Great Wall Tank 600 Berani Menantang Keperkasaan Toyota Land Cruiser

Great Wall Tank 600

Pabrikan otomotif Tiongkok makin gencar hadapi Jepang. Ialah Great Wall Motors yang belum lama ini pamerkan sketsa SUV gagah. Adalah Tank 600 yang bakal mengisi ruang persis di atas model Tank 300 dan di bawah SUV besar Tank 700 dan Tank 800. Bukan itu saja, foto versi produksi juga bocor, mempertontonkan bagaimana lenggokan asli Tank 600.

Tampak sudah jadi stereotip produsen Tiongkok untuk mengambil inspirasi gaya dari pabrikan ternama lain. Meski mulai bermunculan desain yang lebih orisinal, tradisi lama seakan masih dianut oleh produk buatan GWM ini. Berbagai resep tarikan garis dari pabrikan lain nyaris diguratkan mentah-mentah ke atas kanvas SUV. Hampir seperti produk tiruan. Dinilai, setidaknya ada tiga campuran ramuan gaya serupa Toyota, Ford, dan Infiniti.

Great Wall Tank 600

Dari sketsa tampak samping cukup mudah untuk mengenali dari mana inspirasi utamanya. Coba bandingkan sendiri dengan profil jendela Toyota Land Cruiser 300, mirip bukan? Namun bukan itu saja. Melihat bocoran foto, terdapat aransemen wajah hibrida antara nuansa lampu Ford F Series generasi ke-13 dan grille Infiniti yang jontor. Namun terlepas dari kemiripan tadi, Tank 600 tidak sampai menjiplak utuh. Guratan otot dan ruang sepatbor tidak mengotak berikut diramaikan fasad bokong unik.

Juga diketahui bahwa sasaran Tank 600 bukan segmen Land Cruiser 300 melainkan adiknya, Land Cruiser Prado. Dokumen menunjukkan ia akan memiliki Panjang 5.070 mm, lebar 1.934 mm, dan tinggi 1.905 mm. Sebagai perbandingan, Prado diukur 4.995 mm x 1.885 mm x 1.890 mm (PxLxT). Sedikit saja lebih besar dari si baby LC.

Baca Juga: Baru Mau Dijual, Beberapa Toyota Land Cruiser 300 Hancur Total

Great Wall Tank 600

Hasil pengukuran ini mengindikasikan bahwa Tank 600 duduk di atas Haval H9 yang juga buatan GWM. Hanya saja, ia dipercaya akan dibuat lebih premium, lapang, dan mewah sebagaimana ditampilkan oleh bezel kromium tebal di grille dan lampu full LED.

GWM dikabarkan menyiapkan tiga seleksi jantung untuk Tank 600. Adalah opsi 2.000 cc, 2.400 cc, dan 3.000 cc, dan kemungkinan disudahi pemacu hybrid di masa mendatang. Konon versi paling kuatnya, 3.000 cc turbo, sanggup gelontorkan tenaga sampai 353 PS dan momen puntir melimpah 500 Nm. Semua itu disalurkan menuju keempat roda via girboks otomatis 9 percepatan. Terdengar menjanjikan.

Belum diketahui pasti kapan SUV asal Tiongkok ini lakoni debut. Namun, ia diekspektasikan mulai mengaspal akhir 2021 ini dengan target produksi tahunan sampai 60 ribu unit. (Krm/Odi)

Sumber: Carscoops

Baca Juga: Pembeli Toyota Land Cruiser 300 Harus Teken Perjanjian Khusus, Ada Apa?

Baca Semua

Artikel Unggulan

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang