya dengan teknologi keselamatan generasi terbaru (ADAS), Toyota Safety Sense 3.0. Sistem mengandalkan sensor dan radar. Terkandung sejumlah fitur keselamatan utama antara lain: Pre-Collision System (PCS), Lane Tracing Assist (LTA), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) dan Automatic High Beam (AHB).

    Selanjutnya T Intouch juga terpasang sebagai fitur telematik yang membantu pengguna. Perangkat dapat memberikan pengalaman konektivitas digital dalam kehidupan sehari-hari. Sistem menghubungkan Anda ke seluruh layanan Toyota, untuk mendapatkan solusi dan benefit layanan tertentu.

    Baca Juga: Teaser Sudah Muncul, Cek Fakta Terkini Toyota Innova Zenix 2023

     

    Toyota Innova Zenix teaser

    Fakta lain yang terungkap ialah jantung mekanis. Toyota menggunakan mesin terbaru bernama Dynamic Force. Kubikasinya sama dengan model lawas 2,0 liter. Namun lewat racikan baru, tenaga jauh lebih kuat. Varian reguler berkode M20A-FKS 1.986 cc, 4 silinder, 16 valve, DOHC. Rasio kompresi 1:13. Kemudian resultan pembakaran empat piston memberi dorongan torsi puncak sebesar 205 Nm di 4.800 rpm. Sedangkan lonjakan daya tersalur 126 kW (172 PS) sejak 6.600 rpm. Efisiensi termal mencapai 40 persen.

    Lalu varian hybrid juga sama, menggunakan Dynamic Force seri M20A. Namun ada perumusan sedikit berbeda. Rasio kompresi dibuat menjadi 1:14. Lewat sistem pengabutan D-4S, tenaga dihasilkan dari mesin bensin di Innova Zenix Hybrid mungkin berkisar 107 kW (146 PS di 6.000 rpm). Momen puntir maksimal diraih 180 Nm pada 4.400 rpm. Efisiensi termal 41 persen. Spesifikasi ini berdasar Toyota global. Angka detail diungkap sebentar lagi.

    Untuk fakta kedua, distribusi tenaga di seluruh varian, tidak lagi pakai girboks matik biasa, melainkan CVT ke roda depan alias FWD. Kemudian konsumen di Indonesia tidak diberi opsi penyalur manual lima percepatan. Penggunaan transmisi jenis ini sama seperti milik Voxy. Sejauh ini memang tidak ada masalah. Namun, Innova lama merupakan kendaraan serba-bisa yang kuat diajak mengarungi medan terjal di bumi Nusantara. Dengan gerak depan, mesti diuji lebih lanjut di road test OTO Media Group. (Alx/Odi)

     

    Baca Juga: Toyota Innova Zenix Berbasis TNGA Penggerak FWD dan Tanpa Mesin Diesel

    Jelajahi Toyota Kijang Innova Zenix

    Model Mobil Toyota

    Mobil Toyota
    • Toyota Rush
      Toyota Rush
    • Toyota Kijang Innova
      Toyota Kijang Innova
    • Toyota Avanza
      Toyota Avanza
    • Toyota Fortuner
      Toyota Fortuner
    • Toyota Agya
      Toyota Agya

    Don't Miss

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Toyota Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Bandingkan & Rekomendasi

    Tren MPV

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil Toyota Kijang Innova Zenix dari Carvaganza

    Artikel Mobil Toyota Kijang Innova Zenix dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Advisory Stories
    • Road Test