Diskusi ICMS di GIIAS 2025 Terkait Perang Harga dan Kondisi Industri Otomotif Nasional

Dialog ICMS di GIIAS 2025

Indonesia Center for Mobility Studies (ICMS) gelar dialog menarik di GIIAS 2025. Mereka mengusung tema “Perang Harga vs Pembangunan Industri: Siapa Untung, Siapa Tertinggal?” Di tengah gempuran mobil murah, diskon besar, hingga persaingan semakin sengit antar-pabrikan. ICMS mengajak semua pemangku kepentingan merenung. Apakah perang harga benar-benar menyehatkan ekosistem industri? Atau justru jadi jebakan manis pada kemudian hari. 

KEY TAKEAWAYS

  • Perang Harga vs Pembangunan Industri: Siapa Untung, Siapa Tertinggal?

    Tujuan diselenggarakannya dialog ini, ICMS berharap industri otomotif nasional dapat terus tumbuh secara berkelanjutan. Terjadi kompetisi antar-pabrikan yang adil dan memberikan manfaat nyata bagi perekonomian Indonesia
  • Perlunya Mencari Titik Temu

    Munawar Chalil, Ketua Umum Indonesia Center for Mobility Studies (ICMS), angkat bicara soal fenomena banting harga yang makin sering terjadi di pasar otomotif Tanah Air. Ia mengingatkan, perang harga memang tampak menggoda di awal—konsumen girang, grafik penjualan merek baru pun langsung naik tajam. Tapi euforia itu, menurutnya, menyimpan risiko jangka panjang yang tak boleh disepelekan. “Perlu ada kajian mendalam. Sebab kalau terus dibiarkan, bisa merusak tatanan industri. Fokus kami justru mencari titik temu agar pelaku usaha bisa berjalan sehat, adil, dan berkelanjutan,” tegas Munawar.

    Nada serupa juga datang dari Gaikindo. Sekretaris Umumnya, Kukuh Kumara, menyampaikan bahwa Indonesia sebetulnya memegang peran kunci di peta otomotif ASEAN. Namun ia mengingatkan, jangan sampai kita justru jadi ajang perang harga. Meski masih memimpin dalam hal volume penjualan, posisi Indonesia makin terdesak. Malaysia kini naik jadi runner-up, menyalip Thailand yang biasanya di posisi dua. Kukuh menilai, Indonesia mesti belajar dari Thailand. Soalnya, sudah satu dekade ini pasar mobil nasional stagnan. Akar masalahnya ada di menurunnya daya beli kelas menengah—yang jumlahnya ada di kisaran 10 hingga 11 juta orang, padahal mereka inilah calon pembeli mobil potensial.

    Dialog ICMS di GIIAS 2025 terkait perang harga mobil

    Tantangan Disrupsi Zaman

    Kukuh Kumara kembali menyorot dinamika pasar otomotif saat ini yang kian kompleks. Ia mengingatkan bagaimana program LCGC sempat menjadi solusi efektif, mengalihkan pengguna roda dua ke mobil pertama mereka. Tapi kini, tantangannya beda. “Kita sedang menghadapi gelombang baru dari pabrikan Cina. Harganya agresif, kompetitif. Sementara daya beli kelas menengah malah stagnan. Pendapatan mereka naik hanya 3,5 persen, sedangkan harga mobil impian melesat 7,5 persen. Jadi, gap makin lebar,” jelas Kukuh dari atas panggung ICMS, 31 Juli 2025.

    Ia juga menyinggung soal pergeseran perilaku pasar. Generasi milenial punya selera berbeda—lebih melek teknologi, terbiasa dengan digitalisasi, dan ekspektasinya tinggi. “Riset dan pengembangan (RnD) sering kita gaungkan, tapi implementasinya? Masih jauh panggang dari api,” sentilnya.

    Sementara itu, Yannes Martinus Pasaribu—pengamat otomotif sekaligus akademisi ITB—ikut menyuarakan kegelisahan yang sama. Menurutnya, pemerintah perlu turun tangan lebih serius. Terutama dalam menciptakan lanskap persaingan yang sehat dan merata. “Semua merek harus punya peluang dan akses yang setara. Jangan berat sebelah,” tegasnya. Ia menambahkan, kunci utamanya adalah integrasi kebijakan lintas sektor yang inklusif dan konsisten. “Kalau benar-benar mau menuju Indonesia Emas 2045, ini wajib jadi senjata utama,” ucap Yannes.

    Harapan ICMS Gelar Dialog Nasional

    Lewat forum ini, ICMS menekankan pentingnya menciptakan ekosistem otomotif yang tumbuh berkelanjutan. Bukan hanya soal jualan, tapi juga bagaimana kompetisi yang adil bisa mendorong manfaat nyata bagi ekonomi nasional. Mulai dari membuka lapangan kerja, mengurangi ketergantungan impor, sampai memperkuat fondasi industri dalam negeri. (Alx)

    Baca Juga: 

    Menelisik Performa dan Kapabilitas Mitsubishi Destinator 1.5L Turbo

    Ada di GIIAS 2025, Ini Perbedaan dan Persamaan Suzuki e-Vitara dengan Toyota Urban Cruiser EV

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    • GIIAS 2025: V-Kool Gelar Promo Diskon Kaca Film Mobil dan Rumah, Ada Bonus Eksklusif
      GIIAS 2025: V-Kool Gelar Promo Diskon Kaca Film Mobil dan Rumah, Ada Bonus Eksklusif
      Anjar Leksana . Hari ini
    • GIIAS 2025: Citroen Rilis C3 Aircross Alto Tampil Ala Adventurer, Kolaborasi dengan Eiger
      GIIAS 2025: Citroen Rilis C3 Aircross Alto Tampil Ala Adventurer, Kolaborasi dengan Eiger
      Muhammad Hafid . Hari ini
    • GIIAS 2025: Semakin Banyak Pilihan Mobil Hybrid, Dari Compact Car Sampai Merek Premium
      GIIAS 2025: Semakin Banyak Pilihan Mobil Hybrid, Dari Compact Car Sampai Merek Premium
      Setyo Adi . Hari ini
    • Kata Toyota Soal Perang Harga di GIIAS 2025: Fokus pada Ekosistem, Bukan Diskon
      Kata Toyota Soal Perang Harga di GIIAS 2025: Fokus pada Ekosistem, Bukan Diskon
      Zenuar Yoga . Hari ini
    • GIIAS 2025: Andalan Masuk Segmen City Car EV, Ini Keunggulan Aion UT
      GIIAS 2025: Andalan Masuk Segmen City Car EV, Ini Keunggulan Aion UT
      Setyo Adi . 01 Agu, 2025

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Advisory Stories
    • Road Test
    • Jaecoo Serahkan 300 Unit J7 SHS ke Konsumen Pertama
      Jaecoo Serahkan 300 Unit J7 SHS ke Konsumen Pertama
      Zenuar Yoga . Hari ini
    • HMID Luncurkan myHyundaiCare untuk Mengoptimalkan Layanan kepada Pelanggan
      HMID Luncurkan myHyundaiCare untuk Mengoptimalkan Layanan kepada Pelanggan
      Anjar Leksana . Hari ini
    • Lebih Dekat dengan Mercedes-AMG CLE 53 Cabriolet, Rupawan dan Atletis
      Lebih Dekat dengan Mercedes-AMG CLE 53 Cabriolet, Rupawan dan Atletis
      Wahyu Hariantono . 01 Agu, 2025
    • GIIAS 2025: Ragam Mobil Konsep dengan Teknologi Terbaru
      GIIAS 2025: Ragam Mobil Konsep dengan Teknologi Terbaru
      Muhammad Hafid . 01 Agu, 2025
    • Geely EX5 Jadi Magnet di GIIAS 2025 Lewat Program Menarik
      Geely EX5 Jadi Magnet di GIIAS 2025 Lewat Program Menarik
      Setyo Adi Nugroho . 01 Agu, 2025
    • Bedah Lebih dalam Sofistikasi Teknologi DiSus C Buatan BYD di Seal 2025
      Bedah Lebih dalam Sofistikasi Teknologi DiSus C Buatan BYD di Seal 2025
      Anjar Leksana . 29 Jul, 2025
    • Mencari Rival Mitsubishi Destinator, Segmen SUV yang Banjir Produk
      Mencari Rival Mitsubishi Destinator, Segmen SUV yang Banjir Produk
      Setyo Adi Nugroho . 18 Jul, 2025
    • Hal yang Perlu Diketahui dari Fitur Keselamatan Toyota Yaris Cross HEV
      Hal yang Perlu Diketahui dari Fitur Keselamatan Toyota Yaris Cross HEV
      Zenuar Yoga . 17 Jul, 2025
    • Membandingkan Xpeng X9 Lawan Denza D9, MPV Listrik Premium Modern
      Membandingkan Xpeng X9 Lawan Denza D9, MPV Listrik Premium Modern
      Setyo Adi Nugroho . 14 Jul, 2025
    • Bisa Dapat Toyota Innova Baru Tak Sampai Rp400 Juta, Ini Caranya
      Bisa Dapat Toyota Innova Baru Tak Sampai Rp400 Juta, Ini Caranya
      Setyo Adi Nugroho . 10 Jul, 2025
    • Cuaca Kembali Ekstrem, Waspada Beberapa Masalah untuk Kendaraan
      Cuaca Kembali Ekstrem, Waspada Beberapa Masalah untuk Kendaraan
      Setyo Adi Nugroho . 08 Jul, 2025
    • 6 Kesalahan Parkir Kendaraan yang Bisa Berujung Banyak Kerugian
      6 Kesalahan Parkir Kendaraan yang Bisa Berujung Banyak Kerugian
      Anjar Leksana . 04 Jul, 2025
    • Garasi Oase Ungkap Cara Mudah Deteksi Kondisi Kaki-Kaki Mobil dan Perawatannya
      Garasi Oase Ungkap Cara Mudah Deteksi Kondisi Kaki-Kaki Mobil dan Perawatannya
      Zenuar Yoga . 30 Jun, 2025
    • Tips Memilih Aksesori Tambahan untuk Kenyamanan Mengemudi Harian
      Tips Memilih Aksesori Tambahan untuk Kenyamanan Mengemudi Harian
      Setyo Adi Nugroho . 04 Jun, 2025
    • Waspada Keracunan Karbon Monoksida di Dalam Mobil, Ini Cara Mencegahnya
      Waspada Keracunan Karbon Monoksida di Dalam Mobil, Ini Cara Mencegahnya
      Setyo Adi Nugroho . 06 Mei, 2025
    • First Drive Mitsubishi Destinator: Pengendalian hingga Efisiensi, Paket Lengkap untuk SUV Keluarga
      First Drive Mitsubishi Destinator: Pengendalian hingga Efisiensi, Paket Lengkap untuk SUV Keluarga
      Setyo Adi Nugroho . 21 Jul, 2025
    • Test Drive Jaecoo J7 AWD: Tangguh di Off-road Ringan, Nyaman di Jalan Raya
      Test Drive Jaecoo J7 AWD: Tangguh di Off-road Ringan, Nyaman di Jalan Raya
      Muhammad Hafid . 04 Jul, 2025
    • Test Drive Jaecoo J7 SHS: Efisiensi Plug-in Hybrid dan Kenyamanan Modern di Jalan Tol
      Test Drive Jaecoo J7 SHS: Efisiensi Plug-in Hybrid dan Kenyamanan Modern di Jalan Tol
      Muhammad Hafid . 02 Jul, 2025
    • Test Drive Chery Tiggo 8 CSH: Uji Efisiensi dan Plus Minus PHEV Termurah Saat Ini
      Test Drive Chery Tiggo 8 CSH: Uji Efisiensi dan Plus Minus PHEV Termurah Saat Ini
      Setyo Adi Nugroho . 24 Jun, 2025
    • Test Drive Jaecoo J8 AWD: Gabungan Gaya Eropa dan Tangguhnya Off-road, Bukan Sekadar Gimik!
      Test Drive Jaecoo J8 AWD: Gabungan Gaya Eropa dan Tangguhnya Off-road, Bukan Sekadar Gimik!
      Wahyu Hariantono . 18 Jun, 2025