Girboks CVT Mitsubishi Xpander Tak Perlu Ganti Oli, Kenapa Bisa Begitu?

xpander CVT

Mitsubishi Xpander baru saja mendapatkan perubahan signifikan di sektor dapur pacunya. Lebih tepatnya komponen transmisi atau girboks otomatis. Peranti yang berguna untuk mendistribusikan tenaga dari mesin ke roda ini sekarang memakai jenis Continous Variable Transmission (CVT). Bukan cuma lebih unggul dalam kenyamanan berkendara, Mitsubishi mengklaim bahwa CVT di Xpander tak perlu melakukan pergantian oli.

KEY TAKEAWAYS

  • Klaim Mitsubishi

    CVT di Xpander tak perlu melakukan pergantian oli
  • CVT sekarang diciptakan dengan masa pakai lama

    Bahkan bisa bertahan hingga pemakaian 3 tahun atau 100 ribu km tanpa masalah
  • Tetap perlu pengecekan

    Termasuk dalam servis rutin untuk memantau kondisi transmisi CVT
  • Sebelum lebih jauh, ada baiknya kita mengenal lebih dulu model transmisi CVT yang dimaksud. Jenis transmisi otomatis CVT punya cara kerja yang berbeda dibanding Xpander sebelumnya, yakni otomatis konvensional (AT). CVT mengolah tenaga untuk dialirkan mesin ke roda via sabuk baja yang menyambungkan pulley-pulley unik.

    Kedua pulley ini (driven pulley dan drive pulley) bisa membesar dan mengecil sehingga mengubah rasio antar pulley secara berkelanjutan. Perubahan rasio inilah yang akhirnya memungkinkan tenaga dari mesin terdistribusi secara gradual seiring bertambahnya kecepatan. Karena perubahan rasio tak melalui gigi yang berganti, maka tak ada hentakkan saat rasio berubah seperti pada transmisi matik konvensional. Alhasil, ubahan percepatan pun terjadi sangat halus dan nyaman.

    Dijelaskan Mitsubishi dalam siaran pers, penyesuaian di pulley-pulley dimungkinkan oleh sistem pompa fluida. Tentunya di sini fluida yang dimaksud adalah oli atau pelumas khusus CVT. Ya, dalam transmisi CVT oli memang bukan bertugas sebagai pelumas atau pendingin semata seperti pada mesin, melainkan bagian dari sistem kerja komponen tersebut.

    Karena punya tugas yang penting, Mitsubishi meracik CVT-nya dengan oli bermasa pakai sangat panjang, bahkan tak perlu dilakukan pergantian. “Mobil Mitsubishi sudah seamless transmisinya dan maintenance-nya long-life. Jadi tidak ada perawatan khusus dan tidak ada ganti oli,” ujar Boediarto selaku General Manager After Sales PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

    Baca Juga: Tertarik Beli Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Secara Kredit, Berapa Cicilannya?

     

    Xpander Cross CVT

    Menurut Mitsubishi dalam keterangannya, hal ini dimungkinkan sebab transmisi CVT di kendaraan mereka diciptakan dengan masa pakai yang lama. Bahkan perangkat CVT tersebut bisa bertahan hingga pemakaian 3 tahun atau 100 ribu km tanpa masalah.

    Walau diklaim punya umur panjang, dan tidak ada perawatan secara khusus, tapi pengguna mobil bertransmisi CVT ini tetap harus melakukan pengecekan rutin di setiap kilometer yang sudah ditentukan sebagai servis rutin untuk memantau kondisi transmisi CVT.

    “Pengecekan rutin dilakukan setiap 20 ribu km di bengkel resmi Mitsubishi untuk melihat kondisi, baik dari segi kuantitas, kualitas dari transmisi CVT tersebut,” imbuh Boediarto lewat pesan singkat beberapa waktu lalu.

    Oli CVT sebagai bagian penting dari transmisi canggih ini juga salah satu yang dicek kuantitas dan kualitasnya. Saat servis rutin, jumlahnya akan diukur secara seksama. Tak cuma itu, tim mekanik di bengkel resmi juga bakalan memeriksa apakah ada rembesan yang keluar dari girboks ini.

    "Pemeriksaan kebocoran oli CVT dan pemeriksaan kuantitas oil CVT dengan metode khusus tergantung tipe kendaraan. Mekanik Mitsubishi sudah ditraining untuk melakukan pemeriksaan tersebut," tambah Boediarto.

    Nah, transmisi yang olinya tak perlu diganti menurut Mitsubishi apabila mobil digunakan dengan kondisi normal. Namun, jika penggunaan sangat sering atau tergolong berat misalnya dijadikan kendaraan operasional, disarankan Xpander wajib melakukan penggantian oli CVT setiap kelipatan 40 ribu km.

    Hadirnya transmisi CVT di Mitsubishi Xpander, membuktikan bahwa kini kemajuan teknologi sudah berhasil diterima masyarakat. Bahkan, duo kembar Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia kini mempercayakan tugas transmisi otomatis pada CVT juga. Bagaimana dengan mobil Anda, apakah sudah menggunakan transmisi CVT? (Van/Odi)

     

    Baca Juga: Rekomendasi Varian Mitsubishi Xpander Terbaru yang Paling Cocok untuk Anda

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    • Mazda Hadir di GIIAS Surbaya 2025, Andalkan CX-3 Kuro dan CX-60 Sport
      Mazda Hadir di GIIAS Surbaya 2025, Andalkan CX-3 Kuro dan CX-60 Sport
      Muhammad Hafid . Hari ini
    • Indonesia Energy & Engineering (IEE) Series 2025 Dibuka September, Pameran B2B Terbesar di ASEAN
      Indonesia Energy & Engineering (IEE) Series 2025 Dibuka September, Pameran B2B Terbesar di ASEAN
      Muhammad Hafid . Hari ini
    • GIIAS Surabaya 2025 Resmi Dibuka Hari Ini, Tandai 1 Dekade Penyelenggaraan
      GIIAS Surabaya 2025 Resmi Dibuka Hari Ini, Tandai 1 Dekade Penyelenggaraan
      Tomi Tomi . Hari ini
    • 700 KM Tes Efisiensi Line Up Andalan Honda e:HEV; Step WGN, CR-V dan HR-V
      700 KM Tes Efisiensi Line Up Andalan Honda e:HEV; Step WGN, CR-V dan HR-V
      Bangkit Jaya . Hari ini
    • Toyota Eco Youth Ke-13 Diikuti 338 sekolah dengan 1.125 Proposal
      Toyota Eco Youth Ke-13 Diikuti 338 sekolah dengan 1.125 Proposal
      Eka Zulkarnain H . Hari ini

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Advisory Stories
    • Road Test
    • Pameran Industri Terbesar Asia Tenggara IEE Series 2025 Siap Digelar
      Pameran Industri Terbesar Asia Tenggara IEE Series 2025 Siap Digelar
      Muhammad Hafid . Hari ini
    • Suzuki Perkenalkan Fronx dan New Carry di GIIAS Surabaya 2025
      Suzuki Perkenalkan Fronx dan New Carry di GIIAS Surabaya 2025
      Muhammad Hafid . Hari ini
    • Mazda Tampil di GIIAS Surabaya 2025, CX-3 Kuro dan CX-60 Sport Jadi Andalan
      Mazda Tampil di GIIAS Surabaya 2025, CX-3 Kuro dan CX-60 Sport Jadi Andalan
      Muhammad Hafid . Hari ini
    • GIIAS Surabaya 2025: Suzuki Luncurkan New Carry dengan Warna Baru Prime Graphite Grey
      GIIAS Surabaya 2025: Suzuki Luncurkan New Carry dengan Warna Baru Prime Graphite Grey
      Ardiantomi . Hari ini
    • GIIAS Surabaya 2025 Resmi Dibuka, Tujuh Merek Baru Meriahkan Satu Dekade Pameran Otomotif di Kota Pahlawan
      GIIAS Surabaya 2025 Resmi Dibuka, Tujuh Merek Baru Meriahkan Satu Dekade Pameran Otomotif di Kota Pahlawan
      Ardiantomi . Hari ini
    • Manfaatkan Masa Insentif EV, Ini Daftar Harga Mobil Listrik Terbaru
      Manfaatkan Masa Insentif EV, Ini Daftar Harga Mobil Listrik Terbaru
      Setyo Adi Nugroho . Hari ini
    • Road Trip Irit Jakarta-Surabaya Bersama Trio Hybrid Honda, Segini Konsumsi BBM-nya
      Road Trip Irit Jakarta-Surabaya Bersama Trio Hybrid Honda, Segini Konsumsi BBM-nya
      Bangkit Jaya Putra . Hari ini
    • Harga Masih Kompetitif, Ini Tawaran Model LCGC Terkini di Bulan Kemerdekaan
      Harga Masih Kompetitif, Ini Tawaran Model LCGC Terkini di Bulan Kemerdekaan
      Setyo Adi Nugroho . 20 Agu, 2025
    • Ada Hyundai Stargazer Cartenz, Ini Tawaran Low MPV Terbaru di Bulan Kemerdekaan
      Ada Hyundai Stargazer Cartenz, Ini Tawaran Low MPV Terbaru di Bulan Kemerdekaan
      Setyo Adi Nugroho . 18 Agu, 2025
    • Anggaran Mobil Dinas Pejabat Naik Jadi Rp931 Juta, Bisa Beli Mobil Apa Saja?
      Anggaran Mobil Dinas Pejabat Naik Jadi Rp931 Juta, Bisa Beli Mobil Apa Saja?
      Zenuar Yoga . 15 Agu, 2025
    • Peran Vital Suspensi Mobil yang Sering Terlupakan, Kenali Bila Bermasalah
      Peran Vital Suspensi Mobil yang Sering Terlupakan, Kenali Bila Bermasalah
      Setyo Adi Nugroho . 21 Agu, 2025
    • EV Murah Makin Banyak Tapi Jangan Asal Beli, Pertimbangkan Ini Dulu
      EV Murah Makin Banyak Tapi Jangan Asal Beli, Pertimbangkan Ini Dulu
      Setyo Adi Nugroho . 12 Agu, 2025
    • Cuaca Kembali Ekstrem, Waspada Beberapa Masalah untuk Kendaraan
      Cuaca Kembali Ekstrem, Waspada Beberapa Masalah untuk Kendaraan
      Setyo Adi Nugroho . 08 Jul, 2025
    • 6 Kesalahan Parkir Kendaraan yang Bisa Berujung Banyak Kerugian
      6 Kesalahan Parkir Kendaraan yang Bisa Berujung Banyak Kerugian
      Anjar Leksana . 04 Jul, 2025
    • Garasi Oase Ungkap Cara Mudah Deteksi Kondisi Kaki-Kaki Mobil dan Perawatannya
      Garasi Oase Ungkap Cara Mudah Deteksi Kondisi Kaki-Kaki Mobil dan Perawatannya
      Zenuar Yoga . 30 Jun, 2025
    • Test Drive BYD Atto 1: Ringkas, Agile dan Bisa Dipakai Karaoke
      Test Drive BYD Atto 1: Ringkas, Agile dan Bisa Dipakai Karaoke
      Anjar Leksana . Hari ini
    • First Drive Suzuki Fronx GL AT: Rasa Berkendara Mirip Baleno, tapi Suspensi Dibikin Kaku 
      First Drive Suzuki Fronx GL AT: Rasa Berkendara Mirip Baleno, tapi Suspensi Dibikin Kaku 
      Anjar Leksana . 11 Agu, 2025
    • First Drive Mitsubishi Destinator: Pengendalian hingga Efisiensi, Paket Lengkap untuk SUV Keluarga
      First Drive Mitsubishi Destinator: Pengendalian hingga Efisiensi, Paket Lengkap untuk SUV Keluarga
      Setyo Adi Nugroho . 21 Jul, 2025
    • Test Drive Jaecoo J7 AWD: Tangguh di Off-road Ringan, Nyaman di Jalan Raya
      Test Drive Jaecoo J7 AWD: Tangguh di Off-road Ringan, Nyaman di Jalan Raya
      Muhammad Hafid . 04 Jul, 2025
    • Test Drive Jaecoo J7 SHS: Efisiensi Plug-in Hybrid dan Kenyamanan Modern di Jalan Tol
      Test Drive Jaecoo J7 SHS: Efisiensi Plug-in Hybrid dan Kenyamanan Modern di Jalan Tol
      Muhammad Hafid . 02 Jul, 2025