Evolusi Mesin Harley-Davidson V-Twin

TACOMA, 13 September 2016 – Diperkenalkannya mesin Milwaukee-Eight menjadi catatan penting dalam sejarah Harley-Davidson. Inilah mesin kesembilan dalam sejarah kuda besi asal negari Abang Sam tersebut. Diperkenalkan tahun ini, Milwaukee-Eight menjalani evolusi panjang sebelum diperkenalkan. Harkey-Davidson sangat mudah dikenali dengan mesin besar bertipe 45-degree V-Twin. Namun tahukah Anda jika mesin dengan tipe V ini memiliki beberapa ubahan alias rovolusi dari tahun ke tahun sesuai dengan bentuk sasis dan modelnya. Cerita tentang mesin Harley-Davidson bisa ditarik hingga tahun 1909. Masing-masing generasi dibuat lebih baik dari generasi sebelumnya. Ikonic. Tahan lama. Gampang dikenali dari suaranya. Tampilan berotot. Dan tak tergambarkan bagaimana performanya bagi pengendara. Berikut evolusi 9 mesin Harley-Davidson: •• 1909 Atmospheric V-Twin Dimulai dengan 27 sepeda motor. Modelnya sangat sederhana dengan gearboxs terpisah dan menggunakan kickstarter. Di zamannya, mesin ini sangat popular dengan motor bergaya Chopper. Berkapasitas 49.5 cubic inches, 7 hp. Inilah awal kelahiran mesin 45-degree Harley-Davidson V-Twin. •• 1911 – 1929 F-Head Untuk sebagian besar, mesin V-Twin dimulai pada tahun ini karena mesin ini sudah mulai diperhalus secara proses dan hasilnya. Material yang digunakan sudah terbilang lebih baik dari sebelumnya karena sudah mulai menggunakan bahan coran besi atau lebih dikenal engan istilah “babet”. Didesain untuk memberikan tenaga besar bagi jalanan, polisi dan komersial. Memiliki fitur waterproof ignition system dan kapasitas 61 inches cubic. Selanjutnya, lahir tipe 74 inches cubic. 13092016-moto-milwaukee-eight_03 •• 1929 – 1973 Flathead Mendapat nama karena bentuk flat shape pada bagian head nya. Tidak memiliki katup di cylinder head; yang ditempatkan di samping. Hal ini membuat mudah dibuka saat perbaikan. Mesin ini “nyemplak” di motor Harley-Davidson tipe WL dan WLA tahun 1930-an. •• 1936 – 1947 Knucklehead Nama tersebut terinspirasi dari bentuk yang berbeda dari “rocker box” dengan dua silinder 45 derajat. Mesin ini mengerakan pushrod melalui katup overhead dengan dua katup per silindernya. Inilah H-D Twin pertama yang menggunakan overhead valves dan recirculating oil. Dianggap sebagai H-D V-Twin air-cooled pertama. Model ini terbilang sukses dan hingga saat ini banyak builder dunia yang mencari mesin V-Twin model Knucklehead ini. •• 1948 – 1965 Panhead Bentuk “crankass” dari model Knuckleead terus di kembangkan. Model Panheas, menggunakan kepala silinder aluminum, katup hidrolik baru, sirkulasi minyak lebih baik, dan roller bearings pada crankpin untuk mengurangi berat. Bertahan cukup lama. 13092016-moto-milwaukee-eight_05 •• 1966 – 1984 Shovelhead Mesin berpendingin udara dengan silinder kembar ini memiliki kapasitas mesin 1.208cc dan 1.340cc dan melahirkan Harley Davidson seri FLH hingga Electra Glide II di tahun 1983 akhir. “Power Pac” menggunakan aluminum heads, sistem listrik 12-volt, kaburator, dan timing yang mudah disesuaikan. •• 1984 – 1999 Evolution Tidak ada perubahan signifikan pada model ini, Harley-Davidson tipe sportster pun terlahir dengan “kodrat” menggunakan mesin khas dengan memanjang mirip ikan arwana ini. Inilah mesin pertama H-D yang dibangun menggunakan Computer-Aided Design. Evo merupakan evolusi yang lebih baik, mulus, irit, serta tenaga dan torsi lebih besar •• 1999 – sekarang Twin Cam Inilah Big Twin kedua dalam sejarah H-D, setelah JDH 1928, dengan kapasitas lebih besar, lebih bertenaga, serta mesin dan transmisi yang lebih rigid sehingga meningkatkan kekakuan mesin. Model Twin Cam 88 digunakan untuk model turing dan softail. Kemudian di tahun 2007 hingga saat ini mesin hanya berganti nama menjadi Twin Cam 96 dengan penyempurnaan dari model twin cam 88. RAJU FEBRIAN Berita Terkait: Harley-Davidson Perkenalkan Mesin Baru Milwaukee-Eight

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • United E-Motor Serah Terima MX1200 Edisi Khusus ke Ojol, Sekali Cas 180 Km
    United E-Motor Serah Terima MX1200 Edisi Khusus ke Ojol, Sekali Cas 180 Km
    Bangkit Jaya Putra . Hari ini
  • Beli Maka Motors di PEVS 2025 Ada Cashback Rp2 Juta
    Beli Maka Motors di PEVS 2025 Ada Cashback Rp2 Juta
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Dharma Polimetal Bawa Produk Kebutuhan Ekosistem Kendaraan Listrik di PEVS 2025
    Dharma Polimetal Bawa Produk Kebutuhan Ekosistem Kendaraan Listrik di PEVS 2025
    Zenuar Yoga . 01 Mei, 2025
  • New XL750 Transalp Mendapat Peremajaan Desain dan Honda RoadSync
    New XL750 Transalp Mendapat Peremajaan Desain dan Honda RoadSync
    Zenuar Yoga . 30 Apr, 2025
  • Wahana Honda Hadir di PEVS 2025, Tawarkan Promo Menarik dan Test Ride Motor Listrik
    Wahana Honda Hadir di PEVS 2025, Tawarkan Promo Menarik dan Test Ride Motor Listrik
    Zenuar Yoga . 30 Apr, 2025
  • Pilih Skutik 125 cc Ideal: Yamaha Fazzio, Honda Vario 125, atau Suzuki Burgman Street 125EX?
    Pilih Skutik 125 cc Ideal: Yamaha Fazzio, Honda Vario 125, atau Suzuki Burgman Street 125EX?
    Zenuar Yoga . 28 Apr, 2025
  • Bujet Terbatas? Ini Pilihan Motor Murah yang Tetap Fungsional
    Bujet Terbatas? Ini Pilihan Motor Murah yang Tetap Fungsional
    Zenuar Yoga . 24 Apr, 2025
  • Ketahui Harga Promo CFMoto Papio XO-2 dan Detail Spesifikasinya
    Ketahui Harga Promo CFMoto Papio XO-2 dan Detail Spesifikasinya
    Anjar Leksana . 23 Apr, 2025
  • 8 Fitur Unggulan Yamaha Gear Ultima yang Layak Dipertimbangkan
    8 Fitur Unggulan Yamaha Gear Ultima yang Layak Dipertimbangkan
    Zenuar Yoga . 22 Apr, 2025
  • WMoto Swiftbee 125 cc Desainnya Menarik! Harga Lebih Murah dari Scoopy
    WMoto Swiftbee 125 cc Desainnya Menarik! Harga Lebih Murah dari Scoopy
    Anjar Leksana . 22 Apr, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Zenuar Yoga . 18 Mar, 2025
  • Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Alvando Noya . 10 Mei, 2024
  • Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Bangkit Jaya Putra . 04 Mar, 2025
  • First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025
  • First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    Bangkit Jaya Putra . 16 Jan, 2025
  • First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    Zenuar Yoga . 02 Jan, 2025