Pilih kota Anda untuk memulai pencarian

icon

Atau pilih dari kota populer

    Gila, BMW R100RS Dicangkok Mesin Turbo Porsche 924

    MUENCHEN, 20 Januari 2016 – Siapa bilang motor tua tak bisa punya tenaga besar? Kawasaki boleh saja punya H2 dan H2R, menyedot perhatian dengan mesin supercgarged-nya. Nah, motor modifikasi yang satu ini, tak mau kalah. BMW R100RS keluaran tahun 1980 ini menggunakan turbo milik Porsche 924.

    Kingston Dirk Oehlerking selaku owner dari BMW R100RS ini bercerita, ide awalnya datang ketika ia membaca majalah lama keluaran tahun 1981 yang berisi test ride dari 'Stutz BMW Turbo,' dengan induksi dipaksa melalui Bing karburator. "Sejak saat itu, aku tahu aku harus memiliki sepeda seperti itu," kata Kingston Dirk Oehlerking.

    Dirk mengatakan proses pembuatannya memerlukan waktu berbulan-bulan. Walau hanya sekedar cangkokan namun karya Del Pardo Brother ini benar-benar berfungsi baik layaknya motor bergenre superbike garapan Jepang. Sebuah turbo milik Porche 924 ikut dicangkokan pada mesin berkapasitas 980 cc, dua silinder 4-stroke tipe boxer berpendingin udara, dengan dua pushrod dengan 5 percepatan.

    Melihat bentuknya motor ini terlihat sangat kental dengan aliran pop kulture yang menginginkan desain simple namun bertenaga. Banyak bagian asli motor ini yang sudah tidak digunakan demi “melangsingkan” bentuknya. Selain menggunakan turbo milik mobil sport Porche, motor ini juga menggunakan kaki-kaki yang klasik-modern seperti penggunaan upside-down dan dikombinasikan dengan springer, kemudian shock belakang yang tampil telanjan tanpa per (spring) untuk kesan semi rigid.

    Hal yang unik adalah penggunaan visor bubble berwarna gradasi kuning pada bagian headlamp tunggalnya. Selain terlihat menrik, cara ini dianggap lebih praktis dan bisa dijadikan “virus” baru buat builder di dunia modifikasi khususnya motor.

    Seperti apa tampilan motor BMW R100RS yang sudah mengalami penurunan berat badan hingga 64 kilo ini? Berikut hasilnya




    ANDHIKA KRESNA

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda