FEATURE: Ini Mobil-Mobil yang Pernah Berjaya di Rally Dakar

Rally Dakar

DAKAR – Ketika kita bicara soal reli paling menantang di muka bumi maka hanya ada satu ajang yang layak disebut; Rally Dakar. Dakar atau yang dulu disebut Paris-Dakar rally merupakan ajang tahunan yang digelar Aaury Sport Organization sejak 1979. Aslinya, reli ini bermula di kota Paris, Perancis menuju Dakar, ibukota Senegal di Afrika. Jarak tempuh lebih dari 10.000 km dipadukan dengan rute yang ganas siap menguji manusia dan mesin tunggangannya.

Namun dengan alasan keamanan, penyelenggaraan berpindah-pindah. Belakangan Amerika Selatan (2009-2019) dan Arab Saudi (2020) jadi lokasi. Tahun ini, dikatakan Arab Saudi jadi lokasi lagi, dengan kondisi rute dan jarak tempuh yang kurang lebih ‘standar’ Rally Dakar.

Meski tiap tahun ada saja yang cedera bahkan kehilangan nyawa, tapi antusiasme untuk ikut reli ini tidak pernah surut. Mobil, motor, truk, quad bike (motor roda empat) semua bisa ikutan.

Nah, untuk gelaran Rally Dakar 2021, penyelenggaranya bahkan membuka kelas baru: Dakar Classic. Sesuai titelnya, kelas ini hanya diisi oleh mobil dan truk reli (motor belum akan diikutkan) era 80 dan 90an. Mobilnya terserah. Mau yang dibangun atau memang dulunya pernah ikut serta dalam Paris-Dakar Rally. Replika mobil Paris-Dakar dulu juga diizinkan.

Rally Dakar

“Rally (Dakar) memang diarahkan untuk lebih ramah terhadap lingkungan. Tapi yang tidak kalah penting adalah apresiasi terhadap para pionir Dakar. Kelas ini juga memberikan kesempatan untuk melepas hasrat bertualang untuk mereka,” kata Direktur Dakar David Castera, seperti dikutip dari Petrolicious.

Dakar Classic akan mengambil tempat start dan finish yang sama dengan peserta Dakar lain. Namun rutenya tidak dijadikan satu. Versi klasik akan menempuh rute yang paralel dengan jalur Rally Dakar modern. Tentunya ini berkaitan dengan kelancaran event. Bayangkan kalau MINI Dakar modern dengan kemampuan top speed lebih dari 200 km/jam, ketemu Mitsubishi Pajero tua di rute yang sama. Repot.

Bagaimanapun, terobosan ini menarik. Acungan jempol untuk penyelenggara Rally Dakar. Dan kalau Anda penasaran dengan mobil apa saja yang pernah jaya di reli ini, beberapa ada di bawah.

Porsche 953

Porsche 953 & 959

Inilah dua model Porsche yang dibuat khusus untuk Paris-Dakar Rally. Keduanya berbasis mobil jalan raya Porsche 911, dipasangkan penggerak empat roda. 953 dengan mesin boxer 6-silinder, hanya turun sekali tahun 1984. Dan langsung juara umum di bawah kendali Rene Metge dan co-driver Dominique Lemoyne.

Di tahun berikutnya, pabrikan Jerman ini menurunkan 959 sebanyak tiga unit. Mobil ini tidak seberuntung pendahulunya karena semuanya gagal finish. Dua karena kecelakaan, satu disebakan masalah teknis. Tahun berikutnya, mereka menyematkan mesin boxer 6-silinder dengan twin turbo, dan langsung memborong podium pertama (Metge) dan kedua (Jacky Ickx).

Volkswagen Iltis

Volkswagen Iltis

Ini mobil yang penting bagi VW Group. Tanpa Iltis yang turun di rally Paris Dakar, Audi tidak akan pernah punya sistem penggerak Quattro dan tidak ada VW dengan 4Motion-nya. Bentuknya mudah untuk dicibir. Terlihat kecil dan ringkih. Tapi jangan salah, mobil ini menang tahun 1980, dengan kondisi mobil hampir standar, dan bukan jadi mobil yang paling kencang. VW menurunkan empat unit langsung. Ketangguhan chassis, mesin bandel dan penggerak empat roda yang mumpuni memberikan gelar juara satu dan dua. Sisanya finish di posisi empat dan sembilan.

Tujuan ikut serta dalam ajang ini, sebenarnya demi meyakinkan pemerintah Perancis bahwa Iltis lebih pas untuk kebutuhan militer mereka, ketimbang Mercedes-Benz G-Class. Dan memang itulah tujuan VW membuat SUV ini. Untuk kalangan militer, mengalahkan G-Class dalam tender pengadaan di berbagai negara. Tapi, ya seperti diketahui, G-Class jadi legenda, sedang Iltis tenggelam. Gerak empat roda yang sukses diadopsi dan dikembangkan oleh engineer Audi untuk kemudian lahirlah Audi Quattro. Juara World Rally Championship di era 1980.

Range Rover

Range Rover

Inilah mobil pertama yang menang Paris-Dakar yang dihelat Desember 1978 hingga 14 Januari 1979. Lebih hebat lagi, karena Range Rover ini dalam kondisi standar. Modifikasi yang dilakukan hanyalah mengecat bonnet dengan warna hitam (supaya tidak bikin silau kena pantulan matahari gurun) dan penguatan pada steering damper. Dibeli dalam kondisi mobil bekas, pemiliknya orang Perancis bernama Alain Genestier. Ia Bersama dua rekannya Joseph Terbiaut dan Jean Lemordant percaya diri ikut rally ini karena Genestier hafal betul kawasan Afrika.

Tapi yang namanya lomba, mereka pasti mengalami pasang surut. Bagi Range Rover dan Genestier, lebih banyak surutnya. Tersesat saat harus beli sekop dari penduduk setempat, terjebak gundukan pasir, dan sebagainya. Tapi konsistensi pengemudi dan daya tahan Range Rover membuahkan hasil. Mereka jadi yang pertama di kategori mobil yang finish. Jadi, rally paling maut di dunia ini dimenangkan pertama kali oleh mobil bekas dalam kondisi standar. Luar biasa.

Mitsubishi Pajero

Mitsubishi Pajero

Tidak bisa dipungkiri, Mitsubishi Pajero adalah mobil paling sukses di Rally Dakar. Meski sekarang rekor itu terancam oleh merek lain, tapi 12 titel juara Rally Dakar sangat bisa dibanggakan. Tujuh diantaranya bahkan diraih berurutan. Pertama kali turun di Paris-Dakar 1983, mereka langsung meraih juara kelas. Juara keseluruhan (mobil) diraih pertama kali tahun 1985 oleh perally Perancis, Patrick Zaniroli Bersama co-driver Francia Jean Da Silva.

Tahun 2001 perally Jutta Kleinschmidt jadi wanita pertama yang meraih gelar juara umum menggunakan Pajero Evolution. Dari sini, Mitsubishi tidak terbendung. Pajero terus mendominasi podium hingga 2007. Hiroshi Masuoka tercatat jadi perally Dakar asal Jepang paling sukses dengan dua gelar juara. Kemenangan terakhir di ajang ini diraih oleh Stephan Peterhansel, yangjuga memegang gelar juara Dakar untuk motor roda dua. (Indra/Raju)

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • Konsumen Daihatsu Sukses Bawa Pulang Mobil Modifikasi Ayla dan Gran Max
    Konsumen Daihatsu Sukses Bawa Pulang Mobil Modifikasi Ayla dan Gran Max
    Setyo Adi . Hari ini
  • Porsche Gelar Open House di Jakarta, Konsumen Bisa Lihat Penggantian Baterai EV
    Porsche Gelar Open House di Jakarta, Konsumen Bisa Lihat Penggantian Baterai EV
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • Dewa United Motorsports Dominasi Putaran 5 Kejurnas Sprint Rally 2025
    Dewa United Motorsports Dominasi Putaran 5 Kejurnas Sprint Rally 2025
    Muhammad Hafid . 21 Okt, 2025
  • TEST DRIVE: GWM Ora 03, Hatchback EV Nyentrik Untuk Jiwa Ekspresif
    TEST DRIVE: GWM Ora 03, Hatchback EV Nyentrik Untuk Jiwa Ekspresif
    Wahyu Hariantono . 21 Okt, 2025
  • Italdesign Garap 'Reinkarnasi' Honda NSX dengan Interpretasi Modern
    Italdesign Garap 'Reinkarnasi' Honda NSX dengan Interpretasi Modern
    Muhammad Hafid . 20 Okt, 2025

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • BYD Atto 1 Siap Curi Perhatian di Indonesia Autovaganza 2025
    BYD Atto 1 Siap Curi Perhatian di Indonesia Autovaganza 2025
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • The 7th Indonesia Autovaganza 2025, Perayaan Otomotif dan Gaya Hidup Kembali Digelar
    The 7th Indonesia Autovaganza 2025, Perayaan Otomotif dan Gaya Hidup Kembali Digelar
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • Bioetanol di Tengah Keraguan: Siapkah Indonesia Beralih ke Bahan Bakar Nabati?
    Bioetanol di Tengah Keraguan: Siapkah Indonesia Beralih ke Bahan Bakar Nabati?
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • Midget X, Salah Satu Kejutan Daihatsu di Japan Mobility Show 2025
    Midget X, Salah Satu Kejutan Daihatsu di Japan Mobility Show 2025
    OTO . Hari ini
  • Hikdashcam Rilis 4G BOX dan GPS Module, Bikin Dashcam Bisa Diakses dari Mana Saja
    Hikdashcam Rilis 4G BOX dan GPS Module, Bikin Dashcam Bisa Diakses dari Mana Saja
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Mengintip Interior Jaecoo J5 EV, SUV Listrik dengan Kenyamanan Kelas Premium
    Mengintip Interior Jaecoo J5 EV, SUV Listrik dengan Kenyamanan Kelas Premium
    Setyo Adi Nugroho . 21 Okt, 2025
  • Bedah Kelengkapan Mitsubishi Xpander GLS CVT, Tipe Matik Paling Murah
    Bedah Kelengkapan Mitsubishi Xpander GLS CVT, Tipe Matik Paling Murah
    Anjar Leksana . 19 Okt, 2025
  • Perbandingan Eksterior Jaecoo J5 EV vs Chery E5: SUV Listrik dengan Dua Karakter Berbeda
    Perbandingan Eksterior Jaecoo J5 EV vs Chery E5: SUV Listrik dengan Dua Karakter Berbeda
    Setyo Adi Nugroho . 16 Okt, 2025
  • Wuling Cortez Darion Siap Bermain di Segmen Medium MPV Sliding Door!
    Wuling Cortez Darion Siap Bermain di Segmen Medium MPV Sliding Door!
    Ardiantomi . 15 Okt, 2025
  • Fitur Chery Tiggo 9 CSH yang Menunjang Kenyamanan Perjalanan Jauh Bareng Keluarga
    Fitur Chery Tiggo 9 CSH yang Menunjang Kenyamanan Perjalanan Jauh Bareng Keluarga
    Anjar Leksana . 10 Okt, 2025
  • Memasuki Musim Hujan, Waspada Risiko Aquaplaning Saat Berkendara
    Memasuki Musim Hujan, Waspada Risiko Aquaplaning Saat Berkendara
    Setyo Adi Nugroho . 16 Okt, 2025
  • Benarkah Melihat Penyakit Mobil Bisa Dilihat dari Warna Asap Knalpot Saja?
    Benarkah Melihat Penyakit Mobil Bisa Dilihat dari Warna Asap Knalpot Saja?
    Anjar Leksana . 14 Okt, 2025
  • Bingung Servis Mobil Berdasarkan Waktu atau Jarak Tempuh? Ini Penjelasannya
    Bingung Servis Mobil Berdasarkan Waktu atau Jarak Tempuh? Ini Penjelasannya
    Anjar Leksana . 08 Okt, 2025
  • Waspada Berburu Mobil Seken Murah, Ini Cara Cek Unit Bekas Tabrakan
    Waspada Berburu Mobil Seken Murah, Ini Cara Cek Unit Bekas Tabrakan
    Anjar Leksana . 01 Okt, 2025
  • Kenali Gejala Suspensi Mobil Mulai Rusak dan Langkah Jitu Merawatnya
    Kenali Gejala Suspensi Mobil Mulai Rusak dan Langkah Jitu Merawatnya
    Anjar Leksana . 15 Sep, 2025
  • Road Test GWM Ora 03: EV Funky Cocok untuk Anak Muda
    Road Test GWM Ora 03: EV Funky Cocok untuk Anak Muda
    Wahyu Hariantono . Hari ini
  • First Drive GWM Tank 300 Diesel: Nyaman di Aspal, Galak di Medan Berat
    First Drive GWM Tank 300 Diesel: Nyaman di Aspal, Galak di Medan Berat
    Muhammad Hafid . 17 Okt, 2025
  • First Drive Chery Tiggo 9 CSH AWD: SUV Keluarga Berjiwa Kencang!
    First Drive Chery Tiggo 9 CSH AWD: SUV Keluarga Berjiwa Kencang!
    Anjar Leksana . 15 Okt, 2025
  • Test Drive Aletra L8 EV: Tuntaskan 538 Km Jakarta-Magelang Hanya Dua Kali Charge
    Test Drive Aletra L8 EV: Tuntaskan 538 Km Jakarta-Magelang Hanya Dua Kali Charge
    Zenuar Yoga . 13 Okt, 2025
  • Test Drive Xpeng G6 Pro: Rasa dan Teknologi Canggih Bikin Kompetitor Minder!
    Test Drive Xpeng G6 Pro: Rasa dan Teknologi Canggih Bikin Kompetitor Minder!
    Ardiantomi . 03 Okt, 2025