Genesis GV60 Diperkenalkan, Saudara Satu Platform Ioniq 5 dan Kia EV6

Genesis GV60

Eksistensi platform EV modular E-GMP (Electric Global Modular Platform) dorong pergeseran elektrifikasi Hyundai Motor Group. Sebelumnya dimanfaatkan untuk menelurkan kontestan sub-brand EV pertama Ioniq 5 dan disusul kehadiran Kia EV6. Masih jauh dari kata selesai, kini ia dimanfaatkan untuk menghadirkan anggota di Genesis sebagai perwakilan di ranah premium.

Ialah Genesis GV60 yang baru-baru ini wujudnya disingkap ke publik. Merupakan EV pertama mereka dengan basis platform khusus EV – tak lain dan tak bukan adalah E-GMP. Yep, keberadaan platform modular jelas bantu pabrikan besar untuk mempercepat realisasi produk baru. GV60 sendiri merupakan model EV ketiga dari grup Hyundai di tahun ini. Namun meski memiliki rancang bangunn serupa, tidak membuatnya malah terlihat sebelas-duabelas dengan model lain seperti EV6 atau Ioniq 5.

Genesis GV60

 

Memang tidak sampai mengubah format dasar, masih merupakan SUV-coupe berpostur rendah. Agak membingungkan sebenarnya mendefinisikan para model berbasis E-GMP ini. Satu titik terlihat seperti hatchback biasa hanya saja mereka membawa detail – dan disebut sebagai – crossover. Terlepas dari itu, eksekusinya jelas tampak berbeda. Soal rasa sesuai selera tapi mungkin GV60 boleh dibilang paling ganteng dan mudah diterima mata. Arahan gaya cenderung memainkan lekuk permukaan halus ketimbang eksploitasi sudut-sudut tajam.

Yang jelas GV60 mempertontonkan evolusi teranyar bahasa desain Genesis. Mengadopsi Quad headlamp bermotif garis, dibuat rata permukaan bodi. Terlihat tertata rapi dan manis. Juga selain itu terpasang emblem sayap anyar, lebih tipis tanpa melengserkan identitas patron Guilloche-nya. Tidak seperti mayoritas EV minim rongga hidung bak Voldemort, GV60 justru masih mengadopsi Crest Grille nan besar di area apron. Disebut ini mendukung performa dinamis berikut menambah pendinginan baterai di kolong.

 

Baca Juga: Inilah Hyundai Custo, Medium MPV yang Cocok Jadi Lawan Toyota Kijang Innova

Genesis GV60

Tak kalah menarik di sisi samping, memainkan guratan dan nuansa crossover plus kuda-kuda renggang. Namun bukan itu jadi sorotan utama. Crossover listrik Genesis terlihat cukup inkonvensional dengan handle pintu rata bodi dan tangkai spion tanpa cermin melainkan kamera. Belum lagi detail aksen tajam dari kaca belakang menembus pilar C berikut spoiler terintegrasi pintu bagasi. Selain itu, dipasang kap mesin bergaya clamshell sehingga lipatan bahu depan terdefinisi dengan halus.

Dalam kabin GV60 menawarkan gaya ruang bersih nan lapang dengan arsitektur mengambang. Monitor mendominasi dasbor lewat dua layar lebar terintegrasi di hadapan pengemudi dan di ujung pilar A sebagai spion. Sementara itu, area konsol tengah dimanfaatkan untuk ruang dan alat kendali mobil seperti Ioniq 5 dan EV6.

Genesis GV60

Bedanya, terdapat selektor gigi tak lazim berbentuk bola kristal. Bagian ini bakal jadi indikasi kesiapan mobil untuk dikendarai. Dapat menjadi ambient lighting saat kondisi mati dan kemudian berputar untuk menunjukkan pemindah transmisi saat siap dipakai.

Hingga saat ini Genesis baru menampilkan realisasi desain dari kontestan EV pertama mereka. Spesifikasinya sendiri baru akan diumumkan belakangan. Namun dapat diekspektasikan membawa potensi seperti Ioniq. Misal arsitektur kelistrikan 800 V untuk pengisian baterai supercepat lewat charger 350 kW. Hanya butuh 18 menit dari 10% ke 80% atau lima menit dalam mendapatkan tambahan daya tempuh 100 km.

Urusan sumber tenaga pun diekspektasikan setara Ioniq 5. Boleh jadi ditawarkan paket serupa mulai dari seleksi bateri 58 kWh dan 77,8 kWh dan ekstraksi tenaga serendah 170 PS, 217 PS dan dual motor AWD sekuat 305 PS. Detail spesifikasi sendiri disebut bakal diumumkan bulan berikutnya dan nantinya ia bakal mengaspal di Amerika Utara mulai 2022. (Krm/Odi)

 

Baca Juga: Hyundai Umumkan Spek Ioniq 5, Standar Tinggi Mulai dari Trim Bawah

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Hyundai Unggulan

  • Yang Akan Datang