GAC Aion berhasil meraih predikat "Good" untuk model Hyptec HT dalam uji tabrak yang diselenggarakan oleh China Insurance Automotive Safety Index (C-IASI). Pengujian ini dilakukan di fasilitas research and development (R&D) GAC di Guangzhou, membuktikan kemampuan mobil dalam melindungi penumpangnya dalam kecelakaan ekstrem.
Pengujian dilakukan dengan skenario tabrakan 25% bagian depan kanan mobil ke dinding keras pada kecepatan 64 km/jam, mensimulasikan situasi kecelakaan dengan risiko tinggi.
Hasilnya menunjukkan bahwa pilar A, B, dan C tetap utuh tanpa deformasi, sementara pintu yang terkena impak tetap dapat dibuka secara normal. Sub-frame kendaraan juga tidak mengalami gangguan, dan sistem baterai tetap dalam kondisi baik, membuktikan bahwa desain rangka Hyptec HT mampu menyerap serta mendistribusikan energi tabrakan dengan efisien.
Menurut Gu Zongqiang, Insinyur Analisa Struktur GAC, gaya benturan disalurkan ke zona penyerapan benturan secara longitudinal, sementara struktur lateral kabin mengarahkan tekanan ke berbagai titik, menghindari kerusakan langsung pada kabin.
“Gaya akibat benturan dapat disalurkan secara longitudinal ke zona penyerapan benturan, sementara struktur lateral kabin mengarahkan tekanan ke berbagai titik untuk menghindari kerusakan langsung pada kabin,” ucapnya dalam keterangan pers.
Boneka uji yang ditempatkan di seluruh tempat duduk mengalami cedera minimal, menjadikan skor keselamatan penumpang dalam uji coba mendapat peringkat "Good".
Perlindungan maksimal diberikan melalui sabuk pengaman 3 titik dengan pre-tensioner, serta kantung udara 6 sisi yang mengembang dengan lembut dan terukur, memastikan penumpang tetap aman saat benturan terjadi.
Hyptec HT dilengkapi fitur keselamatan aktif inovatif, termasuk sistem kemudi yang dirancang agar turun ke bawah saat terjadi benturan, guna mengurangi risiko cedera dada.
Selain itu, roda depan dapat terlepas otomatis dari bodi, menghindari cedera kaki penumpang depan saat kecelakaan terjadi.
Hyptec HT menjadi SUV listrik murni pertama yang berhasil meraih sertifikasi keselamatan 3G+ dari China Insurance Research Institute (CIRI).
Kesuksesan ini tidak terlepas dari investasi jangka panjang GAC, yang membangun laboratorium uji tabrak khusus, berfokus pada tiga aspek utama:
Setiap bulan, GAC mengorbankan ratusan unit kendaraan untuk pengujian, meskipun biaya pengujian jauh lebih tinggi dibandingkan pembangunan fasilitas uji. Namun, langkah ini adalah bagian dari komitmen GAC terhadap keselamatan produknya. (Hfd)
Baca Juga:
Tes Efisiensi Baterai AION V dari Jakarta ke Yogyakarta
Aion Y Plus Kini Didukung Android Auto untuk Konektivitas Lebih Mudah
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2025. Semua Hak Cipta Dilindungi.