GIIAS 2021: Resmi Dibuka Menko Perekonomian, Diharapkan Mendorong Kebangkitan Otomotif Indonesia

GIIAS 2021 dibuka

Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 dibuka. Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto yang meresmikan mengganti Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang berhalangan hadir. Prosesi opening turut dihadiri Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, pengurus Gaikindo, perwakilan agen pemegang merek (APM), tamu VIP, dan para undangan. Semua kegiatan dilakukan secara terbatas dan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Dalam sambutannya, Airlangga mengharapkan, pameran otomotif GIIAS 2021 bisa menjadi barometer serta mendorong kebangkitan industri otomotif setelah diterpa pandemi COVID-19 tahun lalu. "Tentu kita semua berharap pameran GIIAS 2021 ini bisa mendorong kebangkitan dari pada industri otomotif. Karena industri ini efeknya sangat tinggi," kata Airlangga saat membuka pameran di ICE, BSD, Tangerang Selatan, Kamis (11/11).

Situasi pandemi yang terus membaik, Airlangga mengharapkan dampak positif pada industri otomotif. Jika tahun lalu hanya mencatatkan angka penjualan nasional 530 ribu unit saja, maka pada 2021 diproyeksi bisa tembus 850 ribu unit.

"Sementara untuk ekspor diperkirakan sekitar 300 ribu unit dan kenaikan dari tahun kemarin yang sekitar 220 ribu unit. Pemerintah bukan cuma mengarahkan tapi juga chip in (menyumbang) berkontribusi kepada sektor ini," lanjut dia.

GIIAS opening

Kontribusi atau bantuan nyata pemerintah soal industri otomotif disalurkan lewat anggaran atau relaksasi PPnBM ditanggung pemerintah. Nominalnya terbilang fantastis hampir menyentuh Rp3 triliun. "Realisasinya sampai saat ini sudah Rp1,73 triliun dan ini dinikmati oleh 6 pabrikan. Kita perlu melihat juga bagaimana kita memperbaiki dari segi emisi termasuk di sektor otomotif," ungkapnya lagi.

Ia melanjutkan, GIIAS juga diharapkan bisa memberikan indikasi kemajuan industri otomotif di Indonesia dengan segala inovasi yang dihadirkan selama 10 hari ke depan. Selain membahas perkembangan industri otomotif Tanah Air, Airlangga juga menyinggung kesiapan kendaraan listrik di pasar domestik

"Kendaraan listrik di GIIAS kita harapkan bisa membuat ekosistem dan sistem suplai change daripada electric vehicle. Kita ketahui kita sudah punya nikel, kobalt, mangan, dan kita akan dorong untuk industri katoda, baterai sel, sampai industri otomotif," tambah dia.

 

Sejalan Pertumbuhan Ekonomi

Pameran GIIAS tahun ini mengusung tema 'Wheels The Move' sebuah pernyataan bahwa industri otomotif Indonesia akan selalu bergerak maju lewat penyelenggara ajang ini. Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi menyebut, GIIAS menjadi salah satu upaya memperbaiki pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

"GIIAS adalah pameran teknologi otomotif satu-satunya di Indonesia yang mendapatkan dukungan penuh dari asosiasi otomotif dunia dan akan menjadi ajang yang memberikan informasi perkembangan industri dalam negeri di mata dunia.  GIIAS akan menjadi simbol semangat industri otomotif Indonesia dalam mengatasi pandemi. Sebuah tonggak positif untuk pertumbuhan ekonomi bangsa Indonesia dan ini cerminan kami mendorong pertumbuhan ekonomi bangsa ini," ucap Nangoi. (Kit/Odi)

 

Baca Juga: OTO Media Group Ikut Riuhkan GIIAS 2021 Bertajuk: Love the Earth, Electrify Now

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang