E-Fuel, Solusi Bahan Bakar Masa Depan?

e-fuel

Industri otomotif terus berinovasi untuk beralih dari kendaraan pembakaran fosil ke kendaraan yang lebih ramah lingkungan. Berbagai merek telah berpartisipasi dengan memperkenalkan produk-produk ramah lingkungan. Namun, ada beberapa yang tampaknya enggan untuk berkomitmen penuh, masih mempertahankan mesin konvensional meskipun telah dikombinasikan dengan motor listrik. Beberapa bahkan telah mengembangkan bahan bakar sintetis. Apa itu bahan bakar tersebut?

Dikenal sebagai e-fuel, bahan bakar ini dibuat dari kombinasi hidrogen dan karbon yang diperoleh dari limbah biomassa atau CO2 yang diambil dari atmosfer. E-fuel, singkatan dari electrofuel, cocok digunakan pada kendaraan yang beroperasi dengan bensin.

Proses pembuatan e-fuel melibatkan pemisahan hidrogen dan oksigen dari air melalui elektrolisis. Kemudian, CO2 yang diambil dari udara dikombinasikan dengan hidrogen melalui proses sintesis kimia.

Bahan bakar ini dianggap netral karbon karena menggunakan CO2 dalam jumlah yang setara dengan emisi yang dihasilkannya. Oleh karena itu, beberapa produsen seperti Porsche menganggapnya sebagai alternatif yang menjanjikan, sebanding dengan mobil listrik, karena menciptakan siklus yang efisien: emisi dari kendaraan diolah dan digunakan kembali oleh kendaraan itu sendiri.

Keunggulan bahan bakar ini termasuk proses pembuatannya yang memungkinkan penggunaan tanpa modifikasi kendaraan. Bahan bakar ini juga bisa digunakan untuk angkutan barang dan penyimpanannya tidak membutuhkan perlakuan khusus, cukup dengan fasilitas yang sudah ada.

e-fuel

Namun, e-fuel juga memiliki beberapa kekurangan. Biaya produksinya cukup mahal dan belum dapat diproduksi dalam jumlah besar. Meskipun diklaim lebih bersih selama proses produksi, e-fuel masih menghasilkan gas berbahaya bagi lingkungan yang serupa dengan bensin dan diesel. Selain itu, produksinya memerlukan energi besar untuk menghasilkan hidrogen yang diperlukan.

Untuk informasi, Porsche telah menjadi pelopor dalam pengembangan e-fuel. Mereka telah menginvestasikan £62 juta untuk membangun fasilitas produksi percontohan di Chile, dengan target produksi sekitar 130 ribu liter per tahun.

"Potensi e-fuel sangat besar. Saat ini ada lebih dari 1,3 miliar kendaraan bermesin bensin di seluruh dunia. Banyak dari mereka akan tetap beroperasi selama beberapa dekade mendatang, dan e-fuel menawarkan solusi hampir tanpa emisi karbon bagi pemilik kendaraan tersebut," kata Michael Steiner, eksekutif riset dan pengembangan Porsche.

Meski aktif berinvestasi dalam kendaraan listrik, CEO Volkswagen dan Porsche, Oliver Blume, menyatakan bahwa bahan bakar sintetis dapat memperpanjang masa pakai Porsche 911 bermesin bensin hingga akhir dekade ini.

Produsen mobil lain, khususnya yang produksinya terbatas, juga tertarik pada e-fuels untuk mempertahankan mesin bensin. CEO Ferrari, Benedetto Vigna, memiliki pandangan yang sama. Mazda juga menunjukkan minat, dengan Wakil Kepala R&D Mazda, Christian Schultze, mengungkapkan bahwa e-fuels merupakan tambahan penting bagi elektrifikasi karena implementasinya yang mudah dan potensi dampak signifikan terhadap dekarbonisasi. (Hfd)

Sumber: Autocar

Baca Juga: Siklus Hidup BMW Z4 Segera Berakhir, Masa Depan Toyota Supra Tak Jelas

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • Bentuknya Mungil, Tapi GWM Ora 03 Dijejali 15 Fitur ADAS
    Bentuknya Mungil, Tapi GWM Ora 03 Dijejali 15 Fitur ADAS
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • Eksplorasi dan Impresi Awal GAC Aion UT Sebelum Rilis di Indonesia, Hatchback Listrik Stylish
    Eksplorasi dan Impresi Awal GAC Aion UT Sebelum Rilis di Indonesia, Hatchback Listrik Stylish
    Setyo Adi . Hari ini
  • Tips Merawat Kaki-Kaki Mobil ala Garasi Oase untuk Performa Maksimal
    Tips Merawat Kaki-Kaki Mobil ala Garasi Oase untuk Performa Maksimal
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Harga Chery Makin Terjangkau Lewat Dua Produknya Ini
    Harga Chery Makin Terjangkau Lewat Dua Produknya Ini
    Setyo Adi . 27 Jun, 2025
  • Mercedes-AMG Kenalkan Konsep Sedan EV Buas Pesaing Taycan, Rilis Tahun Depan
    Mercedes-AMG Kenalkan Konsep Sedan EV Buas Pesaing Taycan, Rilis Tahun Depan
    Wahyu Hariantono . 30 Jun, 2025

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Spesifikasi Mobil Listrik Jetour X50e yang Siap Meluncur di GIIAS 2025
    Spesifikasi Mobil Listrik Jetour X50e yang Siap Meluncur di GIIAS 2025
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Xiaomi Resmi Jual YU7 Mulai Rp500 Jutaan, Ada Fitur Pereda Mabuk Kendaraan
    Xiaomi Resmi Jual YU7 Mulai Rp500 Jutaan, Ada Fitur Pereda Mabuk Kendaraan
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Awal Juli 2025, Daftar Harga Bahan Bakar Berkualitas Kompak Naik
    Awal Juli 2025, Daftar Harga Bahan Bakar Berkualitas Kompak Naik
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • Buat Mobilitas Harian, Ini Fitur Pendukung Kenyamanan GWM Ora 03
    Buat Mobilitas Harian, Ini Fitur Pendukung Kenyamanan GWM Ora 03
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • Skema Kredit untuk Hyundai Palisade Terbaru, Angsurannya Bisa Beli Motor
    Skema Kredit untuk Hyundai Palisade Terbaru, Angsurannya Bisa Beli Motor
    Setyo Adi Nugroho . 30 Jun, 2025
  • Bukan Gaya Belaka, Peningkatan Interior New Xpander Cross 2025 Juga Fungsional
    Bukan Gaya Belaka, Peningkatan Interior New Xpander Cross 2025 Juga Fungsional
    Ardiantomi . 30 Jun, 2025
  • Konsumsi Bahan Bakar Suzuki Fronx Bisa Seirit LCGC!
    Konsumsi Bahan Bakar Suzuki Fronx Bisa Seirit LCGC!
    Ardiantomi . 30 Jun, 2025
  • Berkat AYC, Mitsubishi Xpander Jadi Lebih Enak, Aman dan Nyaman!
    Berkat AYC, Mitsubishi Xpander Jadi Lebih Enak, Aman dan Nyaman!
    Ardiantomi . 30 Jun, 2025
  • Impresi GAC Aion UT: Hatchback EV Futuristik dengan Sentuhan Eropa
    Impresi GAC Aion UT: Hatchback EV Futuristik dengan Sentuhan Eropa
    Setyo Adi Nugroho . 28 Jun, 2025
  • Tawaran Model Low MPV Terkini, Harga Mulai Rp180 Jutaan
    Tawaran Model Low MPV Terkini, Harga Mulai Rp180 Jutaan
    Setyo Adi Nugroho . 24 Jun, 2025
  • Garasi Oase Ungkap Cara Mudah Deteksi Kondisi Kaki-Kaki Mobil dan Perawatannya
    Garasi Oase Ungkap Cara Mudah Deteksi Kondisi Kaki-Kaki Mobil dan Perawatannya
    Zenuar Yoga . 30 Jun, 2025
  • Tips Memilih Aksesori Tambahan untuk Kenyamanan Mengemudi Harian
    Tips Memilih Aksesori Tambahan untuk Kenyamanan Mengemudi Harian
    Setyo Adi Nugroho . 04 Jun, 2025
  • Waspada Keracunan Karbon Monoksida di Dalam Mobil, Ini Cara Mencegahnya
    Waspada Keracunan Karbon Monoksida di Dalam Mobil, Ini Cara Mencegahnya
    Setyo Adi Nugroho . 06 Mei, 2025
  • Rahasia Perawatan Aki Agar Tetap Prima
    Rahasia Perawatan Aki Agar Tetap Prima
    Setyo Adi Nugroho . 29 Apr, 2025
  • Pentingnya Ganti Oli Kompresor AC Mobil Secara Rutin
    Pentingnya Ganti Oli Kompresor AC Mobil Secara Rutin
    Muhammad Hafid . 15 Apr, 2025
  • Test Drive Chery Tiggo 8 CSH: Uji Efisiensi dan Plus Minus PHEV Termurah Saat Ini
    Test Drive Chery Tiggo 8 CSH: Uji Efisiensi dan Plus Minus PHEV Termurah Saat Ini
    Setyo Adi Nugroho . 24 Jun, 2025
  • Test Drive Jaecoo J8 AWD: Gabungan Gaya Eropa dan Tangguhnya Off-road, Bukan Sekadar Gimik!
    Test Drive Jaecoo J8 AWD: Gabungan Gaya Eropa dan Tangguhnya Off-road, Bukan Sekadar Gimik!
    Wahyu Hariantono . 18 Jun, 2025
  • Road Test Volvo EX30: Mobil Listrik Minimalis dengan Ambisi Maksimal
    Road Test Volvo EX30: Mobil Listrik Minimalis dengan Ambisi Maksimal
    Wahyu Hariantono . 16 Jun, 2025
  • Test Drive Xpeng X9: MPV Listrik Canggih dengan Rasa Mewah dan Fitur Masa Depan
    Test Drive Xpeng X9: MPV Listrik Canggih dengan Rasa Mewah dan Fitur Masa Depan
    Setyo Adi Nugroho . 04 Jun, 2025
  • Test Drive BYD Seal Performance di Mandalika: Sedan Listrik 522 HP dengan Teknologi DiSus-C
    Test Drive BYD Seal Performance di Mandalika: Sedan Listrik 522 HP dengan Teknologi DiSus-C
    Alvando Noya . 26 Mei, 2025