GIIAS 2021: Quest Motors Perkenalkan Diri, Skuter Listrik Buatan Bandung

Quest Motors

Ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 juga sebagai wadah pengenalan merek dan teknologi. Dengan harapan semakin dikenal masyarakat luas dan bisa diterima pasar. Seperti dilakukan Quest Motors yang menjajakan skuter listrik. Asli buatan anak bangsa diproduksi di Bandung, Jawa Barat. 

Perusahaan startup itu memboyong portfolio skuter listrik perdananya. Dinamai Quest Atom Alpha. Wujudnya tampak ikonik dengan bentuk tubuh yang mungil. Desainnya mengarah pada paten motor kustom yang tampil sederhana tapi menarik buat dipandang. Dimensinya terbilang mungil, panjang cuma 1.300 mm, lebar 609 mm, dan tinggi 1.030 mm. Sementara untuk ground clearance-nya bermain di 104 mm.

Lingkar rodanya menggunakan velg berukuran 10 inci dengan lebar ban 890 mm. Nah, dengan konstruksi itu, memang lebih cocok digunakan untuk satu rider tanpa pembonceng. Sistem kaki-kaki atau peredam kejutnya menggunakan model rigid baik di depan maupun belakang. Alhasil tampilannya lebih kental aura motor kustom.

Quest Motors Alpha

CEO sekaligus pendiri Quest Motors, Niko Questera mengatakan, sejatinya skuter listrik ini sudah diperkenalkan pada Juli lalu dan coba melebarkan sayap dengan ikut pameran otomotif akbar GIIAS 2021.

"Ini perdana kami ikut pameran otomotif. Dan ini adalah brand lokal buatan kami sendiri, produksinya dan kantor kita di Bandung. Kami punya tim R&D meliputi desain, teknologi, software dan hardware engineer untuk pembuatan skuter tersebut," kata Niko di, ICE, BSD, Tangerang Selatan (13/11).

Pria yang sempat bekerja di perusahaan mobil listrik ternama Tesla itu melanjutkan, pada produk pertama yang mereka rilis hadir dalam 3 varian berbeda. Diferensiasinya ada pada kapasitas baterai yang diusung sehingga menghasilkan jarak tempuh yang berbeda-beda.

Quest Motors

"Dari tampilan dan spesifikasi motor listrik yang kita pakai itu sama, rata 1kw (1.000 watt). Kita bedakan di daya baterainya pertama 240WH bisa jalan 8 km, 480WH 16 km, dan 720WH bisa dipakai sampai 24 km," katanya.

Dengan racikan komponen kelistrikan tersebut, Quest Atom Alpha diklaim bisa digeber sampai 50 kilometer per jam dengan berat rata-rata ridernya 70 kilogram. Sementara untuk total bobot dari skuter ini hanya bekisar 34 kilogram sampai 38 kilogram saja.

"Sementara untuk pengecasan skuter ini sudah support fast charging, dalam keadaan baterai kosong menuju 100 persen bisa 2,5 jam saja. Dan semua baterai di varian Alpha Tom pakai Lithium-Ion," jelasnya.

Hampir semua produksi komponen dilakukan di Bandung, mulai dari sasis, setang, dan bangku. Adapun untuk komponen listrik seperti hub dinamo sampai baterai masih diimpor olehnya.

Quest Motors

"Dengan tim yang kami punya, dalam satu hari kami bisa memproduksi 1 unit skuter listrik. Kami juga sudah memiliki after sales dan warranty (garansi), untuk komponen listrik ada garansi 1 tahun dan frame itu 3 tahun," jelasnya.

Secara segmentasi pasar yang dituju, Quest Atom Alpha masih menyasar konsumen yang memang membutuhkan kendaraan mobilitas jarak dekat. Misalnya, kata Niko, untuk kebutuhan di dalam perumahan sampai transportasi yang mudah dibawa ketika Anda ke tempat wisata.

"Memang targetnya masih di segmen yang kecil, kami menyarankan bukan untuk dipakai di jalan raya. Tapi dengan motor ini, pemiliknya akan dimudahkan soal mobilitas jarak dekat," katanya.

 

 

Harga

Rencananya, ke depan, Quest Motors akan memperbanyak line-up produknya dengan memproduksi motor bebas polusi yang legal digunakan di jalan raya. Tentu dari bentuk, konstruksi, dan spesifikasinya akan menyesuaikan dengan para kompetitor.

Tapi bila tertarik dengan skuter listrik Quest Atom Alpha, kendaraan ramah lingkungan ini dijual mulai Rp 12 jutaan. Anda juga bisa melihat unitnya di pameran GIIAS 2021 sampai 21 November mendatang. (Kit/Odi)

  • Quest Atom Alpha (Lite) - Rp12,9 juta
  • Quest Atom Alpha (Play) - Rp14,9 juta
  • Quest Atom Alpha (Pro) - Rp16,9 juta.

 

Baca Juga: OTO Media Group Ramaikan GIIAS 2021, Usung Tema Elektrifikasi

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang