Girboks CVT Mitsubishi Xpander Tak Perlu Ganti Oli, Kenapa Bisa Begitu?

xpander CVT

Mitsubishi Xpander baru saja mendapatkan perubahan signifikan di sektor dapur pacunya. Lebih tepatnya komponen transmisi atau girboks otomatis. Peranti yang berguna untuk mendistribusikan tenaga dari mesin ke roda ini sekarang memakai jenis Continous Variable Transmission (CVT). Bukan cuma lebih unggul dalam kenyamanan berkendara, Mitsubishi mengklaim bahwa CVT di Xpander tak perlu melakukan pergantian oli.

KEY TAKEAWAYS

  • Klaim Mitsubishi

    CVT di Xpander tak perlu melakukan pergantian oli
  • CVT sekarang diciptakan dengan masa pakai lama

    Bahkan bisa bertahan hingga pemakaian 3 tahun atau 100 ribu km tanpa masalah
  • Tetap perlu pengecekan

    Termasuk dalam servis rutin untuk memantau kondisi transmisi CVT
  • Sebelum lebih jauh, ada baiknya kita mengenal lebih dulu model transmisi CVT yang dimaksud. Jenis transmisi otomatis CVT punya cara kerja yang berbeda dibanding Xpander sebelumnya, yakni otomatis konvensional (AT). CVT mengolah tenaga untuk dialirkan mesin ke roda via sabuk baja yang menyambungkan pulley-pulley unik.

    Kedua pulley ini (driven pulley dan drive pulley) bisa membesar dan mengecil sehingga mengubah rasio antar pulley secara berkelanjutan. Perubahan rasio inilah yang akhirnya memungkinkan tenaga dari mesin terdistribusi secara gradual seiring bertambahnya kecepatan. Karena perubahan rasio tak melalui gigi yang berganti, maka tak ada hentakkan saat rasio berubah seperti pada transmisi matik konvensional. Alhasil, ubahan percepatan pun terjadi sangat halus dan nyaman.

    Dijelaskan Mitsubishi dalam siaran pers, penyesuaian di pulley-pulley dimungkinkan oleh sistem pompa fluida. Tentunya di sini fluida yang dimaksud adalah oli atau pelumas khusus CVT. Ya, dalam transmisi CVT oli memang bukan bertugas sebagai pelumas atau pendingin semata seperti pada mesin, melainkan bagian dari sistem kerja komponen tersebut.

    Karena punya tugas yang penting, Mitsubishi meracik CVT-nya dengan oli bermasa pakai sangat panjang, bahkan tak perlu dilakukan pergantian. “Mobil Mitsubishi sudah seamless transmisinya dan maintenance-nya long-life. Jadi tidak ada perawatan khusus dan tidak ada ganti oli,” ujar Boediarto selaku General Manager After Sales PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

    Baca Juga: Tertarik Beli Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Secara Kredit, Berapa Cicilannya?

     

    Xpander Cross CVT

    Menurut Mitsubishi dalam keterangannya, hal ini dimungkinkan sebab transmisi CVT di kendaraan mereka diciptakan dengan masa pakai yang lama. Bahkan perangkat CVT tersebut bisa bertahan hingga pemakaian 3 tahun atau 100 ribu km tanpa masalah.

    Walau diklaim punya umur panjang, dan tidak ada perawatan secara khusus, tapi pengguna mobil bertransmisi CVT ini tetap harus melakukan pengecekan rutin di setiap kilometer yang sudah ditentukan sebagai servis rutin untuk memantau kondisi transmisi CVT.

    “Pengecekan rutin dilakukan setiap 20 ribu km di bengkel resmi Mitsubishi untuk melihat kondisi, baik dari segi kuantitas, kualitas dari transmisi CVT tersebut,” imbuh Boediarto lewat pesan singkat beberapa waktu lalu.

    Oli CVT sebagai bagian penting dari transmisi canggih ini juga salah satu yang dicek kuantitas dan kualitasnya. Saat servis rutin, jumlahnya akan diukur secara seksama. Tak cuma itu, tim mekanik di bengkel resmi juga bakalan memeriksa apakah ada rembesan yang keluar dari girboks ini.

    "Pemeriksaan kebocoran oli CVT dan pemeriksaan kuantitas oil CVT dengan metode khusus tergantung tipe kendaraan. Mekanik Mitsubishi sudah ditraining untuk melakukan pemeriksaan tersebut," tambah Boediarto.

    Nah, transmisi yang olinya tak perlu diganti menurut Mitsubishi apabila mobil digunakan dengan kondisi normal. Namun, jika penggunaan sangat sering atau tergolong berat misalnya dijadikan kendaraan operasional, disarankan Xpander wajib melakukan penggantian oli CVT setiap kelipatan 40 ribu km.

    Hadirnya transmisi CVT di Mitsubishi Xpander, membuktikan bahwa kini kemajuan teknologi sudah berhasil diterima masyarakat. Bahkan, duo kembar Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia kini mempercayakan tugas transmisi otomatis pada CVT juga. Bagaimana dengan mobil Anda, apakah sudah menggunakan transmisi CVT? (Van/Odi)

     

    Baca Juga: Rekomendasi Varian Mitsubishi Xpander Terbaru yang Paling Cocok untuk Anda

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    • Porsche Classic Art Week 2025 Dibuka, Padukan Karya Seniman Muda dan Mobil Klasik
      Porsche Classic Art Week 2025 Dibuka, Padukan Karya Seniman Muda dan Mobil Klasik
      Wahyu Hariantono . Hari ini
    • AION Driveperience Hadir di Bintaro, Bisa Test Drive dan Program Menarik
      AION Driveperience Hadir di Bintaro, Bisa Test Drive dan Program Menarik
      Alvando Noya . 10 Mei, 2025
    • Autochem Ajak Gen Z Paham Otomotif, Gelar Edukasi Sistem Rem dan ECU
      Autochem Ajak Gen Z Paham Otomotif, Gelar Edukasi Sistem Rem dan ECU
      Setyo Adi . 10 Mei, 2025
    • Rasakan Sensasi SUV Masa Depan Jaecoo di OTO Mall Exhibition Pondok Indah Mall
      Rasakan Sensasi SUV Masa Depan Jaecoo di OTO Mall Exhibition Pondok Indah Mall
      Tomi Tomi . 10 Mei, 2025
    • Waspada Bahaya Keracunan Karbon Monoksida di Mobil: Kenali Gejala, Pencegahan, dan Tips Aman
      Waspada Bahaya Keracunan Karbon Monoksida di Mobil: Kenali Gejala, Pencegahan, dan Tips Aman
      Setyo Adi . 09 Mei, 2025

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Advisory Stories
    • Road Test
    • AION Driveperience 2025 di Bintaro, Ada Test Drive dan Promo Menarik
      AION Driveperience 2025 di Bintaro, Ada Test Drive dan Promo Menarik
      Alvando Noya . 09 Mei, 2025
    • MG Motor Indonesia Catat Prestasi di PEVS 2025, Mobil Listrik Makin Mendominasi
      MG Motor Indonesia Catat Prestasi di PEVS 2025, Mobil Listrik Makin Mendominasi
      Alvando Noya . 09 Mei, 2025
    • BMW Indonesia Catat Rekor Q1 2025 dan Pertahankan Dominasi di Segmen Mobil Premium
      BMW Indonesia Catat Rekor Q1 2025 dan Pertahankan Dominasi di Segmen Mobil Premium
      Alvando Noya . 08 Mei, 2025
    • Honda Meluncurkan Civic RS e:HEV di Indonesia
      Honda Meluncurkan Civic RS e:HEV di Indonesia
      Anjar Leksana . 08 Mei, 2025
    • BMW MINI Eurokars PIK 2 Resmi Dibuka, Hadirkan Konsep Retail Next untuk Pengalaman Premium
      BMW MINI Eurokars PIK 2 Resmi Dibuka, Hadirkan Konsep Retail Next untuk Pengalaman Premium
      Alvando Noya . 08 Mei, 2025
    • Racikan Ini yang Bikin Tiggo 8 Chery Super Hybrid Bisa Irit Bensin dan Senyap
      Racikan Ini yang Bikin Tiggo 8 Chery Super Hybrid Bisa Irit Bensin dan Senyap
      Anjar Leksana . 09 Mei, 2025
    • Impresi Volvo XC90 Facelift: SUV Premium Plug-in Hybrid, Fitur Keselamatan Lengkap dan Kabin Super Mewah
      Impresi Volvo XC90 Facelift: SUV Premium Plug-in Hybrid, Fitur Keselamatan Lengkap dan Kabin Super Mewah
      Muhammad Hafid . 09 Mei, 2025
    • Harga dan Spesifikasi Lengkap New Honda Civic RS e:HEV
      Harga dan Spesifikasi Lengkap New Honda Civic RS e:HEV
      Anjar Leksana . 08 Mei, 2025
    • Suzuki Fronx Siap Meladeni Rival di Segmen Small SUV
      Suzuki Fronx Siap Meladeni Rival di Segmen Small SUV
      Setyo Adi Nugroho . 08 Mei, 2025
    • Menilik Tawaran Paket Fitur Keselamatan MG 4 EV
      Menilik Tawaran Paket Fitur Keselamatan MG 4 EV
      Alvando Noya . 07 Mei, 2025
    • Waspada Keracunan Karbon Monoksida di Dalam Mobil, Ini Cara Mencegahnya
      Waspada Keracunan Karbon Monoksida di Dalam Mobil, Ini Cara Mencegahnya
      Setyo Adi Nugroho . 06 Mei, 2025
    • Rahasia Perawatan Aki Agar Tetap Prima
      Rahasia Perawatan Aki Agar Tetap Prima
      Setyo Adi Nugroho . 29 Apr, 2025
    • Pentingnya Ganti Oli Kompresor AC Mobil Secara Rutin
      Pentingnya Ganti Oli Kompresor AC Mobil Secara Rutin
      Muhammad Hafid . 15 Apr, 2025
    • Waspada Bahu Jalan dan Pahami Aturannya
      Waspada Bahu Jalan dan Pahami Aturannya
      Setyo Adi Nugroho . 28 Mar, 2025
    • Lawan Kantuk saat Perjalanan Mudik, Pakai Cara Ini
      Lawan Kantuk saat Perjalanan Mudik, Pakai Cara Ini
      Setyo Adi Nugroho . 27 Mar, 2025
    • Road Test Hyundai Tucson 1.6T-GDi HEV: Seperti Nyetir EV!
      Road Test Hyundai Tucson 1.6T-GDi HEV: Seperti Nyetir EV!
      Anjar Leksana . 09 Apr, 2025
    • Road Test Mazda CX-80 PHEV: Performa Andal di Medan Pegunungan!
      Road Test Mazda CX-80 PHEV: Performa Andal di Medan Pegunungan!
      Muhammad Hafid . 22 Mar, 2025
    • Road Test Haval Jolion Ultra HEV: Enak Buat ke Luar Kota
      Road Test Haval Jolion Ultra HEV: Enak Buat ke Luar Kota
      Alvando Noya . 13 Mar, 2025
    • Test Drive BYD Sealion 7: Di Mana Letak Kelebihannya?
      Test Drive BYD Sealion 7: Di Mana Letak Kelebihannya?
      Eka Zulkarnain . 03 Mar, 2025
    • First Drive Chery Tiggo Cross: Mengancam Lawan dengan Paket Fitur dan Harga!
      First Drive Chery Tiggo Cross: Mengancam Lawan dengan Paket Fitur dan Harga!
      Setyo Adi Nugroho . 12 Feb, 2025