Ferrari Memperkenalkan Amalfi, Penerus Roma dengan Karakter Lebih Tegas

Ferrari Amalfi 2025 desain muka

Ferrari resmi meluncurkan model terbaru mereka: Amalfi. Terinspirasi dari keanggunan pesisir Italia Selatan, coupe mesin depan ini melanjutkan filosofi “Dolce Vita” yang sebelumnya diusung Roma, namun dengan pendekatan yang lebih matang dan tajam.

Amalfi dirancang untuk menarik klien baru Ferrari yang ingin menikmati kemewahan berkendara dengan sentuhan performa yang tetap khas Maranello. Ia menawarkan gaya santai yang tidak kompromi terhadap dinamika berkendara—representasi sempurna dari sporty elegan.

Desain Lebih Bersih, Lebih Berkarakter

desain samping Ferrari Amalfi

Meski tetap memakai platform Roma, desain Amalfi telah direvisi oleh Flavio Manzoni dan timnya. Grille depan yang sebelumnya kontroversial kini digantikan dengan kisi-kisi horizontal klasik berkelir hitam, menciptakan tampilan yang lebih solid dan harmonis.

Lampu depan tampil lebih sederhana dan menyatu secara visual melalui panel gelap yang menghubungkan kedua sisi. Di bawahnya, intake udara memberikan sentuhan fungsional sekaligus agresif. Ubahannya kian terasa di bagian belakang, di mana spoiler aktif kini terlihat lebih jelas dan bekerja dalam tiga level menyesuaikan kecepatan. Diffuser karbon berotot melengkapi tampilan belakang yang lebih dramatis.

Performa Masih Buas, Tapi Kini Lebih Luwes

mesin V8 turbo Ferrari Amalfi

Ferrari mempertahankan mesin V8 3.9 liter twin-turbo sebagai jantung pacu Amalfi. Tenaga meningkat menjadi 640 CV (630 hp) dan torsi 760 Nm, dipasangkan transmisi dual-clutch 8-percepatan. Hasilnya, akselerasi 0–100 km/jam bisa diraih dalam 3,3 detik—lebih cepat dari Roma coupe.

Untuk meningkatkan respons, Amalfi mengusung crankshaft tipe flat dan ECU baru hasil kerja sama dengan Bosch. Perubahan ini memberi putaran lebih agresif pada gigi 3 dan 4, namun tetap halus dan efisien pada cruising gigi tinggi. Suara knalpot pun direvisi untuk memberikan pengalaman akustik lebih visceral.

Didukung sistem kontrol BBW terbaru, ABS Evo, dan SSC 6.1, Amalfi siap memberikan kendali penuh sekaligus kenikmatan berkendara khas Ferrari.

Fungsionalitas Lebih Intuitif dan Estetik

kabin Ferrari Amalfi

Menjawab masukan pengguna Roma, Ferrari memutuskan untuk menghadirkan kembali tombol-tombol fisik, terutama pada lingkar kemudi. Pengalaman mengemudi disebut jadi lebih intuitif, tanpa perlu distraksi dari kontrol haptic yang dinilai kurang praktis.

Tata letak dasbor juga berubah. Layar infotainment kini disusun horizontal (landscape) dan ditempatkan lebih rendah agar tidak mengganggu visibilitas. Konsol tengah turut disederhanakan agar ergonominya meningkat.
Ferrari mempercantik interior dengan material anodized aluminium berproses ramah lingkungan—bukan hanya untuk keindahan, tapi juga sebagai bentuk tanggung jawab merek terhadap masa depan berkelanjutan.

Harga dan Ketersediaan

desain belakang Ferrari Amalfi

Ferrari Amalfi akan mulai didistribusikan pada kuartal pertama 2026 khusus untuk pasar setir kiri di Eropa. Di Italia, harga dasarnya dibuka pada €240.000 (setara Rp4,59 miliar). Untuk pasar Indonesia, distribusi kemungkinan akan dimulai akhir 2026 atau awal 2027, tergantung strategi ATPM lokal. (Why)

Baca Juga: Melihat Lebih Dekat Ferrari F80 di Universo Ferrari Bangkok

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Ferrari Unggulan

Artikel Mobil Ferrari dari Carvaganza

  • Amalfi Tanpa Versi Spider Seperti Roma, Ferrari: Kami Tidak Bisa Ditebak
    Amalfi Tanpa Versi Spider Seperti Roma, Ferrari: Kami Tidak Bisa Ditebak
    Wahyu Hariantono . Hari ini
  • 5 Hal Penting Ferrari Amalfi, Dari Penamaan Baru Sampai Penebusan 'Dosa'
    5 Hal Penting Ferrari Amalfi, Dari Penamaan Baru Sampai Penebusan 'Dosa'
    Wahyu Hariantono . 02 Jul, 2025
  • EKSKLUSIF DARI ITALIA: Ferrari Amalfi Debut, Redefinisi Desain dan Performa Sportscar Entry
    EKSKLUSIF DARI ITALIA: Ferrari Amalfi Debut, Redefinisi Desain dan Performa Sportscar Entry
    Wahyu Hariantono . 02 Jul, 2025
  • Tiga Model Terbuas Ferrari Menang Penghargaan Desain Terbaik
    Tiga Model Terbuas Ferrari Menang Penghargaan Desain Terbaik
    Wahyu Hariantono . 12 Jun, 2025
  • Kombinasi Modern dan Klasik Ferrari 12Cilindri Menangkan Car Design Award
    Kombinasi Modern dan Klasik Ferrari 12Cilindri Menangkan Car Design Award
    Wahyu Hariantono . 06 Mei, 2025

Artikel Mobil Ferrari dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Ferrari Amalfi Debut, Warisan Dolce Vita dengan Sentuhan Performa Modern
    Ferrari Amalfi Debut, Warisan Dolce Vita dengan Sentuhan Performa Modern
    Wahyu Hariantono . 02 Jul, 2025
  • Ferrari 12Cilindri Mendarat di Indonesia
    Ferrari 12Cilindri Mendarat di Indonesia
    Wahyu Hariantono . 21 Mar, 2025
  • Carvaganza Editors' Choice 2024, Best Sports Car Award: Ferrari Roma Spider
    Carvaganza Editors' Choice 2024, Best Sports Car Award: Ferrari Roma Spider
    Anindiyo Pradhono . 30 Okt, 2024
  • Diproduksi Hanya 799 Unit, Ferrari F80 Ludes Terjual
    Diproduksi Hanya 799 Unit, Ferrari F80 Ludes Terjual
    Alvando Noya . 24 Okt, 2024
  • Ferrari F80 Mendebut, Supercar Hybrid Sang Penerus LaFerrari
    Ferrari F80 Mendebut, Supercar Hybrid Sang Penerus LaFerrari
    OTO . 17 Okt, 2024
  • La Nuova Dolce Vita, Berkencan ala Sultan Bersama Ferrari Roma
    La Nuova Dolce Vita, Berkencan ala Sultan Bersama Ferrari Roma
    Eka Zulkarnain . 04 Des, 2024
  • Fakta Menarik dari Supercar Terbaru Ferrari F80 yang Sarat Kecanggihan
    Fakta Menarik dari Supercar Terbaru Ferrari F80 yang Sarat Kecanggihan
    Alvando Noya . 22 Okt, 2024
  • 10 Mobil Klasik Ferrari Termahal di Dunia, Tembus Sampai Rp 1 Triliun
    10 Mobil Klasik Ferrari Termahal di Dunia, Tembus Sampai Rp 1 Triliun
    Rizki Satria . 04 Mei, 2021
  • First Drive Ferrari Roma Spider: Melayani dengan Kesempurnaan dan Kenyamanan
    First Drive Ferrari Roma Spider: Melayani dengan Kesempurnaan dan Kenyamanan
    Anindiyo Pradhono . 23 Sep, 2024
  • Test Drive Ferrari 296 GTS: Menikmati Raungan V6 Hybrid dengan Atap Terbuka di Tuscany
    Test Drive Ferrari 296 GTS: Menikmati Raungan V6 Hybrid dengan Atap Terbuka di Tuscany
    OTO . 26 Okt, 2022
  • First Drive Ferrari 296 GTB: Mesin V6 Hidup Kembali dengan Pendekatan Teknologi Hybrid
    First Drive Ferrari 296 GTB: Mesin V6 Hidup Kembali dengan Pendekatan Teknologi Hybrid
    Setyo Adi Nugroho . 05 Agu, 2022