Diskusi ICMS di GIIAS 2025 Terkait Perang Harga dan Kondisi Industri Otomotif Nasional

Dialog ICMS di GIIAS 2025

Indonesia Center for Mobility Studies (ICMS) gelar dialog menarik di GIIAS 2025. Mereka mengusung tema “Perang Harga vs Pembangunan Industri: Siapa Untung, Siapa Tertinggal?” Di tengah gempuran mobil murah, diskon besar, hingga persaingan semakin sengit antar-pabrikan. ICMS mengajak semua pemangku kepentingan merenung. Apakah perang harga benar-benar menyehatkan ekosistem industri? Atau justru jadi jebakan manis pada kemudian hari. 

KEY TAKEAWAYS

  • Perang Harga vs Pembangunan Industri: Siapa Untung, Siapa Tertinggal?

    Tujuan diselenggarakannya dialog ini, ICMS berharap industri otomotif nasional dapat terus tumbuh secara berkelanjutan. Terjadi kompetisi antar-pabrikan yang adil dan memberikan manfaat nyata bagi perekonomian Indonesia
  • Perlunya Mencari Titik Temu

    Munawar Chalil, Ketua Umum Indonesia Center for Mobility Studies (ICMS), angkat bicara soal fenomena banting harga yang makin sering terjadi di pasar otomotif Tanah Air. Ia mengingatkan, perang harga memang tampak menggoda di awal—konsumen girang, grafik penjualan merek baru pun langsung naik tajam. Tapi euforia itu, menurutnya, menyimpan risiko jangka panjang yang tak boleh disepelekan. “Perlu ada kajian mendalam. Sebab kalau terus dibiarkan, bisa merusak tatanan industri. Fokus kami justru mencari titik temu agar pelaku usaha bisa berjalan sehat, adil, dan berkelanjutan,” tegas Munawar.

    Nada serupa juga datang dari Gaikindo. Sekretaris Umumnya, Kukuh Kumara, menyampaikan bahwa Indonesia sebetulnya memegang peran kunci di peta otomotif ASEAN. Namun ia mengingatkan, jangan sampai kita justru jadi ajang perang harga. Meski masih memimpin dalam hal volume penjualan, posisi Indonesia makin terdesak. Malaysia kini naik jadi runner-up, menyalip Thailand yang biasanya di posisi dua. Kukuh menilai, Indonesia mesti belajar dari Thailand. Soalnya, sudah satu dekade ini pasar mobil nasional stagnan. Akar masalahnya ada di menurunnya daya beli kelas menengah—yang jumlahnya ada di kisaran 10 hingga 11 juta orang, padahal mereka inilah calon pembeli mobil potensial.

    Dialog ICMS di GIIAS 2025 terkait perang harga mobil

    Tantangan Disrupsi Zaman

    Kukuh Kumara kembali menyorot dinamika pasar otomotif saat ini yang kian kompleks. Ia mengingatkan bagaimana program LCGC sempat menjadi solusi efektif, mengalihkan pengguna roda dua ke mobil pertama mereka. Tapi kini, tantangannya beda. “Kita sedang menghadapi gelombang baru dari pabrikan Cina. Harganya agresif, kompetitif. Sementara daya beli kelas menengah malah stagnan. Pendapatan mereka naik hanya 3,5 persen, sedangkan harga mobil impian melesat 7,5 persen. Jadi, gap makin lebar,” jelas Kukuh dari atas panggung ICMS, 31 Juli 2025.

    Ia juga menyinggung soal pergeseran perilaku pasar. Generasi milenial punya selera berbeda—lebih melek teknologi, terbiasa dengan digitalisasi, dan ekspektasinya tinggi. “Riset dan pengembangan (RnD) sering kita gaungkan, tapi implementasinya? Masih jauh panggang dari api,” sentilnya.

    Sementara itu, Yannes Martinus Pasaribu—pengamat otomotif sekaligus akademisi ITB—ikut menyuarakan kegelisahan yang sama. Menurutnya, pemerintah perlu turun tangan lebih serius. Terutama dalam menciptakan lanskap persaingan yang sehat dan merata. “Semua merek harus punya peluang dan akses yang setara. Jangan berat sebelah,” tegasnya. Ia menambahkan, kunci utamanya adalah integrasi kebijakan lintas sektor yang inklusif dan konsisten. “Kalau benar-benar mau menuju Indonesia Emas 2045, ini wajib jadi senjata utama,” ucap Yannes.

    Harapan ICMS Gelar Dialog Nasional

    Lewat forum ini, ICMS menekankan pentingnya menciptakan ekosistem otomotif yang tumbuh berkelanjutan. Bukan hanya soal jualan, tapi juga bagaimana kompetisi yang adil bisa mendorong manfaat nyata bagi ekonomi nasional. Mulai dari membuka lapangan kerja, mengurangi ketergantungan impor, sampai memperkuat fondasi industri dalam negeri. (Alx)

    Baca Juga: 

    Menelisik Performa dan Kapabilitas Mitsubishi Destinator 1.5L Turbo

    Ada di GIIAS 2025, Ini Perbedaan dan Persamaan Suzuki e-Vitara dengan Toyota Urban Cruiser EV

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    • Kapsul Waktu Suzuki Plaza Museum: Dari Mesin Tenun Hingga Kendaraan Modern di Dunia
      Kapsul Waktu Suzuki Plaza Museum: Dari Mesin Tenun Hingga Kendaraan Modern di Dunia
      Zenuar Yoga . Hari ini
    • Jaecoo Rilis Harga Resmi J5 EV, Langsung Senggol Fronx, Raize, WR-V
      Jaecoo Rilis Harga Resmi J5 EV, Langsung Senggol Fronx, Raize, WR-V
      Setyo Adi . Hari ini
    • Line Up Debut di JMS 2025 Bukti Honda Tidak Mundur di Persaingan EV
      Line Up Debut di JMS 2025 Bukti Honda Tidak Mundur di Persaingan EV
      Bangkit Jaya . Hari ini
    • Lebih Dekat dengan Bus Isuzu Erga EV di Jepang, Bisa Jalan Tanpa Sopir
      Lebih Dekat dengan Bus Isuzu Erga EV di Jepang, Bisa Jalan Tanpa Sopir
      Muhammad Hafid . Hari ini
    • Tahun Depan, Changan Bakal Bawa Mobil REEV ke Indonesia Lewat Deepal S05
      Tahun Depan, Changan Bakal Bawa Mobil REEV ke Indonesia Lewat Deepal S05
      Anjar Leksana . Hari ini

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Advisory Stories
    • Road Test
    • Daihatsu Rocky e‑Smart Hybrid: Penjelasan Teknis Langsung dari Markas Daihatsu di Osaka
      Daihatsu Rocky e‑Smart Hybrid: Penjelasan Teknis Langsung dari Markas Daihatsu di Osaka
      OTO . Hari ini
    • Deepal S05 Berpotensi Jadi Mobil REEV Pertama Changan di Indonesia
      Deepal S05 Berpotensi Jadi Mobil REEV Pertama Changan di Indonesia
      Anjar Leksana . Hari ini
    • Bikin Heboh, Harga Jaecoo J5 EV Tidak Sampai Rp300 Juta!
      Bikin Heboh, Harga Jaecoo J5 EV Tidak Sampai Rp300 Juta!
      Setyo Adi Nugroho . Hari ini
    • Dari EV hingga FCEV, Toyota Menolak Jalan Tunggal Menuju Dekarbonisasi
      Dari EV hingga FCEV, Toyota Menolak Jalan Tunggal Menuju Dekarbonisasi
      Anindiyo Pradhono . Hari ini
    • Nissan Pertimbangkan X-Trail e-Power Versi Murah untuk Indonesia
      Nissan Pertimbangkan X-Trail e-Power Versi Murah untuk Indonesia
      Wahyu Hariantono . Hari ini
    • 7 Mobil Konsep Paling Menarik Perhatian di JMS 2025
      7 Mobil Konsep Paling Menarik Perhatian di JMS 2025
      Setyo Adi Nugroho . Hari ini
    • Menelusuri Sejarah Dimulainya Kendaraan Suzuki di Dunia, dari Mesin Tenun hingga Mobil Modern
      Menelusuri Sejarah Dimulainya Kendaraan Suzuki di Dunia, dari Mesin Tenun hingga Mobil Modern
      Zenuar Yoga . 31 Okt, 2025
    • Ketangguhan Ladder Frame di Mitsubishi Pajero Sport, Siap Hadapi Medan Berat dan Jalanan Kota
      Ketangguhan Ladder Frame di Mitsubishi Pajero Sport, Siap Hadapi Medan Berat dan Jalanan Kota
      Ardiantomi . 31 Okt, 2025
    • Belajar Sejarah Daihatsu di Humobility World Jepang, dari Pertanian ke Mobil
      Belajar Sejarah Daihatsu di Humobility World Jepang, dari Pertanian ke Mobil
      OTO . 31 Okt, 2025
    • Mitsubishi Destinator Tak Gentar Hadapi Musim Hujan, Berkat Fitur-fitur Ini!
      Mitsubishi Destinator Tak Gentar Hadapi Musim Hujan, Berkat Fitur-fitur Ini!
      Ardiantomi . 30 Okt, 2025
    • Beberapa Langkah Perawatan Aki di Kendaraan Elektrifikasi
      Beberapa Langkah Perawatan Aki di Kendaraan Elektrifikasi
      Setyo Adi Nugroho . 25 Okt, 2025
    • Memasuki Musim Hujan, Waspada Risiko Aquaplaning Saat Berkendara
      Memasuki Musim Hujan, Waspada Risiko Aquaplaning Saat Berkendara
      Setyo Adi Nugroho . 16 Okt, 2025
    • Benarkah Melihat Penyakit Mobil Bisa Dilihat dari Warna Asap Knalpot Saja?
      Benarkah Melihat Penyakit Mobil Bisa Dilihat dari Warna Asap Knalpot Saja?
      Anjar Leksana . 14 Okt, 2025
    • Bingung Servis Mobil Berdasarkan Waktu atau Jarak Tempuh? Ini Penjelasannya
      Bingung Servis Mobil Berdasarkan Waktu atau Jarak Tempuh? Ini Penjelasannya
      Anjar Leksana . 08 Okt, 2025
    • Waspada Berburu Mobil Seken Murah, Ini Cara Cek Unit Bekas Tabrakan
      Waspada Berburu Mobil Seken Murah, Ini Cara Cek Unit Bekas Tabrakan
      Anjar Leksana . 01 Okt, 2025
    • Test Drive Jaecoo J5 EV: SUV Listrik Nyaman, Torsi Instan, dan Konsumsi Daya Super Irit
      Test Drive Jaecoo J5 EV: SUV Listrik Nyaman, Torsi Instan, dan Konsumsi Daya Super Irit
      Setyo Adi Nugroho . 30 Okt, 2025
    • Road Test Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: SUV Keluarga Modern yang Siap Menjelajah Jarak Jauh
      Road Test Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: SUV Keluarga Modern yang Siap Menjelajah Jarak Jauh
      Muhammad Hafid . 23 Okt, 2025
    • Road Test GWM Ora 03: EV Funky Cocok untuk Anak Muda
      Road Test GWM Ora 03: EV Funky Cocok untuk Anak Muda
      Wahyu Hariantono . 22 Okt, 2025
    • First Drive GWM Tank 300 Diesel: Nyaman di Aspal, Galak di Medan Berat
      First Drive GWM Tank 300 Diesel: Nyaman di Aspal, Galak di Medan Berat
      Muhammad Hafid . 17 Okt, 2025
    • First Drive Chery Tiggo 9 CSH AWD: SUV Keluarga Berjiwa Kencang!
      First Drive Chery Tiggo 9 CSH AWD: SUV Keluarga Berjiwa Kencang!
      Anjar Leksana . 15 Okt, 2025