Generasi Terbaru Ford Ranger Diperkenalkan, Siap Invasi Pasar Global

Next-generation Ranger

Sepuluh tahun setelah peredaran Ford Ranger T6, generasi barunya keluar juga. Kali ini bukan sekadar mengembangkan model yang sudah ada, melainkan merancang lagi dari awal. Menyandang kode P703, Ranger terbaru tetap dikembangkan oleh Ford Australia. Lansekap benua Kanguru yang "keras" merupakan tolok ukur dalam menggembleng offroader agar siap tempur. Namun sekarang mendapat banyak masukan dari konsumen di pasar Asia, Amerika, Afrika dan Eropa. Sebab disiapkan sebagai model skala global.

Begitulah keseriusan Ford dalam membangun truk terkecil mereka. Masukan dari konsumen dan pengguna setia Ranger jadi bagian penting. Nantinya bakal tersebar di 180 negara. Tentu harus sesuai dengan kondisi dan keinginan pasar masing-masing. Untuk awalan, perakitan Ford Ranger 2022 terpusat di Thailand dan South Africa. Dua negara dengan penjualan pick-up sangat tinggi.

Ford belum membuka lebih detail soal konstruksi dipakai. Hanya dipastikan sebuah upgrade sasis dengan struktur rangka bagian depan dibuat lebih besar agar mesin V6 baru serta teknologi hybrid bisa masuk. Jika benar demikian, masih memakai platform T6 yang mendapat banyak rombakan. Asal tahu juga, sasis sama dipakai oleh Ford Bronco generasi enam.

Next-generation Ranger Wildtrak

Pengembangan sasis berdampak kepada wheelbase. Tambah melar 50 mm untuk menciptakan ruang kaki kabin belakang lebih luas. Sehingga 3 orang dewasa bisa leluasa duduk dengan nyaman. Ini dilakukan dengan memajukan posisi roda depan. Maksudnya juga untuk memperlebar approach angle supaya makin mudah melewati rintangan. Dampaknya turut terasa ke belakang. Bak semakin lapang menambah akomodasi kebutuhan mengangkut benda ukuran besar.

Menarik saat membahas soal perubahan desain. Terlihat Ranger tak lagi seorang adik kecil yang santun. Beralih rupa mengikuti paras tangguh Ford F-150 dan Maverick. Profil kotak dan tebal mendominasi menghilangkan garis-garis halus dan membulat. Melihat Ranger T6 sekarang malah jadi 'kemayu'. Fasad anyar paling berperan. Bentuk serbakotak dipertegas satu paling horizontal melintang dari grille hingga lampu. Sehingga memungkinkan memakai rancangan headlamp C-shape yang mengandung teknologi Matrix LED untuk pertama kali di Ranger.

Buntutnya juga begitu. Pintu bak dibuat legok berkat lekukan garis tegas. Disematkan tulisan embos Ranger besar dan lampu LED terintegrasi. Sebuah kamera terlihat menempel di logo Ford dan kepraktisan bertambah kala perlu mengambil barang dari bak. Pijakan kaki dibuat rendah sehingga tak perlu menaiki ban yang pastinya lebih menyulitkan. Ukuran roda juga diperbesar. Rentangnya mulai 17-inci sampai 20-inci di Wildtrak.

Next-generation Ranger Wildtrak

Interior All New Ranger kian mutakhir. Teknologi tinggi diperlihatkan sistem infotainment berukuran 12-inci di tengah yang telah dilengkapi Ford SYNC 4. Monitor menyajikan ragam informasi, termasuk data off-road dan statistik berkendara. Tergantung varian, juga tersedia instrumen digital, kamera 360 derajat dan wireless charger. Bahkan tertanam modem untuk update software over-the-air sekaligus fungsi hotspot. Pemilik bisa tersambung dengan mobil melalui aplikasi FordPass.

Ford belum membuka informasi detail soal mesin. Yang pasti, ada 3 pilihan diesel dan 1 bensin. Unit anyar V6 3,0-liter turbodiesel salah satu yang ditunggu. Merupakan enjin serupa seperti dipakai F-150, tapi disesuaikan khusus untuk Ranger. Itulah mengapa ada desain khusus di sasis agar bisa menelan mesin ini. Sepertinya akan menjadi opsi paling bertenaga.

Enjin diesel lain adalah 4-silinder 2,0-liter. Terbagi lagi dalam pilihan satu atau dua turbo. Turbo tunggal saja punya dua konfigurasi sendiri. Sementara twin-turbo menjanjikan sofistikasi tepat antara performa dan efisiensi bahan bakar. Bagi yang alergi mencium bau solar, ada unit bensin Ecoboost 4-silinder 2,3-liter. Sudah tak asing lagi karena lebih dulu dipakai oleh Mustang dan Bronco.

Ford Ranger interior

Transmisi otomatis 10-percepatan tetap ada. Tapi mengalami pembaruan agar lebih kuat dan ringan. Disebut torque converter diganti dengan yang lebih responsif. Untuk meminimalisir kekosongan saat berakselerasi yang kerap muncul di Ranger T6. Agar antaran tenaga kian lancar, rasio gigi dibuat rapat. Efek positif berujung juga ke kemampuan towing. Sementara pilihan girboks lain tetap tersedia manual dan matik 6-percepatan.

Kemampuan off-road Ford Ranger tak pernah main-main. Sudah semestinya generasi terbaru mengalami peningkatan juga. Lagi-lagi konsumen akan diberikan pilihan. Sebab ada dua sistem 4WD yang ditawarkan. Pertama sistem part-time dengan electronic shift-on-the-fly. Kemudian sistem full-time dengan tombol transfer case 4H dan 4L.

Bahkan Ford menyebut ada lebih dari 600 aksesori resmi untuk Ranger 2022. Beberapa diantaranya dikembangkan dari hasil kolaborasi bersama para ikon 4x4 seperti ARB. Namun untuk sekarang belum ada harga karena memang belum resmi dipasarkan. Spesifikasi disebutkan juga sebatas area market yang berbasis produksi di Thailand dan Afrika Selatan. Proses perakitan pun baru dimulai awal tahun depan. (Odi)

 

Baca Juga: Great Wall Tank 600 Berani Menantang Keperkasaan Toyota Land Cruiser

Baca Semua

Artikel Unggulan