Ferrari Sedang Siapkan 812 GTO, Bakal Jadi V12 Terakhir?

Ferrari 812 GTO

Perkembangan teknologi mesin terus mengarah ke ramah lingkungan. Mulai dari engine downsizing, pemakaian turbocharger, lalu bakal berujung ke elektrifikasi. Ferrari tak menutup kemungkinan mengarah ke sana juga. Coba lihat line-up sekarang yang makin diisi mesin dengan induksi paksa. Bukan mustahil akan merasuki ke semua model. Yang berarti harus merelakan kejayaan V12 naturally aspirated.

Kabarnya, ajal itu semakin dekat. Ferrari sedang mempersiapkan model perpisahan yang akan meluncur tahun ini. Berdasar rangkaian spy shot beredar sejak tahun lalu, tampak versi hardcore dari 812 Superfast sedang digarap. Nama yang kemungkinan akan dipakai Ferrari untuk varian baru ini adalah 812 GTO. Memang belum ada pengumuman resmi dari pabrikan Maranello. Berita itu kami lansir dari Autocar dan Carscoop. Seperti tradisi namanya, Gran Turismo Omologato, 812 akan mendapatkan peningkatan performa tentunya. Istimewanya, 812 GTO disiapkan sebagai penutup produksi model V12 bermesin depan Ferrari. Akhir dari sebuah era.

Sejak mulai produksi pada 1947 lalu, Ferrari selalu memiliki model GT bermesin V12 di depan, dimulai oleh 166 Inter pada tahun 1948. Sejak itu, setiap generasi dan era Ferrari selalu ada model GT V12/ tiga generasi model ini bisa kita kenali melalui 812 Superfast, F12 Berlinetta dan 599 GTB. Dan jika melihat sejarah pada 599 dan F12, selalu ditutup oleh versi berperforma hardcore, yaitu 599 GTO dan F12 Tdf.

Baca Juga: Ferrari F355 Spider Bekas Shaquille O’Neal Dilelang, Sempat Menjadi Barang Sitaan

Ferrari 812 GTO

Ferrari memastikan model ini sesuai dengan keinginan pasar. Kabarnya, sejumlah konsumen telah diundang oleh Ferrari untuk pemesanan unit 812 GTO yang akan diproduksi terbatas. Meski masih spekulasi, disebutkan hanya ada 812 unit untuk 812 GTO nantinya yang diproduksi. Hal yang sama dilakukan oleh Ferrari saat memproduksi 599 GTO.

Tak ada komentar dari Ferrari soal rumor paling hangat. Bahwa 812 GTO akan menjadi model produksi bermesin V12 di depan yang diproduksi. Juru bicara Ferrari menolak berkomentar ketika ditanya media. Tapi cukup masuk akal mengingat tren dan arah dianut mayoritas pabrikan di industri sekarang, yang menerapkan downsizing dan elektrifikasi. Bahkan Ferrari sekarang sudah memproduksi dua model elektrifikasi, LaFerrari dan SF90 Stradale.

Namun jika ingin memberikan berita bahagia bagi penggemar Ferrari, Michael Leiters sebagai Chief Technology Officer di Ferrari sempat menyampaikan bahwa Kuda Jingkrak akan berusaha dan membuat model V12 selama mungkin. Kemungkinan hadir untuk calon SUV pertama Ferrari, yaitu Purosangue pada versi tertinggi.

Baca Juga: RM Sotheby’s Melelang Koenigsegg Regera, Harganya Fantastis!

Ferrari 812 GTO

Rumor selanjutnya, 812 GTO akan tersedia juga dalam varian alternatif atap terbuka. Atau akrab dikenal Aperta. Tentunya varian ini akan ditawarkan lebih eksklusif dan terbatas. Namun akan beda dengan varain 812 GTS yang diluncurkan tahun 2019 lalu. Bisa jadi, mekanisme pelipatan atap diterapkan akan berbeda dengan versi GTS bergaya Targa.

Yang jelas, komposisi dibawa untuk 812 GTO akan meliputi aerodinamika lebih optimal, mesin lebih bertenaga, dan kemampuan bermanuver yang lebih baik lagi. Peningkatan sisi teknis kemungkina akan terfokus untuk kedinamisan bekendara, terutama saat dibawa ke sirkuit. Dari spy shot yang beredar, tampak Ferrari fokus pada area pendinginan di depan dan aliran udara di buritan.

Mesin V12 6,5 liter naturally aspirated bawaan 812 masih tetap digunakan. Diduga akan membengkak tenaganya melebihi 790 hp pada versi standar. Lalu interior akan dirombak lebih sporty mendekat mobil balap, demi memangkas bobot. Saat dipasarkan nanti, prediksi saat ini 812 GTO akan dibanderol sekitar £ 500.000 (Rp 9,657 miliaran), yang mana hampir dua kali lipat harga 812 Superfast. (Why/Odi)

Sumber: Autocar, Carscoop

Baca Juga: Ferrari Bakal Kenalkan SUV Listrik Setelah Purosange Mengaspal

Baca Semua

Artikel Unggulan

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang