Februari 2022: Analisis dan Penjualan Mobil di Indonesia
Kalau menukil data penjualan mobil secara nasional dari Gaikindo. Hasil torehan Februari turun 3,4 persen dari segi wholesales (pabrikan ke diler). Padahal kebijakan relaksasi pajak (PPnBM) masih berlaku untuk mobil 1.500 cc dan kendaraan LCGC. Berdasar laporan asosiasi, pengiriman bulanan hanya 81.228 unit, sedikit terkoreksi dari Januari 2022. Sedangkan untuk hasil Maret ini. Diharapkan terjadi kenaikan, pasalnya mereka menyelenggarakan Jakarta Auto Week demi menyokong perniagaan para APM otomotif.
Sedangkan dari penjualan ritel (diler ke konsumen) malah amblas dua digit, yakni 10,9 persen. Dari 78.567 unit pada Januari 2022 hanya menjadi 69.989 unit pada Februari 2022. Memang terjadi penurunan penjualan. Sebab potongan diskon PPnBM tidak sebesar 2021. Jumlah modelnya pun tak sebanyak tahun lalu. Tapi Gaikindo optimis hingga akhir tahun sanggup menuntaskan target yang dipancang bersama.
Untuk hasil tiap APM, torahan pemasaran amat beragam. Toyota Astra Motor senantiasa menempati posisi wholesales puncak dengan pengumpulan 24.865 unit dalam sebulan kemarin. Naik 8,6 persen (MoM). Disusul Daihatsu Astra Motor 15.046 unit turun 17,89 persen. Sementara Honda Prospect Motor hanya mendapat 11.407 unit atau naik 4,8 persen. Suzuki Indomobil Sales turun 3,8 persen menjadi 6.750 unit saja. HPM sempat mengalami kelangkaan pasokan chip semikonduktor. Tapi mereka perlahan memperbaiki itu.
Lalu kalau dilihat dari posisi lima besar penjualan wholesales Januari hingga Februari 2022. Toyota mendominasi pasar dengan hasil 47.751 unit. Kemudian saudaranya, Daihatsu mengumpulkan 33.355 unit. Honda 22.291 unit, Mitsubishi Motors 22.153 unit dan di bawahnya ada Suzuki 13.767 unit. Kalau berdasar segmen mobil penumpang. Wuling Motors berhasil mengumpulkan 4.509 unit. Walau mereka pemain baru di Tanah Air, tapi lumayan.
Mengenai penguasaan pasar otomotif di Indonesia, tak berubah dari lima besar penjualan tadi. Toyota Astra Motor menggenggam market share wholesales Year to Date (YtD) 28,89 persen. Astra Daihatsu Motor 20,18 persen. Lanjut berada di posisi ketiga Honda Prospect Motor 13,49 persen. Kemudian diikuti Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia 13,40 persen serta Suzuki Indomobil Sales 8,33 persen.
Jika dibedah lagi mobil mana saja yang paling laris di Tanah Air selama Februari 2022. Pengiriman dari pabrik ke diler paling banyak Honda Brio (RS dan Satya) 5.576 unit. Kemudian Suzuki Carry terkumpul 4.660 unit, Toyota Kijang Innova 4.489 unit, Mitsubishi Xpander series 4.187 unit dan Rush 3.811 unit. Adanya pameran seperti JAW dan IIMS tahun ini semoga turut mendukung performa otomotif nasional. (Alx/Odi)
Baca Juga: Transaksi Pameran Otomotif Jakarta Auto Week 2022 Diklaim Tembus Rp2,3 Triliun!
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Mobil Unggulan
- Terbaru
- Yang Akan Datang
- Populer
Artikel Mobil dari Carvaganza
Artikel Mobil dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Advisory Stories
- Road Test