Diakuisisi ExxonMobil, Federal Lubricant Siap Jadi Pemain Utama Pelumas

JAKARTA, 24 April 2019 – Setelah resmi bergabung dengan perusahaan raksasa asal Amerika Serikat, ExxonMobil, Federal Lubricant kian percaya diri. Federal Lubricant siap menjadi salah satu pemain utama di industri pelumas Tanah Air.

Federal Lubricants yang berada di bawah bendera PT Federal Karyatama diakuisisi ExxonMobil pada 28 Juni 2018 lalu. Bergabungnya Federal Lubricants ke ExxonMobil merupakan sinergi positif, yang membuka ruang lebih lebar untuk perkembangan penetrasi pasar produk-produk yang dihasilkan keduanya.

“Selama ini kita dikenal sebagai produsen pelumas untuk sepeda motor saja, dimana kita menguasai 20 persen pangsa pasar untuk motor dan after marker,” kata Patrick Adhiatmadja, Presiden Director PT Federal Karyatama selaku pemegang merek Federal Lubricants dalam media gathering di Jakarta, Rabu (24/4/2019).



Namun setelah ExxonMobil bergabung, kolaborasi keduanya bisa mengembangkan pasar yang lebih luas. Jika Federal Lubricant dikenal kuat di pasar B2C maka ExxonMobil terkenal di kategori B2B sebagai pemasok pelumas untuk industri. Apalagi sejak berdiri tahun 1988, Federal Lubricant sudah memiliki jaringan yang kuat di Indonesia.

“Kini dengan gabungan Federal Lubricants dan ExxonMobil kita berharap bisa menguasai 9-10 persen total market pelumas di Indonesia,” kata dia yakin.

Patrick mengatakan Mobil, produk oli yang dikeluarkan ExxonMobil, sebenarnya juga memiliki oli khusus sepeda motor. Pelumas yang diberi nama Super Motor tersebut diperkenalkan pertengahan tahun lalu. Ia mengatakan Federal Lubricants dan Super Motor akan berbagi segmen.

Ia yakin integrasi Federal Lubricants dan ExxonMobil akan menjadi gabungan yang mumpuni. “Kami menjadi satu perusahaan yang mengelola 2 merek. Tujuan kami adalah menjadi pemain yang diperhitungkan di pasar pelumas tidak hanya di segmen roda dua,” tutup Patrick.

RAJU FEBRIAN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda