Honda Bikin Motor Adventure 4 Silinder, Begini Sketsanya

JAKARTA, Motovaganza.com -- Honda kian dekat melansir model baru. Pabrikan kedapatan mendaftarkan sketsa motor baru, ke Kantor Kekayaan Intelektual Eropa demi mendapat paten. Tepat beberapa hari setelah struktur yang diduga Monkey versi matic terkuak. Kali ini bukan roda dua biasa, tergambar sosok penjelajah bermesin empat silinder. Sesuatu yang tak pernah dibuat sebelumnya. Rencana Honda memperkenalkan motor andventure 4 silinder pernah tersiar beberapa tahun belakangan dan dianggap rumor semata. Namun kini, tampak selangkah menuju kenyataan. Sayang informasi masih minim. Belum ada kabar soal kubikasi dapur pacu inline four yang dipakai. Bahkan belum diketahui, apakah mereka membuat basis baru, atau mencomot dari spesies yang telah eksis? Satu-satunya petunjuk, menerka dari siluet itu. Yang paling masuk akal adalah meminjam jantung CB 1000 R. Naked bike paling bongsor dari jajaran Honda. Padanan blok mesin sekilas mirip. Berikut komposisi exhaust sama, 4-1-2. Empat manifold berujung jadi dua muffler. Lagipula racikan performa masih relevan untuk adventure, tak terlampau sporty. Soal mesin, basis 998 cc DOHC PGM-FI milik CB memiliki ukuran diameter dan langkah silinder 75 x 56,5 mm. Meski overbore, daya 143 Hp masih dicapai pada putaran 10.500 rpm. Tak begitu tinggi. Torsi maksimal 104 Nm juga muncul mulai 8.250 rpm. Ditambah rasio kompresi tak terlampau padat, 11,6:1. Angka wajar jika disematkan pada motor tualang. Diperkuat juga atas alasan kompetitor. Nampaknya Honda hendak mengganggu eksistensi Kawasaki Versys 1000, serta BMW S1000XR. Pada segmen adventure, hanya mereka berdua yang menggunakan konfigurasi empat silinder 1.000 cc. Keberadaan Honda nanti boleh jadi menjadi daya pikat baru. Baca Juga: Honda CB150 Verza Naked Bike Paling Masuk Akal

Kemungkinan Lain

Tak menutup kemungkinan pula, Honda mencoba bermain sendiri. Platform CB650R, yang merupakan adik langsung dari naked bike 1.000 cc tadi, masuk akal dicolok pada struktur baru. Dan basisnya memang kurang lebih sama, berbeda kapasitas saja. Dari mesin 650 cc DOHC, tenaga 89 Hp/11.000 rpm serta torsi 60,7 Nm/8.000 rpm dapat diekstraksi. Asumsinya pun senada, rasio kompresi serta teriakan dapur pacu tak terlalu tinggi. Soal identitas, juga belum ada petunjuk. Tapi rasanya tak begitu salah, mencurigai figur anyar sebagai saudara dekat CB500X, petualang 500 cc yang mereka punya sekarang. Untuk memperkaya opsi, serta menantang adrenalin konsumen yang tak puas dengan dua silinder berukuran sedang. Terlepas dari prediksi amunisi dan teka-teki identitas, satu hal agaknya dapat diterka lebih jelas. Ia tak dibuat untuk pandai di medan offroad. Berbeda dari Africa Twin, siap menerkam bermacam rintangan berat. Kemampuan motor mungkin sebatas bisa mencicip sedikit tanah, tapi habitat aslinya di aspal. Baca juga: Honda Monkey Versi Matic Bakal Hadir? Ada Paten yang Mirip

Tak Murni Off-Road

Bukan tanpa alasan. Konfigurasi empat silinder segaris memang tak populer dipaksa offroad. Dimensinya terlalu lebar. Produsen motor bakal berusaha membuat ringkas, mengingat rintangan yang dilewati menuntut manuver lincah. Makanya, jenis ini jamak diprakarsai platform mesin V-Twin, parallel twin, atau dua silinder segaris. Berapapun displacement-nya. Karakter empat piston pun melengking di putaran agak tinggi. Kurang sesuai jika sewaktu-waktu motor membutuhkan torsi instan, semisal terjebak di arena lumpur atau tersangkut di bebatuan. Lantas dari guratnya, tampilan Honda baru lebih menyiratkan aura sporty serba lancip. Plus roda dengan pelek palang, yang daya serap energinya tak sebaik model jari-jari jika terbentur. Arah proyek ini lebih mengacu pada sosok dual purpose antarkota. Bukan lintas alam. Namun kembali lagi, ini baru praduga. Apapun terjemahannya nanti, motor ini patut ditunggu kehadirannya. Sumber: Ride Apart Baca Juga: Terekspos, Sketsa Motor Adventure Honda Bermesin Empat Silinder HELMI ALFRIANDI | RAJU FEBRIAN

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Honda Forza 2025 Tampil dengan Panel Meter TFT Baru dan Warna Eksklusif
    Honda Forza 2025 Tampil dengan Panel Meter TFT Baru dan Warna Eksklusif
    Zenuar Yoga . 18 Jul, 2025
  • Tiga Vespa Terbaru Kini Sudah Tersedia di Diler Motoplex Seluruh Indonesia
    Tiga Vespa Terbaru Kini Sudah Tersedia di Diler Motoplex Seluruh Indonesia
    Zenuar Yoga . 18 Jul, 2025
  • Wahana Bukukan Penjualan Fantastis di JFK 2025
    Wahana Bukukan Penjualan Fantastis di JFK 2025
    Zenuar Yoga . 18 Jul, 2025
  • Royal Enfield Classic 650 Meluncur, Tawarkan Gaya Retro dan Mesin 650cc Twin
    Royal Enfield Classic 650 Meluncur, Tawarkan Gaya Retro dan Mesin 650cc Twin
    Zenuar Yoga . 18 Jul, 2025
  • Honda Modif Contest 2025: Ribuan Modifikator dari 10 Kota Besar Siap Beraksi dengan Karya Terbaik
    Honda Modif Contest 2025: Ribuan Modifikator dari 10 Kota Besar Siap Beraksi dengan Karya Terbaik
    Zenuar Yoga . 16 Jul, 2025
  • Kenali Seluruh Varian Oli Yamalube, Mana yang Cocok Buat Motor Anda?
    Kenali Seluruh Varian Oli Yamalube, Mana yang Cocok Buat Motor Anda?
    Zenuar Yoga . 16 Jul, 2025
  • Ini Kelengkapan Gear Ultima yang Bikin Perjalanan Touring Jakarta-Yogyakarta Jadi Menyenangkan
    Ini Kelengkapan Gear Ultima yang Bikin Perjalanan Touring Jakarta-Yogyakarta Jadi Menyenangkan
    Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
  • Yamaha Mio: Sang Legenda yang Tak Pernah Padam dan Kembali Berjaya di Tengah Gempuran Skutik modern
    Yamaha Mio: Sang Legenda yang Tak Pernah Padam dan Kembali Berjaya di Tengah Gempuran Skutik modern
    Zenuar Yoga . 02 Jul, 2025
  • 6 Kelebihan Maka Cavalry: Motor Listrik Enak Buat Harian dan Touring Tipis
    6 Kelebihan Maka Cavalry: Motor Listrik Enak Buat Harian dan Touring Tipis
    Ardiantomi . 01 Jul, 2025
  • Adu Gengsi Skutik Canggih! Yamaha Nmax Turbo vs Honda PCX160 Roadsync, Mana Layak Dipilih?
    Adu Gengsi Skutik Canggih! Yamaha Nmax Turbo vs Honda PCX160 Roadsync, Mana Layak Dipilih?
    Zenuar Yoga . 10 Jun, 2025
  • Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Zenuar Yoga . 18 Mar, 2025
  • Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Bangkit Jaya Putra . 04 Mar, 2025
  • First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025
  • First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    Bangkit Jaya Putra . 16 Jan, 2025
  • First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    Zenuar Yoga . 02 Jan, 2025